Manfaat Jaringan Komputer

2 min read

Manfaat Jaringan Komputer – ialah sebuah jaringan komputer yang mempunyai manfaat. Apa sajakah manfaat dari sebuah jaringan komputer? Berikut merupakan beberapa manfaat dari sistem jaringan komputer.

Daftar Isi :

Apa yang dimaksud dengan Jaringan Komputer?

Jaringan Komputer – adalah sebuah jaringan telekomunikasi yang dapat memungkinkan komputer sebagai berkomunikasi satu sama lain yang melalui pertukaran data. Tujuan dari sebuah jaringan komputer yakni sebagai mencapai tujuannya.

Internet dapat membuat lebih cepat sebagai menerima penyebaran informasi dari komunitas yang berbeda-beda, bahkan jika mereka tinggal jauh dari kita di berbagai benua. Masih dapat menerima sebuah informasi terbaru hanya melalui Internet.

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer

Baca Juga : Jaringan Nirkabel

Berikut ialah beberapa manfaat dari sebuah jaringan komputer sebagai bisnis, organisasi, dan perwakilan ialah:

  • Integrasi Data
    Sistem jaringan komputer, menyediakan data yang membantu banyak orang. Semua komputer yang sudah terhubung ke jaringan komputer dan server komputer mempunyai kemampuan data bawaan. Dapat membantu menghemat biaya dan meningkatkan akses. Pengintegrasian data membuat semua data yang ada dan tersimpan tetap mutakhir.
  • Perlindungan Data Rahasia
    Jaringan komputer, menyediakan perlindungan dan keamanan data penting dari suatu organisasi atau perusahaan. Melalui jaringan, khususnya jaringan area lokal (LAN), komputer yang dapat terhubung ke jaringan diakses dan data diakses.
  • Mempermudah Berbagi File
    Keuntungan pertama dari jaringan komputer ialah sebagai bisnis, organisasi, dan bahkan organisasi dapat membuat berbagi file lebih mudah. Bisnis atau organisasi harus mempunyai beragam dokumen atau file yang harus dapat ditampilkan di antara departemen atau bagian. Dengan jaringan komputer, aman sebagai berbagi file dan dokumen akan lebih mudah dan prosesnya menjadi lebih singkat.
  • Memfasilitasi Komunikasi antar Departemen
    Komunikasi merupakan salah satu elemen penting yang dapat digunakan sebagai stabilitas dan keharmonisan perusahaan, organisasi dan institusi hingga tetap utuh dan tidak ada kesalah pahaman. Penggunaan sistem sebuah jaringan komputer membuat komunikasi antar departemen dan antara orang-orang dalam ruang komunikasi organisasi atau lembaga akan lebih mudah.
  • Mempercepat Aliran Informasi
    Jaringan komputer, sangat berguna untuk perusahaan atau institusi yang ingin berevolusi atau dengan cara cepat mencapai puncak keemasannya. Karena menggunakan komputer dapat mempercepat arus informasi di perusahaan atau institusi dan organisasi.
  • Sederhanakan Akses Data Ke Server
    Server ialah elemen penting dalam sebuah jaringan komputer. Maka, semua data perusahaan yang penting akan menjadi lebih mudah diakses. Server dapat menyediakan data utama dari suatu organisasi hingga perlu mengakses yang membutuhkan data penting dan lebih mudah diakses.
  • Penghematan Biaya
    Semua keuntungan yang akan ditawarkan oleh sistem sebuah jaringan komputer menawarkan keuntungan yang sangat baik sebagai kelangsungan hidup perusahaan, ialah penghematan dalam biaya operasi. Biaya yang dapat terkait dengan pengaturan jaringan komputer dalam organisasi, institusi dan bisnis tinggi dan sangat mahal, tetapi sebanding dengan apa manfaat yang diberikan.
Baca Juga :  Pengertian VGA Card

Baca Juga : Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Kerugian Jaringan Komputer

  • Manajemen Perangkat Keras (Hardware) dan Administrasi Sistem
    Dalam organisasi bisnis yang sudah mempunyai sistem, manajemen dianggap untuk yang terkecil dapat dibandingkan dengan beban kerja dan biaya yang akan dikeluarkan dalam tahap implementasi.

    Namun, menjadi fase paling terpenting, karena dapat kesalahan pada titik nantinya akan mengarah pada tinjauan dan bahkan membangun kembali ke sebuah jaringan.
  • Biaya Tinggi
    Pengembangan sebuah jaringan mencakup akan beberapa aspek pembelian perangkat lunak, perangkat keras, biaya konsultasi perencanaan jaringan, dan biaya menggunakan layanan desain sebuah jaringan. Investasi tinggi tentunya sebagai perusahaan besar dengan persyaratan sebuah jaringan tinggi. Guna pengguna rumahan, biaya ini termasuk relatif rendah dan dapat dikurangi. Namun, jaringan harus dapat dirancang sejak awal agar tidak dapat menimbulkan biaya yang akan semakin meningkat karena misi sebagai memenuhi tuntutansebuah jaringan komputer.
  • Aplikasi Virus dan Metode Peretasan.
    Selalu menjadi ancaman yang paling menakutkan bagi semua pengguna, karena akan menyebabkan sebuah jaringan gagal dan secara otomatis berhenti bekerja pada waktu yang salah. Masalah ini mempunyai sebuah karakter klasik karena sistem yang direncanakan akan tidak baik.
  • Berbagi File Yang Memang Tidak Diinginkan dan Tidak Perlu.
    Berbagi data pada sebuah jaringan yang akan digunakan orang sering merupakan cara sebagai membagikan sebuah informasi dan dapat dibaca oleh orang lain yang tidak mempunyai hak atas data. Terjadi setiap kali administrator sebuah jaringan tidak dapat mengatur dengan benar.

Demikian artikel tentang Manfaat Jaringan Komputer. Manfaatnya ialah dapat mempermudah untuk menyimpan data-data dan dapat menghemat biaya.