Sejarah Bola Voli

3 min read

Sejarah Bola Voli

Sejarah Permainan Bola Voli merupakan salah satu cabang  olahraga dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan. Setiap tim terdiri dari 6 orang anggota inti dan ada beberapa sebagai pemain cadangan. Untuk jenis permainan bola voli lapangan.

Sejarah bola voli

Ada juga untuk variasi permainan bola voli lainnya, yaitu bola voli pantai, dengan jumlah pemain dari setiap tim adalah 2 orang. Sehingga, dalam satu permainan voli pantai akan dimainkan oleh 4 orang pemain.

Cabang olahraga bola voli ini dibawah naungan induk organisasi bola voli internasional yang bernama FIVB (Federation Internationale de Volleyball).

Di Indonesia, yang menaungi cabang olahraga bola voli ini adalah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Bola voli ialah salah satu cabang olahraga yang terfavorit di Indonesia. Pada saat ini atlet di Indonesia sudah mendapatkan berbagai penghargaan, kemenangan, dan kejuaraan dalam permainan bola voli.

Akan terasa tidak lengkap jika kita tidak mempelajari tentang sejarah permainan bola voli. Jika tidak seluruhnya, setidaknya kita mengtahui tentang sejarah permainan bola voli agar semakin menambah wawasan kita dalam dunia olahraga.

Sekarang, saya akan menyampaikan tentang sejarah permainan bola voli dalam 2 jenis. Yaitu secara dunia, dan secara lokal. Mari disimak ya…

Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia

Berikut fakta tentang sejarah permainan bola voli di dunia, dari ditemukannya cabang olahraga ini sampai bisa kamu mainkan bersama teman-temanmu.

Baca Juga :  Perjanjian Bangkok

Peraturan Pertama Bola Voli

Peraturan permainan bola voli yang pertama kali dibuat oleh penemunya, yaitu William G Morgan.

William G Morgan membuat peraturan pada sebuah jaring net harus memiliki tinggi 1,98 meter dan dipasang pada bagian tengah lapangan. Ukuran lapangan ini sebesar 7,6 meter x 15,2 meter.

Untuk durasi permainan bola voli, setiap pertandingan bola voli terdiri dari 9 sesi dengan 3 kali servis yang dapat  dilakukan oleh masing-masing tim di setiap sesi.

Berubah Nama Menjadi Bola Voli

Pada tahun 1896, olahraga Mintonette ini berubah nama menjadi volleyball atau yang sering kita sebut sebagai bola voli. Hal ini telah dilakukan dalam demonstrasi pertandingannya yang pertama kali diadakan di YMCA Training School.

Pada awal tahun 1896, William G Morgan telah diundang oleh Dr. Luther Halsey Gulick, beliau adalah seorang Director of the Professional Physical Education Training School dan beliau juga adalah seorang Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA yang telah mendemonstrasikan permainan bola voli yang baru saja beliau ciptakan pada saat pelaksanaan sebuah konferensi di stadion kampus YMCA yang baru.

Dalam kesempatan yang telah hadiri oleh seluruh instruktur yang ada dalam pendidikan jasmani tersebut, William G Morgan juga membawa 2 tim. Setiap tim beranggota 5 orang.

Beliat memberitahukan, dalam permainan bola voli yang diciptakannya bisa dimainkan di dalam lapangan maupun luar ruangan.

Menurut william, telah menyampaikan bahwa permainan ini dapat dilakukan dengan bermain oleh banyak pemain. Tidak ada jumlah minimum pemain yang dapat membatasi mengikuti permainan tersebut.

Tujuan dalam permainan bola voli ini adalah mempertahankan agar bola tidak masuk ke area tim dan bergerak melewati net, dari satu tempat ke tempat lain atau daerah tim musuh.

Baca Juga :  Perjanjian Linggarjati

Berkembang ke Seluruh Dunia

Seiring dengan perkembangan zaman, permainan bola voli kemudian mulai mengalami sedikit perubahan dalam peraturan permainan.

Pada tahun 1916, penggunaan teknik spike atau yang disebut smash mulai diperkenalkan. Dan 4 tahun kemudian, di tahun 1920, diciptakanlah peraturan 3 kali sentuhan dan skor akhir berubah dari yang awalnya 15 poin, menjadi 21 poin.

Pada tahun 1900, permainan bola voli sudah mulai ada ke negara lain selain Amerika, yaitu Kanada.

Hingga pada akhirnya, setelah permainan bola voli meluas ke berbagai negara yang ada di dunia, pada tahun 1947 maka dibentuklah sebuah Federasi Internasional Bola Voli, atau yang sering disebut Federation Internationale de Volleyball (FIVB).

Pertama kalinya untik kejuaraan bola voli dunia, akan diselenggarakan 2 tahun berikutnya, yaitu pada tahun 1949.

Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia

Permainan bola voli masuk ke negara Indonesia pada zaman penjajahan Belanda, yaitu pada tahun 1928. Tetapi, pada saat itu, permainan ini hanya dimainkan oleh orang-orang Belanda dan juga para bangsawan.

Karena pada saat itu, untuk mengembangkan olahraga termasuk olahraga bola voli yang ada di Indonesia, guru-guru pendidikan jasmani didatangkan dari negara Belanda.

Selain para guru pendidikan jasmani, para tentara juga memiliki peran dalam pengenalan dan pengembangan permainan bola voli di negara Indonesia.

Mereka gemar bermain bola voli di asrama-asrama mereka dan juga di lapangan terbuka. Mereka juga sering melaksanakan pertandingan bola voli antar kompeni.

Terbentuknya PBVSI

Permainan olahraga bola voli ini pun berkembang dengan begitu sangat pesatnya di negara Indonesia. Sehingga, tidak membutuhkan waktu yang sangat lama, dan mulai bermunculan klub-klub bola voli di kota-kota besar negara Indonesia.

Baca Juga :  Perjanjian Hudaibiyah

Dengan adanya organisasi ini, akhirnya tepat pada tanggal 22 Januari 1955, berdirilah PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yang terdapat di Jakarta.

Dan pada saat itu juga diadakan kejuaraan bola voli nasional untuk yang pertama kalinya.

Sejak berdirinya, PBVI mulai aktif mengembangkan berbagai kegiatan bola voli di Indonesia, baik di dalam ataupun ke luar negeri. Dan hal ini terus berlangsung sampai sekarang.

Mulai Dipertandingkan Secara Resmi

Perkembangan permainan ini semakin lama menjadi semakin memuncak di Indonesia dan pada saat menjelang diadakannya Asian Games IV yang dilaksanakan tahun 1962 dan kemudian dilanjutkan dengan Ganefo I di tahun berikutnya, yaitu pada tahun 1963. Permainan ini berlaku hanya untuk kategori pria maupun wanita.

Pada Bulan Oktober tahun 1951, permainan bola voli sudah mulai dipertandingkan dalam acara resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) II yang dilaksanakan di Jakarta.

Upacara pembukaan PON II di Stadion Ikada, Jakarta.

Bahkan sampai saat ini, permainan bola voli masih termasuk dalam salah satu cabang olahraga resmi yang selalu ada dalam setiap kejuaraan olahraga yang dilaksanakan di Indonesia.

Sekianlah penjelasan mengenai sejarah permainan bola voli di dunia dan di Indonesia yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber referensi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu dalam dunia olahraga, khususnya dalam olahraga cabang bola voli. Sekian, dan salam olahraga!

Baca Juga :

Sejarah Pramuka

Pak Guru
2 min read

Perjanjian Hudaibiyah

Pak Guru
3 min read

Perjanjian Bangkok

Pak Guru
3 min read