Pengertian Hardware

4 min read

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai apa itu Pengertian Hardware atau di dalam bahasa Indonesianya yang sering kita sebut perangkat keras.

Nah … pada pembahasan artikel ini akan kami akan membahas secara singkat dan lengkap mengenai apasih pengertian hardware itu. Yukk.. Simak kelanjutannya di bawah ini sebagai berikut…

Apa itu Hardware?

Pengertian-Hardware

Hardware ialah sebuah perangkat keras dapat beroperasi berdasarkan instruksi yang ditentukan di dalamnya atau disebut sebagai seperangkat perintah. Dengan perintah yang dapat dipahami oleh perangkat keras, perangkat keras dapat melakukan berbagai aktivitas seperti yang ditentukan oleh penyandi perintah.

Secara fisik, komputer terdiri atas beberapa komponen yang membentuk suatu sistem. Sistem merupakan sebuah komponen yang membentuk satu unit bersama. Jika salah satu komponen tidak bekerja, proses yang dihasilkan tidak berfungsi dengan baik. Komponen komputer tersebut termasuk dalam kategori perangkat keras.

Apa saja Fungsi Hardware?

1. Unit Masukan (Input Device)

Dapat berfungsi untuk media dan sebagai memasukkan data dari luar ke dalam prosesor dan memori, yang akan diproses untuk menghasilkan sebuah informasi yang dapat diperlukan. Perangkat input atau unit input yang biasa digunakan oleh komputer pribadi (PC) ialah mouse dan keyboard, mouse dan keyboard merupakan unit yang dapat menghubungkan pengguna pada sebuah komputer.

Baca Juga : Keamanan Jaringan

Selain itu, ada joystick yang bisa digunakan sebagai bermain game dengan cara pada komputer. Kemudian pemindai dapat menangkap gambar sebagai gambar digital yang dapat dimanipulasi nantinya. Panel sentuh dengan jari, pengguna dapat melakukan akses file. Mikrofon untuk merekam suara pada sebuah komputer.

Baca Juga :  Pengertian Power Supply

Unit input atau perangkat input ini terdiri atas berbagai jenis perangkat, yakni :

a. Mouse

Mouse ialah unit input yang salah. Fungsi alat tersebut sebagai dengan cepat memindahkan kursor atau pointer. Selain itu, ini bisa menjadi perintah yang mudah dan cepat dibandingkan dengan keyboard. Mouse digunakan secara optimal karena sistem operasi didasarkan pada antarmuka pengguna grafis (GUI).

Sinyal listrik sebagai input ke perangkat mouse dihasilkan oleh bola-bola kecil di mouse sesuai dengan perpindahan atau pergerakannya. Mayoritas mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan, yaitu tombol kiri dan tomobol kanan.

b. Light Pen

Pena cahaya ialah sebagai penunjuk elektronik yang digunakan sebagai mengubah dan mendesain gambar dengan layar (monitor). Light pen mempunyai sensor yang bisa mengirim sinyal cahaya pada komputer, dan kemudian akan direkam. Monitor merekam enam sinyal elektronik per baris dan kedua.

c. Touchpad

Unit input ini biasanya dapat ditemukan di laptop dan notebook dengan menyentuh satu jari. Biasanya perangkat ini bisa digunakan untuk pengganti pada mouse. Di sebelah touchpad ialah jenis perangkat yang mirip dengan trackball dan pointing stick.

d. Kamera Digital

Perkembangan teknologi sangat canggih hingga komputer dapat menerima input dari sebuah kamera. Kamera tersebut dapat disebut sebagai kamera digital dengan kualitas gambar yang lebih baik dari pada menyalin gambar dengan pemindai. Ketajaman kamera digital ditentukan pada pikselnya.

e. Scanner

Scanner adalah alat yang dapat digunakan sebagai menyalin pada gambar atau teks yang akan disimpan dalam memori komputer. Disimpan dari memori komputer berikutnya ke floppy disk atau harddisk.

Fungsi pemindai ini mirip dengan mesin fotocopy. Perbedaannya ialah bahwa hasil fotocopy dapat ditampilkan di atas kertas, sedangkan hasil pemindaian ditampilkan pertama kali pada monitor sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau perubahan, dan kemudian menyimpannya kembali sebagai file teks dan file gambar. Selain pemindai untuk gambar, ada juga pemindaian yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar respons komputer.

f. Joy Stick dan Games Paddle

Alat ini sering digunakan dalam permainan komputer. Stik Joy biasanya berbentuk seperti stik atau tongkat, sedangkan game paddle biasanya berbentuk persegi dan memiliki tombol yang mengatur pergerakan suatu benda di komputer.

Baca Juga :  Pengertian Proxy

2. Process Device (Unit Pemrosesan)

a. RAM (Random Access Memory) – Memori

RAM adalah kependekan dari Random Access Memory dan biasanya disebut sebagai memori jangka pendek. Memori atau RAM adalah perangkat keras komputer yang bertindak sebagai penyimpan data sementara.

b. Power Supplay

Power Supplay memberi daya pada berbagai perangkat CPU, mengubah daya, dan menyediakan aliran arus yang konstan untuk penggunaan komputer. Kualitas catu daya menentukan kualitas kinerja komputer. Daya 300-400 watt yang dipasok oleh catu daya biasanya cukup untuk komputer yang digunakan untuk menulis atau grafik.

c. Motherboard (Unit Prosesor)

Motherboard atau motherboard ialah papan tempat berbagai komponen elektronik terhubung. Motherboard biasanya disingkat dengan kata mobo. Perangkat keras seperti hard disk, RAM, prosesor, kartu grafis dan perangkat keras lainnya terhubung ke motherboard ini.
Motherboard yang paling populer di pasaran adalah motherboard PC, yang pada awalnya dibuat berdasarkan spesifikasi IBM PC.

d. Prosesor (unit Pemrosesan)

Memahami prosesor, atau apa yang biasa disebut CPU, ialah otak komputer. Prosesor adalah komponen yang melakukan perhitungan rumit yang memungkinkan komputer menjelajahi Internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi.

e. Kartu grafis (unit Keluaran)

Kartu grafis adalah kartu ekspansi yang digunakan untuk membuat dan menampilkan tampilan di layar. Kartu video ini terdiri dari sejumlah komponen elektronik. Biasanya tertanam dalam slot di papan CPU utama komputer.

Baca Juga : Backup dan Restore Basisdata

Beberapa kartu grafis menawarkan fitur-fitur lain, seperti merekam video dan adaptor untuk TV tuner, mendekode MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan ke beberapa monitor. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal adalah ATI, Matrox dan NVIDIA.

3. Output Device (Unit Keluaran)

a. Monitor

Monitor komputer ialah sebuah jenis perangkat soft copy karena outputnya berupa sinyal elektronik, dalam hal ini gambar yang ditampilkan pada layar monitor. Gambar yang ditampilkan adalah hasil dari pemrosesan data atau input informasi. Monitor memiliki ukuran layar berbeda seperti TV. Setiap merek dan ukuran monitor mempunyai resolusi yang berbeda.

Baca Juga :  Cara Merekam Layar PC

b. Speaker

Speaker artinya sama dengan pembicara pada umumnya. Speaker ialah transduser yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi frekuensi audio (suara) dengan menggetarkan komponen berbentuk membran.

c. Printer

Printer ialah perangkat perangkat keras yang terhubung ke komputer yang menghasilkan cetakan dalam bentuk teks atau gambar dari komputer pada media kertas atau sejenisnya. Ada tiga jenis printer, yaitu jenis printer inkjet, printer Dot Metrix, dan printer laser.

4. Backing Storage (Unit Penyimpanan)

Harddisk (HDD)

Hard disk juga dapat disebut sebagai hard disk drive (HDD) atau hard disk drive (HDD). Hard disk adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data sekunder pada hard disk tempat disk magnetik berada. Hard drive pertama kali dibuat oleh salah satu insinyur IBM, dia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956.

5. Periferal (Unit Tambahan)

Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam perangkat atau periferal tambahan termasuk

a. Modem

Definisi Modulator ialah rangkaian yang melakukan proses modulasi, yaitu proses “melapiskan” data pada frekuensi gelombang pembawa menjadi sinyal informasi atau pesan sehingga dapat ditransmisikan ke media melalui media tertentu, biasanya dalam bentuk Receiver dapat dikirimkan gelombang sinus. Dalam hal ini, sinyal pesan juga disebut sinyal modulasi. Baca Juga : Jaringan Peer To Peer

b. Kartu Suara

Kartu suara ialah perangkat keras komputer yang dapat digunakan sebagai mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, kartu suara hanyalah pelengkap komputer. Tapi sekarang kartu suara adalah perangkat wajib di setiap komputer. Setelah pemasangan, kartu suara dibagi menjadi tiga bagian:

  • Sound Card Onboard
    Ialah kartu suara yang menghubungkan langsung ke motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard
    Ialah kartu suara yang dipasang di slot PCI atau ISA pada motherboard. Rata-rata sekarang dengan PCI.
  • Soundcard External
    Ialah kartu suara yang penggunaannya terhubung ke komputer melalui konektor eksternal seperti FireWire atau USB.

Demikian artikel yang dapat kami ringkas dan bagikan yaitu tentang Pengertian Hardware. Semoga artikel kami dapat bermanfaat bagi Anda.

Pengertian RAM

Ika Evitasari
2 min read