Pengertian Virus

2 min read

Pengertian Virus – Sangat berbahaya bagi perangkat komputer atau sebagainya. Virus mempunyai beberapa macam, dari yang berbahaya maupun tidak. Di dalam artikel ini akan membahas secara ringkas. Maka simak penjelasan nya sebagai berikut.

Pengertian Virus

Pengertian-Virus-Komputer

Virus Komputer adalah program sebuah komputer yang dapat menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan memasukkan salinan dirinya ke dalam dokumen lain atau program.

Virus komputer bisa dianalogikan dengan virus biologis yang dapat menyebar dengan memasukkan diri ke dalam sel hidup. Virus komputer dapat menyebabkan kerusakan contohnya mengganggu pengguna komputer, dengan menghancurkan data dalam dokumen, atau tidak berpengaruh sama sekali. Baca Juga : Pengertian Proxy

Macam – Macam Virus

macam2-trojan-1

1. Virus Trojan

Virus Trojan ialah berbagai jenis nama virus komputer yang dibuat sebagai mencuri sebuah data dan mengontrol data di komputer. Namun, Trojan bukanlah jenis virus, tetapi karena sifat Trojan sangat mengganggu, sehingga orang termasuk dalam kelompok virus komputer. Untuk itu harus mewaspadai keberadaan virus Trojan tersebut.

Lokasi distribusi utama adalah akses yang terhubung pada sebuah internet. Contohnya Email dan informasi pribadi yang tidak dilindungi kata sandi. Untuk mengatasinya, gunakan program antivirus khusus untuk Trojan, seperti Trojan hunter dan Trojan remover.

2. Memory Resident Virus

Memory Resident Virus ialah jenis virus pada sebuah komputer yang dibuat sebagai menginfeksi RAM. Virus tersebut ada di memori komputer. Memory Resident Virus biasanya aktif ketika sistem operasi komputer dihidupkan.

Baca Juga :  Macam-Macam Jaringan Komputer

Kehadiran virus tersebut sangat mengganggu program komputer yang harus dijalankan secara normal. Efek dari keberadaan virus penyimpanan penduduk memperlambat sistem operasi komputer.

3. Virus FAT

FAT (File Allocation Table) ialah mempunyai jenis virus komputer yang dapat digunakan sebagai merusak file. Biasanya, virus ini bersembunyi di penyimpanan data pribadi. Dimana kemampuan virus ini adalah untuk menyembunyikan file-file penting kita, seolah-olah file tersebut hilang karena sulit bagi kita untuk menemukannya.

Pencegahan : Amati dan amati data yang tersimpan di hard disk. Jika kami menduga bahwa file yang belum pernah kami buat akan disimpan, itu adalah virus FAT.

4. Directory virus

Direktori virus, jenis virus ini memiliki kemampuan untuk menginfeksi file dengan ekstensi exe atau com, maka file tersebut dipindahkan. Ketika file dijalankan, virus ini secara otomatis menginfeksi dan terdeteksi terhadap sistem lain.

5. Virus Web Scripting

Virus Web-scripting ialah kode program yang mempercantik konten pada sebuah situs web. Tetapi, kode tersbut memengaruhi program. Virus ini biasanya terjadi ketika terhubung kedalam internet.

Untuk sistem perlindungan, alat Windows standar Microsoft dapat diinstal. Lakukan pemindaian rutin dengan aplikasi ini.

6. Virus Worm

Virus worm merupakan jenis program yang dapat menyalin dirinya sendiri. Worm tidak menginfeksi virus, tetapi keberadaannya sangat berbahaya jika worm dapat berkembang biak dengan cepat. Jika komputer diserang oleh worm untuk waktu yang lama, itu dapat menyebabkan sistem komputer menjadi rapuh. Di mana worm ini menyimpan data dalam harddisk dan memori komputer.

Distribusi melalui internet dan email. Sementara itu, cara mengatasinya ialah pada sebuah program anti-virus biasa dapat digunakan. Menggunakan Antivirus Pro akan memberikan hasil yang lebih baik.

Baca Juga :  Topologi Jaringan Komputer

7. Macro virus

Virus Marco ialah jenis nama virus yang mempunyai perilaku yang sama seperti kebanyakan virus. Namun, virus ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman suatu aplikasi, bukan bahasa pemrograman sistem operasi. Contohnya dengan makro yang disertakan dalam Microsoft Word.

8. Direct action viruses

Direct Action Virus ialah sebuah virus di mana file AUTOXEC BAT terinfeksi. File ini terletak di direktori disk dan dapat menginfeksi perangkat eksternal.

9. Overwrite viruses

Overwrite viruses ialah jenis virus yang dapat digunakan untuk menghapus file atau data tanpa mengubah ukuran file. Jadi pengguna tidak akan merasa curiga.

10. Virus Multipartit

Seperti memori-resident virus, di mana adanya berbagai jenis nama virus komputer dapat disembunyikan pada RAM yang kemudian menginfeksi sebuah sistem operasi tertentu dan kemudian harddisk. Solusinya adalah dengan cara membersihkan bad sector dan melakukan defragmentasi.

11. Polymorpic Virus

Virus polimorfik adalah jenis virus yang dapat mengkodekan dirinya sendiri dalam berbagai cara ketika menginfeksi sistem. Virus ini dianggap sebagai virus cerdas, karena virus ini dapat mengubah strukturnya setelah tugas dilakukan, membuat deteksi oleh program antivirus menjadi sulit.

12. Boot sector virus

Boot sector ialah jenis virus yang dibuat sebagai menginfeksi pada bagian yang terkecil dari harddisk (sektor boot). Virus boot sector biasanya bersembunyi di floppy disk.

13. Companion virus

Companion virus ialah jenis virus yang juga dapat mempengaruhi sebuah informasi pribadi. Virus ini bersembunyi di hard disk. Kemampuan virus ini membuat ekstensi lain ke ekstensi file asli. Lokasi pada disk, biasanya dengan file baru.

Pencegahan : Instal pemindaian anti-virus dan juga unduh firewall.

Demikian artikel yang dapat kami ringkas yaitu mengenai Pengertian Virus. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga :  Cara Merekam Layar PC

Pengertian Motherboard

Ika Evitasari
2 min read

Sistem Operasi DOS

Ika Evitasari
2 min read

Pengertian Lisensi

Ika Evitasari
1 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]