Perangkat Jaringan Komputer

2 min read

Perangkat Jaringan Komputer merupakan perangkat yang digunakan untuk mencapai tujuan dari fungsi jaringan komputer, seperti berbagi sumber daya, berkomunikasi dan lain sebagainya.

Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Perangkat Jaringan Komputer

Baca Juga : Protokol Jaringan

Terdapat perangkat jaringan komputer yang berperan dalam terciptanya suatu jaringan. Macam-macam perangkat jaringan komputer sebagai berikut :

1. Server

Server

Merupakan – perangkat atau komputer khusus yang menyediakan berbagai layanan kepada klien yang terhubung. Server dapat dilengkapi dengan spesifikasi perangkat keras yang relatif tinggi, terutama yang berkaitan dengan prosesor (biasanya Intel Xeon) dan memori utama (rata-rata 16 GB lebih banyak).

Karena, harus melakukan aktivitas multitasking yang berat, tidak perlu heran jika pembangunan server komputer menyebabkan biaya yang tinggi. Tidak hanya itu, sistem operasi yang dapat digunakan sangat istimewa, yaitu Windows Server atau Debian Linux.

2. Router

Router

Merupakan – perangkat jaringan yang dapat menghubungkan dua atau lebih dari sebuah jaringan sehingga data dapat dikirim dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Jika menggunakan router, dapat menghubungkan dua jaringan yang berbeda, misalnya, 192.168.2.0/24 dapat terhubung ke jaringan 200.200.200.0/24.

Router menyerupai jembatan yang dapat meneruskan paket data, dapat membagi jaringan ke beberapa segmen, atau mengelompokkan segmen jaringan menjadi satu.

3. NAS (Network Attached Storage)

NAS

Merupakan – perangkat penyimpanan yang telah terhubung ke jaringan utama. Jika komputer klien membutuhkan penyimpanan tambahan, peran NAS adalah yang diperlukan.

Baca Juga :  Kabel Jaringan

4. Wireless Card

Wireless Card

Merupakan – perangkat jaringan yang memungkinkan untuk dapat menghubungkan dua perangkat secara nirkabel atau tanpa menggunakan kabel. Kartu Wi-Fi dapat memungkinkan dua komputer atau lebih untuk dapat dihubungkan melalui jaringan Wi-Fi tanpa perlu adanya kabel jaringan.

5. LAN Card

LAN Card

Dapat mempunyai fungsi yaitu dapat menghubungkan dua atau lebih komputer dari media kabel. Biasanya perangkat ini, banyak yang dapat digunakan dalam sebuah jaringan LAN.

6. USB WiFi Adapter

USB WiFi Adapter

WiFi Adapter bertipe USB banyak sekali beredar di pasaran. USB WiFi Adapter dapat dijadikan sebagai solusi bagi yang galau karena Wifi Card bawaan laptop atau komputer dapat bermasalah hingga tidak dapat bisa terhubung dengan jaringan Wifi (hotspot).

Fungsi USB WiFi Adapter sama dengan Wifi Card, bedanya perangkat ini mempunyai mobilitas yang cukup tinggi, tdapat dicolokkan pada port USB kemudian bisa langsung dapat digunakan.

7. Modem

Modem (Perangkat Jaringan Komputer)

Modulator demodulator atau sering disingkat dengan arti modem adalah sebuah perangkat jaringan yang mempunyai fungsi yaitu dapat merubah signyal berbasis digital menjadi sinyal analog / sebaliknya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Jaringan Komputer

8. Bridge

Bridge (Perangkat Jaringan Komputer)

Merupakan – perangkat jaringan yang dapat mempunyai fungsi dapat memperluas suatu jaringan yaitu membuat sebuah segmen jaringan. Bridge dapat memetakan alamat Ethernet dari setiap titik yang ada dengan masing-masing segmen network. Kemudian Bridge dapat menyeleksi dan dapat memperbolehkan perpindahan dari data tertentu.

9. Hub

Hub (Perangkat Jaringan Komputer)

Merupakan – sebuah perangkat dalam jaringan yang dapat bertugas yakni mengubah transmisi sinyal jaringan, yang dimaksudkan tersebut agar kedua komputer atau lebih dapat saling terhubung.

10. Switch

Switch (Perangkat Jaringan Komputer)

Merupakan – perangkat sebuah jaringan yang mempunyai fungsi yang sama dengan hub, tetapi perangkat ini ‘lebih pintar’ dari hub karena bisa mengatasi masalah collision data. Switch mempunyai beberapa kelebihan misalnya kecepatan transfer data maupun luas sebuah jaringan yang lebih bagus dari hub.

Baca Juga :  Kultur Jaringan

11. Kabel Jaringan

Kabel Jaringan

Merupakan – media transmisi yang berbentuk kabel yang dapat digunakan sebagai menghubungkan dua komputer atau lebih untuk dapat saling bertukar data satu sama lain. Terdapat banyak media transmisi nirkabel (wireless), penggunaan kabel jaringan (wired) yang masih tetap populer dan masih banyak peminatnya.

12. Repeater

Repeater

Merupakan – perangkat jaringan yang dapat mempunyai fungsi memperluas jangkauan sinyal wifi dari server agar perangkat lain dapat terhubung. Cara kerja dari repeater ialah dengan menerima sinyal dari server, kemudian memancarkan kembali dengan jangkauan yang luas dan kuat.

13. Access Point­

Access Point­

Access point – terdiri dari antenna dan transceiver yang dapat digunakan sebagai transmisi dan menerima sinyal dari client atau sebaliknya. Dengan adanya Access Point, dapat terhubung dengan sebuah jaringan LAN secara nirkabel.

Access point berfungsi sebagai menghubungkan dua jenis jaringan yang berbeda, ykni jaringan wireless dan jaringan LAN.

Baca Juga : Troubleshooting Jaringan dan Penjelasannya

14. CCTV

CCTV

CCTV (Closed Circuit Television) – merupakan perangkat kamera video digital yang dapat digunakan sebagai merekam (recording) dan mengirimkan sinyal video dari suatu ruangan (tempat dimana CCTV yang telah dipasang) ke layar monitor.

15. Network Video Recorder

Network Video Recorder

Ialah – perangkat jaringan yang dapat digunakan untuk menyimpan rekaman yang telah dilakukan oleh kamera CCTV. Distribusi data video atau gambar dari CCTV ke NVR dapat dilakukan melalui jaringan LAN.

Demikian artikel penjelasan dan jenis-jenis tentang Perangkat Jaringan Komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk menjawab pertanyaan.

Pengertian RAM

Ika Evitasari
2 min read

Pengertian VGA

Ika Evitasari
2 min read