Jaringan Internet

3 min read

Jaringan Internet – dapat bermanfaat sebagai memudahkan ketika berkomunikasi, bertambahnya wawasan, dapat mempermudahkan pekerjaan dan lain sebagainya. Dalam artikel ini, akan membahas tentang Jaringan Internet. Yukk… simak artikel sebagai berikut.

Baca Juga : Pengertian jaringan Komputer

Internet

Internet

Internet – merupakan sebuah jaringan yang mendapatkan komunikasi global yang dapat menghubungkan miliaran sebuah komputer secara terbuka dari sistem standar Global Transmission Control Protocol (TCP atau IP).

Baca Juga : Pengertian jaringan Komputer

Beberapa dapat menjelaskan bahwa pengertian Internet ialah sebuah Jaringan Internasional, dalam semua jenis dan tipe komputer di seluruh dunia yang dapat menghubungkan menggunakan tipe komunikasi misalnya satelit, telepon, dan sebagainya.

Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking, dalam setiap komputer yang akan terhubung dari Internet mempunyai sebuah identitas unik yang dapat disebut dengan Internet Protocol Address (IP).

Apa yang dimaksud dengan Jaringan Internet?

Jaringan Internet

Jaringan Internet – adalah kombinasi dari sebuah jaringan dua atau lebih dalam perangkat komputasi yang ada pada di seluruh dunia dan dapat dianggap sebagai salah satu sebuah perangkat komputasi yang terbesar di dunia. Ukuran sebuah jaringan ini akan terus berkembang hingga teknologinya tidak dapat terbatas dan maju.

Internet mempunyai beberapa jenis. Jenis sebuah jaringan internet dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu berdasarkan distribusi sumber informasi atau data, jangkauan geografis, media transmisi data, dan peran masing-masing komputer. Berikut adalah penjelasan nya.

Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi atau Data

  • Jaringan Terdistribusi
    Dalam sebuah jaringan terdistribusi yakni tidak berbeda jauh dari sebuah jaringan terpusat. Perbedaan nya ialah antara dua jenis jaringan yaitu sebuah jaringan terdistribusi yang terdiri atas beberapa sebuah jaringan pusat. Dalam sebuah jaringan ini, terdapat beberapa sebuah komputer clien dan server yang terhubung kedalam sistem sebuah jaringan tertentu.
  • Jaringan Pusat
    Jaringan ini, terdapat berisi sebuah komputer server dan satu atau lebih ke komputer clien. Komputer server dapat berfungsi untuk sumber informasi atau sumber data sementara sebuah komputer clien yang bertindak untuk perantara dalam mengakses informasi atau sebuah data dari komputer server.
Baca Juga :  Pengertian Lisensi

Baca Juga : Manfaat Jaringan Komputer Manfaat Jaringan Komputer

Berdasarkan Jangkauan Geografis

  • MAN (Metropolitan Area Network)
MANN

Ialah – dalam sebuah jaringan ini dapat mencakup area sekitar 10 hingga 50 km, hingga biasa dimungkinkan sebagai menghubungkan komputer yang terletak pada kota atau kabupaten lain, akan tetapi masih terdapat di provinsi, atau dalam radius kurang dari 50 km. Jaringan MAN akan didukung pada sebuah kabel dengan kecepatan transfer data yang sangat tinggi, dapat membuat sangat mudah sebagai menerima sebuah informasi antar komputer.

Jaringan MAN yaitu kombinasi dari beberapa jenis LAN. Jaringan tersebut hanya mempunyai satu atau dua kabel dan tidak dapat dilengkapi dengan elemen switching, hingga lebih mudah untuk dapat dibangun.

  • HAN (Home Area Network)
Home Area Network

Ialah – jaringan internet ini hanya akan mencakup dalam satu rumah. Sama dengan istilah PAN, istilah HAN jarang dapat yang digunakan. Misalnya, dari jaringan ini yakni pemasangan televisi berlangganan yang dapat dilengkapi dengan sebuah Internet. Jaringan terhubung ke router yang ada pada rumah.

  • PAN (Personal Area Network)
PAN

Ialah – terdapat ukuran jaringan tersebut sangat kecil, hanya dapat mencakup individu dan mempunyai jangkauan yang pendek. Batas jangkauan jaringan yakni 10 meter. Salah satu penggunaan sebuah jaringan PAN ialah jaringan Bluetooth.

  • LAN (Local Area Network)
LAN

Ialah – sebuah jaringan komputer atau sebuah jaringan Internet yang akan mencakup area kecil tapi lebih besar dari pada jaringan PAN. LAN hanya mencakup sebuah area maksimum 1 kilometer persegi. LAN hanya dapat digunakan untuk satu gedung. Biasanya, kabel dapat digunakan dengan IEEE 802.3, kabel Ethernet sebagai menghubungkan perangkat komputer dalam jaringan.

Seperti menggunakan LAN yakni kafe Internet, dapat dikenal dalam kafe Internet. Dapat menggunakan LAN sebagai menghubungkan sebuah tagihan ke OP (server). Selain dalam sebuah teknologi Ethernet, LAN dapat menggunakan teknologi 802.11b, dan akan lebih dikenal dengan Wi-Fi.

  • WAN (Wide Area Network)
WAN

Ialah – sebuah jaringan Internet yang terbesar dapat mencakup sebuah wilayah yang sangat luas dan dapat mencakup seluruh wilayah suatu negara. WAN dapat menyerupai MAN, yang dapat menghubungkan beberapa LAN. Namun, jumlah LAN yang akan dapat dihubungkan melalui jaringan WAN yaitu jauh di atas jumlah LAN yang akan menghubungkan melalui sebuah jaringan MAN.

Baca Juga :  Pengertian Power Supply

Baca Juga : Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Berdasarkan Media Transfer Data Yang Digunakan

  • Jaringan Nirkabel atau Tanpa Kabel (Wireless Network)
Jaringan Nirkabel

Ialah – jaringan ini tidak dapat menggunakan media kabel sebagai mengirim data dari satu komputer kedalam komputer lainnya. Jaringan ini dapat menggunakan gelombang elektromagnetik yaitu sebagai mengirimkan sebuah sinyal data antar komputer. Dapat memerlukan perangkat yang disebut dengan adaptor WLAN sebagai mengirim data dan menerima data yang telah dikirim pada komputer lain.

  • Jaringan Kabel

Ialah – sebuah jaringan yang dapat menggunakan sebuah media kabel untuk transmisi atau transmisi data. Beberapa jenis sebuah kabel yang dapat digunakan sebagai jaringan ini, akan tetapi kabel UTP dan kabel serat optik merupakan sebuah kabel yang paling umum dapat digunakan.

Berdasarkan Peran dan Hubungan Pada Komputer Jaringan

  • Jaringan Client-Server
Client Server

Jaringan client-server terdiri atas satu atau lebih pada sebuah server dan komputer klien. Komputer server dapat bertanggung jawab untuk penyedia informasi atau data, dan sebuah komputer klien dapat bertanggung jawab sebagai menampilkan data yang akan diterima dari sebuah komputer server.

  • Jaringan Peer-To-Peer
peer to peer

Dalam jaringan ini berbeda dengan jaringan client-server. Meskipun mempunyai komputer server dan klien, fungsi atau tugas sebuah komputer ini dapat berbeda dari yang ada pada sebuah jaringan klien-server.

Pada jaringan client-server, server dan komputer klien dapat mempunyai fungsi yang berbeda dan tidak dapat dipertukarkan. Namun, dalam sebuah jaringan peer-to-peer, fungsi dalam sebuah server dan komputer klien dapat dipertukarkan. Dalam sebuah komputer server dapat bertindak untuk komputer klien, dan komputer klien juga dapat bertindak untuk sebuah komputer server.

Demikian penjelasan tentang Jaringan Internet. Ternyata didalam sebuah jaringan internet terdapat jenis-jenisnya.

Baca Juga :  Pengertian Prossesor