Sistem Komputer

2 min read

Sistem Komputer – dan beberapa komponen nya. Di dalam artikel ini akan membahas dan memberi penjelasan tentang Sistem Komputer. Yuk… Ikuti artikel dibawah sebagai berikut.

Komputer

Komputer

Komputer – merupakan sebuah perangkat elektronik yang dapat memanipulasi sebuah informasi atau data. Komputer dapat mengambil, menyimpan, dan memproses data. Dapat menggunakan komputer sebagai bermain game, memasukkan dokumen, menjelajahi Web, dan mengirim sebuah e-mail.

Baca Juga : OS Jaringan GUI

Pengertian Sistem Komputer

Sistem Komputer

Sistem Komputer – merupakan sebuah perangkat komputasi yang berinteraksi dan berinteraksi sebagai melakukan proses pemrosesan data untuk menghasilkan sebuah informasi yang dapat dibutuhkan pengguna.

Perangkat-perangkat yang terdapat dalam sistem komputer terdiri dari brainware, perangkat keras, dan perangkat lunak. Masing-masing perangkat ini mempunyai fungsi masing-masing dalam sebuah sistem komputer.

Komponen-Komponen Sistem Komputer

1. Perangkat Keras

Perangkat keras merupakan sebuah komponen dari sistem yang dapat mempunyai bentuk fisik dan dapat disentuh. Perangkat keras pada sistem komputer terdiri dari beberapa komponen, ialah:

  • CPU (Central Processing Unit)
  • CPU atau unit pemrosesan pusat yakni otak dari sistem. Unit ini bertanggung jawab untuk semua aktivitas di komputer.

CPU bertindak sebagai pusat data dan mengontrol semua perangkat internal dan eksternal yang terhubung ke komputer.

2. Unit Input

Data atau instruksi terlebih dahulu harus dimasukkan sebelum diproses menjadi informasi yang diinginkan. Oleh karena itu, dapat memerlukan unit input yang bertindak sebagai gateway sebagai data dari dunia luar ke dalam sistem.

Baca Juga :  Sistem Operasi Google Android

Input data dikonversi ke kode hingga dapat dibaca dari memori utama. Bentuk data pada setiap perangkat input berbeda. Meliputi pada perangkat keyboard, bentuk data yang dihasilkan ialah huruf atau angka yang berbeda dari perangkat input mouse.

3. Output Perangkat

Unit output mempunyai fungsi yang berlawanan sebagai unit input. Ketika unit input data merupakan input ke sistem dari luar, unit output dibalik.

Unit output menghasilkan informasi atau data yang merupakan hasil pemrosesan pada sistem. Data yang dihasilkan mungkin dalam bentuk informasi, gambar, suara atau video.

Baca Juga : Jaringan MAN

4. Unit Penyimpanan

Data atau instruksi yang dimasukkan ke dalam sistem melalui unit input terlebih dahulu disimpan dalam unit memori sebelum benar-benar diproses. Dalam hasil data yang akan diolah, data terlebih dahulu disimpan dalam unit memori sebelum dikirim ke unit output.

5. Aplikasi Piranti Lunak

Perangkat lunak aplikasi merupakan kategori sebagai perangkat lunak yang dapat memungkinkan pengguna sebagai melakukan tugas tertentu.

Contoh perangkat lunak dalam kategori perangkat lunak aplikasi meliputi browser perangkat lunak perkantoran, web, game, dan lainnya.

6. Brainware

Brainware diartikan sebagai orang atau perangkat intelektual yang menggunakan layanan perangkat komputasi.

7. Perangkat Lunak

Perangkat lunak ialah sebuah komponen sistem yang tidak mempunyai bentuk atau bentuk fisik. Perangkat lunak mempunyai bentuk digital yang dapat disimpan dalam memori komputer.

Ada beberapa jenis kategori perangkat lunak, yaitu:

  • Perangkat Lunak Sistem
    Ialah kategori perangkat lunak yang dapat mengontrol sebuah komponen perangkat keras pada komputer dan memungkinkan interaksi antara perangkat keras dan jenis perangkat lunak lainnya. Contoh perangkat lunak sebuah sistem operasi komputer.
  • Utilitas
    Ialah kategori sebagai perangkat lunak yang dapat memelihara dan melindungi sistem tetapi tidak secara langsung menangani perangkat keras. Contoh perangkat lunak dalam kategori perangkat lunak utilitas adalah perangkat lunak defragmenter, antivirus, firewall, dan lainnya.
Baca Juga :  Pengertian Prossesor

Baca Juga : Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Fungsi Sistem Komputer

Berikut adalah beberapa fitur sistem yang dapat dipahami, termasuk yang berikut:

  • Memproses Data
    Merupakan salah satu fungsi sebuah sistem yang melakukan proses yang tugasnya mentransfer data mentah menjadi informasi yang dapat dibaca oleh memori. Proses data biasanya dilakukan pada unit pemrosesan pusat (CPU) yang juga bertindak sebagai otak komputer.
  • Masukkan Data
    Merupakan salah satu fungsi dari sistem yang memasukkan data yang ada ke dalam komputer. Tugas sistem komputer ialah sebagai memasukkan semua jenis data yang dimasukkan oleh pengguna melalui perangkat perangkat keras seperti keyboard, mouse, dan mikrofon.
  • Simpan Data
    Merupakan salah satu fungsi dari sebuah sistem yang tugasnya ialah sebagai menyimpan data output yang merupakan hasil dari proses yang diproses dalam memori komputer.

    Data yang dimasukkan dan diproses menjadi data keluaran yang dapat kita simpan di memori komputer dan yang nantinya dapat digunakan pada waktu tertentu.

Baca Juga : Pemograman Dasar

Demikian artikel yang dapat kami buat untuk Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mencari solusi tentang Sistem Komputer.

Kabel Jaringan

Ika Evitasari
1 min read

Keamanan Jaringan

Ika Evitasari
2 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]