OS Jaringan TUI

2 min read

OS Jaringan TUI – ialah sistem operasi yang dapat digunakan pada PC, sistem operasi sebuah jaringan dapat bermacam-macam.

Daftar Isi :

Pengertian Sistem operasi

sistem operasi

Sistem Operasi – adalah sebuah perangkat lunak yang bertujuan untuk dapat mengelola dan dapat mengendalikan perangkat keras dan sebagai mempermudah pengguna untuk menggunakan sebuah komputer.

Dalam sistem operasi akan menjalankan layanan inti umum sebagai perangkat lunak sebuah aplikasi. Dalam layanan ini termasuk akses hard drive, penjadwalan tugas, manajemen memori, dan antarmuka pengguna.

Sistem operasi merupaka sebuah sistem perangkat lunak yang bertujuan untuk melakukan sebuah kontrol dan memanajemen sebuah perangkat keras serta operasi sistem dasar, yang termasuk pelaksanaan perangkat lunak sebuah aplikasi misalnya browser web dan pengolah kata.

Baca Juga : Jaringan Internet

OS Jaringan TUI

OS Jaringan TUI

OS Jaringan TUI – Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft memiliki lisensi komersial. Ini berarti bahwa harus menggunakan sistem operasi jaringan Microsoft di mana harus membayar lisensi, atau membelinya, tergantung pada persyaratan dan perjanjian antara pengguna dan perusahaan.

Selain Microsoft, Unix, Sun Solaris dan perusahaan lain adalah pengembang sistem operasi jaringan. Salah satu sistem operasi jaringan yang dapat dikembangkan secara bebas yakni Linux. Sistem operasi Linux menawarkan dua pilihan, mode teks dan mode grafik.

Jenis Sistem Operasi Jaringan Berbasis Teks (TUI)

Baca Juga : Protokol Jaringan

Untuk pembagian sistem operasi jaringan berbasis teks (TUI) diantanya adalah:

  • FreeBSD
FreeBSD

FreeBSD ialah sistem operasi mirip UNIX (sistem operasi seperti UNIX) yang tersedia secara bebas di Internet dan banyak dapat digunakan di dunia ISP (Penyedia Layanan Internet), perangkat yang disematkan, dan area lain yang dapat memerlukan keandalan tinggi. FreeBSD didasarkan pada kode sumber UNIX asli yang dibuat pada tahun 1970 oleh AT&T.

Baca Juga :  Troubleshooting Jaringan

Bertahun-tahun yang lalu, AT&T akan membutuhkan banyak komputer sebagai melakukan bisnis. Pada saat ini, AT&T dilarang berpartisipasi dalam bisnis komputer. Akhirnya, mereka menjual lisensi sebuah perangkat lunak dan kode sumber ke universitas dengan harga murah. Siswa yang dapat mengakses teknologi ini dapat membaca kode sumber dan mempelajari cara kerja perangkat lunak. Sebagai imbalannya, AT&T menerima programmer gratis, patch gratis, dan ilmuwan yang meningkatkan kualitas perangkat lunak AT&T. Semua orang bahagia.

Baca Juga : Jaringan Internet

  • Linux
Linux

Linux – pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds dengan proyek sumber terbuka di bawah lisensi GNU atau GPL (General Public License). Adalah lisensi yang dapat dimiliki oleh pemilik program, tetapi orang lain dapat mendistribusikan, memodifikasi atau bahkan menjual kembali program dengan syarat bahwa kode sumber asli termasuk dalam distribusi. Dengan konsep ini, semua orang dapat berpartisipasi dalam pengembangan sistem operasi dan perangkat lunak berbasis Linux.

Dengan lisensi GNU atau GPL, Linux merupakan sistem operasi yang berkembang sangat cepat, karena Linux dikembangkan oleh komunitas pengguna sistem operasi open-source. Kerentanan atau bug sistem operasi yang sering disebut bug segera diperbaiki oleh komunitas Linux dan dapat didistribusikan secara langsung secara gratis.

Berikut beberapa contoh Sistem Operasi jaringan berbasis text

  • Linux Debian
    Merupakan – sistem operasi gratis (dari kata freedom, yang berarti kebebasan) untuk komputer. Sistem operasi ialah sekumpulan program dasar dan berbagai utilitas yang dibutuhkan oleh komputer.
  • Linux Suse
    Merupakan – salah satu distribusi Linux dari perusahaan Novell, lebih khusus anak perusahaan Suse Linux (pengembangan perangkat lunak dan sistem). SUSE Linux pada awalnya adalah distribusi slackware Jerman.
  • Linux Mandrake
    Merupakan – kompilasi paket dengan optimisasi untuk kelas Pentium dan prosesor yang lebih canggih yang tidak kompatibel dengan versi CPU yang lebih lama seperti 386 dan 486.
  • Knoppix
    Merupakan – distribusi live CD Linux yang dapat dijalankan pada hard disk melalui CD-ROM tanpa instalasi. Knoppix menawarkan berbagai aplikasi yang lengkap dan dapat digunakan untuk alat yang tidak memiliki ruang disk di hard drive mereka.
  • MacOS
    Merupakan – antarmuka grafis untuk sistem operasi yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini disediakan untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2001 dan populer di kalangan pengguna.
  • UNIX
    Merupakan – sistem operasi komputer multi-pengguna yang berasal dari AT&T Unix asli. Pengembangan dimulai pada 1970-an di pusat penelitian Bell Labs di Ken Thompson, Dennis Ritchie.
  • Sun Solaris
    Merupakan – sistem operasi keluarga Unix yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1992 oleh Sun Microsystems untuk keperluan server dan cloud computing. Solaris terdaftar sebagai sistem operasi yang memenuhi spesifikasi Single UNIX.
  • Windows NT
    Merupakan – sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang merupakan pendahulu dari sistem operasi Windows XP, Windows 2000, Windows Server 2003 dan Windows Vista.
Baca Juga :  Jaringan Internet

Demikian Penjelasan tentang OS Jaringan TUI. Yang terdapat beberapa sistem untuk mengetahi perbedaan nya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Pengertian RAM

Ika Evitasari
2 min read