Simbiosis Komensalisme

2 min read

Simbiosis Komensalisme – Telah kita pelajari dan telah kita ketahui bentuk simbiosis dalam ekositem ada beberapa macam di antara nya Simbiosis parasitisme. Yang akan kita bahas kali ini ialah mengenai Simbiosis Komensalisme, dimana memiliki pengertian dan contoh – contoh di dalam ekosisitem dan disertakan penjelasan nya.

Hubungan antara komponen biotik dan abiotik dalam suatu lingkungan tentunya akan menciptakan simbiosis. Di mana ada berbagai macam simbiosis di bidang biologi itu sendiri, mulai dari saling menguntungkan hingga manfaat hanya satu pihak.

Apa Itu Simbiosis Komensalisme ?

Simbiosis Komensalisme

Simbiosis adalah interaksi antara berbagai jenis makhluk hidup di tempat tertentu dan pada waktu tertentu, yang terkait erat. Kata simbiosis berasal dari bahasa Yunani, “sym” berarti “with” dan “Biosis” berarti “life”.

Memahami simbiosis komensalisme adalah interaksi antara dua makhluk hidup, dari mana satu organisme mendapat manfaat, sedangkan organisme lain tidak dirugikan atau diuntungkan. Ini berarti bahwa satu makhluk hidup mendapat manfaat darinya sementara makhluk lain tidak terpengaruh.

Contoh-contoh Simbiosis Komensalisme

Ada berbagai contoh simbiosis Kommensalism di lingkungan kita. Berikut ini adalah contoh dari simbiosis dari Kommensalism di ekosistem yang berbeda di darat dan di laut serta proses interaksi dan penjelasan lengkap nya.

Baca Juga :  Kromosom Adalah

1. Antara Siri dan Inang

  • Tanaman sirih memiliki nama latin Piper betle, jenis tanaman yang sering berkeliling di lingkungan sekitar kita untuk menemukan.
  • Tumbuhan ini adalah contoh dari simbiosis komensalisme. Dalam hal ini, tanaman sirih tumbuh melalui replikasi dan adaptasi dengan tanaman yang mereka tempati atau tanaman inangnya.
  • Tujuan tanaman sirih berikutnya adalah mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk fotosintesis pada tanaman. Ini tentu membawa manfaat tambahan bagi tanaman sirih, tetapi tidak berpengaruh pada tanaman inang.

2. Hubungan Remora Dengan Hiu

  • Remora Ikan (Echeneida sp) memiliki interaksi yang baik dengan hiu (Carcharhinus longimanus). Di mana di lautan luas Remora, ikan yang biasanya hidup berkelompok, tinggal dekat dengan hiu. Tujuan menyimpan ikan Remora di hiu bukanlah untuk dimakan oleh ikan yang lebih besar. Juga makan Haireste lebih cepat.
  • Dalam situasi ini, hiu tidak mendapat manfaat dari kehadiran ikan Remora dan tidak merasa terganggu. Kedekatan hiu dengan ikan Remora biasanya diamati secara teratur oleh ion.
  • Baca Juga : Jaringan Pada Hewan

3. Hubungan anggrek dengan pohon mangga

  • Tanaman anggrek tumbuh dan berkembang, dengan tetap berpegang pada pohon mangga. Fungsinya adalah anggrek menerima sinar matahari, air, dan zat untuk melakukan proses fotosintesis.
  • Anggrek menyerap sinar matahari, air dan zat anorganik dari kulit kayu, sedangkan pohon mangga tidak rusak atau bahkan manfaat dari tanaman anggrek.

4. Hubungan Tumbuhan paku dengan Pohon Jati

  • Tumbuhan paku menempel pada tanaman jati. Intinya tanaman jati bisa mendapatkan sinar matahari.
  • Keuntungannya dicapai oleh tanaman matahari, sedangkan tanaman jati tidak mencapai efek tanaman kuku.

5. Hubungan Ikan Kecil dengan penyu

  • Ikan Kecil dan penyu juga membuat interaksi yang bermanfaat dan netral untuk pihak lain untuk pesta. Ikan uji biasanya hidup di dekat kura-kura untuk mengumpulkan sisa makanan dan memakan parasit yang ditemukan di kura-kura.
  • Tentu saja, manfaat dari penangkapan ikan pemulung dalam bentuk memo tidak penting, sedangkan keberadaan ikan percobaan tidak berpengaruh pada penyu.
  • Baca Juga : Ikan Koi
Baca Juga :  Jaringan Hewan

6. Hubungan Serigala emas dengan harimau

  • Simbiosis ini juga dapat terjadi antara dua predator, yaitu harimau dan serigala emas, yang dikenal sebagai golden Canis. Serigala emas, yang telah berpisah dari kawanannya, mengikuti harimau dari belakang untuk melacak sisa-sisa rampasan harimau.
  • Serigala emas mendapat manfaat dari sisa-sisa mangsanya, yang dimakannya saat harimau tidak terpengaruh, karena jumlah makanannya yang hilang

7. Hubungan cacing pipih dengan kepiting

  • Hubungan antara cacing pipih dan kepiting adalah simbiosis yang dapat ditemukan di ekosistem perairan. Cacing pipih menempel pada kepiting untuk mendapatkan sisa dari kepiting.
  • Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa cacing pipih mendapat manfaat dari asupan makanan, sedangkan kepiting tidak dirugikan atau merugikan.

8. Hubungan puffins dan kelinci

  • Umumnya, puffins menggunakan lubang kubur yang dibuat oleh kelinci. Puffin menggunakannya sebagai tempat istirahat.
  • Puffin mendapat manfaat dari tempat peristirahatan, sementara kelinci tidak dirugikan atau dirugikan.

9. Rasio jalak dan ternak

  • Contoh dari simbiosis komensalisme di darat adalah interaksi antara bangau pemakan serangga dan ternak. Kehadiran kawanan juga akan memindahkan serangga. Bangau kemudian dapat berburu serangga ini.
  • Keuntungan dari bangau ini adalah ia mengambil mangsanya tanpa mempengaruhi ternaknya.

10. Hubungan rayap dan protozoa flagellar

  • Protoza berflagella tinggal di saluran pencernaan rayap dan mencerna selulosa dari kayu menjadi molekul karbohidrat yang mudah dicerna.
  • Protoza manfaat berflagella dari interaksi ini, karena melindungi tubuh rayap sementara rayap dipengaruhi oleh apa pun.

11. Hubungan bakteri spoiler dalam usus manusia

  • Dalam simbiosis Commensalism juga terjadi di dalam tubuh manusia, yaitu pemecahan bakteri dalam usus manusia. Membusuk bakteri yang hidup di usus manusia dan mengambil makanan yang tidak dicerna oleh tubuh manusia.
Sebutkan Pengertian Dari simbiosis ?

Simbiosis adalah interaksi antara berbagai jenis makhluk hidup di tempat tertentu dan pada waktu tertentu, yang terkait erat.

Simbiosis berasal dari manakah ?

Kata simbiosis berasal daripada bahasa Yunani, “sym” berarti “dengan” dan “biosis” berarti “hidup”.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan yaitu tentang Simbiosis Komensalisme. Semoga bermanfaat untuk Anda

Fungsi Dinding Sel

Pak Guru
2 min read

Pengertian Fisiologi

Ika Evitasari
2 min read

Ular Tikus

Pak Guru
3 min read