Pengertian Jaringan Komputer

2 min read

Jaringan komputer – dapat dibedakan beberapa jenis-jenis dan penjelasan nya. Maka ikutilah artikel sebagai berikut.

Apa yang dimaksud dengan Jaringan Komputer?

Pengertian Jaringan Komputer

Baca Juga : Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer – merupakan sistem yang terdiri atas dua atau lebih komputer yang saling terhubung dengan media transmisi atau media komunikasi hingga mereka dapat berbagi data dan sebuah aplikasi.

Jaringan Komputer ialah sebuah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer satu sebagai komunikasi dengan sebuah komputer lain melalui pertukaran data. Setiap bagian dari sebuah jaringan komputer dapat meminta dan menyediakan layanan. Mereka yang meminta atau menerima layanan disebut dengan klien, dan mereka dapat menyediakan atau mengirim sebuah layanan yang disebut dengan server.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer sebagi digunakan untuk server klien. Menurut fungsinya, jenis jaringan komputer dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  • Server Clien
Clien

Komputer yang ada pada sebuah jaringan komputer yang bertindak sebagai server penyediaan layanan. Contohnya, situs mempunyai server di hosting. Hosting dikelola dengan komputer yang bertindak sebagai server. Berapa banyak komputer yang akan tersedia tergantung dengan kebutuhan, kapasitas yang dapat disesuaikan.

  • Peer-To-Peer
peer-to-peer

Setiap host dapat secara bersamaan untuk dapat bertindak sebagai klien dan server. Misalnya dari jenis sebuah jaringan ialah tiga komputer yang akan saling berhubungan dan dapat diakses kesemua komputer. Komputer A mengakses sebuah komputer B dan C, komputer B mengakses sebuah komputer A dan C, dan komputer C mengakses sebuah komputer A dan B.

Baca Juga : Administrasi Text

Baca Juga :  OS Jaringan GUI

Jenis Pengertian Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi

  • Jaringan Nirkabel
    Jaringan nirkabel tidak dapat menggunakan media kabel untuk perangkat koneksi, tetapi hanya menggunakan sebuah gelombang elektromagnetik pada setiap transmisi sinyal informasi.
  • Jaringan Kabel
    Jaringan kabel dapat menggunakan sebuah media kabel sebagai menghubungkan ke setiap komputer pada sebuah jaringan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jenis Pengertian Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauannya

  • LAN (Local Area Network)
LAN

Sering menjumpai Local Area Network dengan universitas, kantor,dan kafe internet. Jaringan tersebut akan dapat menghubungkan lebih dari 2 komputer dalam waktu yang secara singkat (terbatas) dengan beberapa kilometer. Jaringan ini, biasanya terdiri atas printer, komputer, dan perangkat lain.

  • MAN (Metropolitan Area Network)
MAN

Jenis jaringan tersebut dapat menyediakan sebuah layanan sebagai jangkauan yang luas dan kemampuan sebagai mentransfer data tinggi. Area yang akan dicakup dengan memanjang sehingga 50 km. MAN merupakan serangkaian LAN yang lebih besar dalam sebuah ukuran dan jarak.

  • WAN (Wide Area Network)
WAN

Jaringan ini dapat menawarkan sebuah layanan yang lebih luas dari pada MAN, dan dapat menghubungkan ke suatu wilayah atau bahkan ke negara lain. WAN merupakan sekumpulan dari beberapa LAN yang ada pada beberapa lokasi. Jadi, akan membutuhkan perangkat sebagai menghubungkannya, dan perangkat yang dapat disebut dengan router.

Komponen-Komponen Dasar Clien-Server

  • Client
    Terminal tempat sebagai pengguna meminta layanan tertentu. Contohnya, PC dan ponsel
  • Middleware
    Komponen perantara yang dapat menghubungkan klien dan server. Contohnya, Panggilan Prosedur Jarak Jauh dan ORB
  • server
    Pihak yang dapat menyediakan layanan dapat menjadi sebuah basis data.

Baca Juga : Protokol Jaringan

Jenis Jaringan Clien-Server

  • Server Basis Data
    Sistem jaringan tersebut ialah merupakan layanan yang dapat disediakan oleh server dalam bentuk pemrosesan dan menampilkan sebuah data berdasarkan perintah terstruktur dari cilen.
  • Groupware Server (Server Groupware)
    Layanan yang akan disediakan pada server yakni dapat berbagi sebagai sebuah informasi semi berstruktur antara penggunaan sebuah jaringan.
  • Transaction Server (Server Transaksi)
    Sistem jaringan tersebut ada layanan yang dapat disediakan pada server yakni hasil dari proses serangkaian perintah berstruktur yang akan diberikan kepada klien.
  • File Server
    Sistem jaringan tersebut terdapat sebuah layanan yang dapat disediakan oleh server yakni file. Baik sebuah aplikasi maupun sebuah file yang cdapat dihasilkan pada aplikasi.
  • Objek Server
    Layanan yang dapat disediakan pada server yakni objek. Objek merupakan entitas yang dapat berisi sekumpulan data dan fungsi sebagai memanipulasi data.
Baca Juga :  Pengertian VGA Card

Ternyata banyak sekali jenis-jenis pada sebuah jaringan. Demikian artikel yang dapat kami buat. Semoga bermanfaat bagi kita semua.