OS Jaringan GUI

2 min read

OS Jaringan GUI – Jaringan komputer harus memiliki komputer yang digunakan sebagai server. Seperti komputer pada umumnya, komputer server juga memerlukan sistem operasi.

Daftar Isi :

Pengertian Jaringan GUI

GUI

Jaringan GUI – meruapakan sistem operasi berbasis GUI atau singkatan dari (Graphical User Interface), yang dapat memungkinkan pengguna sebagai berinteraksi dengan adanya perangkat keras sebuah komputer dan dengan mudah untuk mengoperasikan sistem operasi. GUI merupakan sarana sebagai membangun sebuah koneksi antara pengguna.

Selama bertahun-tahun, teknologi GUI dapat berevolusi sebagai memenuhi sebuah kebutuhan sistem operasi seperti Macintosh, Symbian, Windows, Linux, dan banyak sistem operasi lain, sistem GUI dapat menyediakan antarmuka yang menarik. Sistem operasi yang menggunakan GUI pertama ialah sistem operasi Apple, yaitu Macintosh.

OS Jaringan GUI

OS Jaringan GUI

OS Jaringan GUI – saat mengelola jaringan, administrator jaringan harus bergantung pada sistem operasi jaringan. Sistem operasi ini adalah sistem operasi komputer yang ditujukan untuk pengelolaan jaringan komputer.

Baca Juga : OS Jaringan TUI

Secara umum, sistem operasi ini menyediakan berbagai layanan kepada pengguna jaringan komputer, mis. Misalnya, Layanan Berbagi File, Layanan Berbagi Printer, Domain Name Server (DNS), HTTP, dan lainnya.

Fungsi sistem operasi jaringan dalam penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Menghubungkan banyak komputer dan perangkat lain di jaringan.
  • Memberikan keamanan jaringan untuk komputer pengguna.
  • Memfasilitasi distribusi program atau pembaruan perangkat lunak kepada pengguna.
  • Mengelola sumber daya perangkat yang terhubung ke jaringan.
  • Monitor fungsi masing-masing elemen jaringan, dari perangkat menengah ke perangkat pengguna.
  • Gunakan fungsi server secara efisien.

Berikut adalah beberapa macam dari sistem operasi sebuah jaringan berbasis GUI :

  • RedHat Linux
RedHat Linux

Redhat Linux merupakan sistem operasi sebuah jaringan yang berbasis open source. Distribusi Linux merupakan dasar sebagai pengembangan beberapa distribusi Linux lainnya, yang termasuk yaitu ASP Linux dan Mandrake Linux.

Baca Juga :  Teknologi Layanan Jaringan

Nama Red Hat sendiri berasal dari nama perusahaan pengembang yang dikenal karena komitmennya terhadap sebuah perangkat lunak open source. Red Hat dapat didirikan pada tahun 1993 dan berkantor pusat di North Carolina, Raleigh, AS. Sistem operasi ini pada awalnya merupakan distribusi Linux independen yang dapat dikembangkan oleh Marc Ewing dan dibeli pada Bob Young, yang memiliki ACC Corporation, perusahaan yang menjual aksesoris perangkat lunak Linux dan UNIX.

Berikut ini adalah manfaat dari Redhat Linux versi terbaru (versi 7.5):

  • Peningkatan kontrol keamanan perangkat lunak melalui otomatisasi keamanan melalui integrasi OpenSCAP ke Red Hat Ansible Automation.
  • Konsol Administrator Kokpit yang Disempurnakan, yang menyederhanakan tugas kompleks seperti administrasi sistem.
  • Dukungan untuk fitur-fitur baru dan integrasi dengan infrastruktur berbasis Windows.
  • Dukungan penuh untuk Buildah, sebuah utilitas open source yang memungkinkan pengembang untuk membuat atau memodifikasi gambar kontainer Linux, bahkan tanpa kontainer runtime penuh atau daemon yang berjalan di latar belakang.
  • Sistem operasi ini tersedia untuk semua arsitektur komputer, termasuk x86, IBM Power, IBM z Systems dan 64-bit arm.
  • Dukungan untuk virtualisasi KVM host tunggal dan lingkungan runtime dalam format Open Container.

Baca Juga : Jaringan Internet

  • Novell Netware
Novell Netware

Novell Netware merupakan sebuah sistem operasi jaringan berdasarkan protokol jaringan Xerox XNS yang dapat dikembangkan sebagai komputer PC IBM. Sistem operasi ini dapat dikembangkan dan dapat diproduksi oleh Novell Inc. Namun, sistem operasi tersebut dapat digantikan oleh Open Enterprise Server (OES) setelah Novell dibeli oleh Micro Focus.

Versi terbaru dari Novell Netware, versi 6.5 Support Pack 6, dirilis pada April 2007. Versi ini identik dengan nama “OES-Netware Kernel Support Pack 2”. Novell Netware dapat digunakan untuk “sistem operasi jaringan berbasis LAN” atau sebuah sistem operasi jaringan berbasis LAN.

  • Server Windows
Baca Juga :  Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Server Windows

Windows Server adalah varian dari sebuah sistem operasi Microsoft Windows sebagai komputer server perusahaan. Sistem operasi dapat dikenal untuk Windows NT 3.1 Advanced Server, dan kemudian menjadi sebuah varian terpisah sebagai komputer server Windows NT, pendahulu sistem operasi Windows saat ini.

Baca Juga : Pengertian jaringan Komputer

Versi pertama, yang disebut dengan Windows Server, yakni Windows Server 2000, yang dapat diperkenalkan pada awal abad ke-21 bersama dengan Windows 2000. Dalam versi yang lebih baru, nama ini masih dapat digunakan. Versi terbaru, Windows Server 2019, secara resmi dirilis pada Microsoft pada 2 Oktober 2018.

Dari semua sistem operasi jaringan berbasis GUI yang dijelaskan di atas, ada fungsi yang membentuk fitur dari setiap sistem operasi. Sebagai pengguna, Anda perlu menentukan sistem operasi jaringan mana yang digunakan berdasarkan persyaratan jaringan komputer Anda.

Demikian penjelasan tentang OS Jaringan GUI. Semoga bermanfaat pada artikel yang dapat kami buat.

SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]