Ikan Hias

7 min read

Ikan Hias – Adalah jenis ikan, baik hidup di air laut ataupun air tawar yang tujuan dari pemeliharaannya hanya untuk hiburan dan memperindah dekorasi dalam ruang ataupun luar ruangan. Pemeliharaan ikan hias bukan untuk dikonsumsi.kehadiran di dalam ruangan akan menjadi salah satu alternatif hiburan pada kegiatan yang padat dan rutinitas yang membosankan.

Pembahasan kali ini pakguru akan mengisahkan mengenai ikan hias air tawar. sesuai dengan namanya, air tawar merupakan yang habitatnya ada di air tawar. untuk koleksi pribadi biasanya air tawar dipelihara dalam aquarium. Sedangkan untuk budidaya, memeliharanya dalam kolam dirasa lebih tepat.

Jenis – Jenis Ikan Hias Air Tawar

Ikan Hias

1. Ikan Hias Arwana

Bagi Seorang penghobi ikan hias tentu dengan ikan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi yah,, yang nama nya Arwana ini memang ikan hias yang sangat digemari se asia tengkara bahkan sampai seluruh dunia dan yang paling banyak penggemar nya di indonesia juga ikan ini memiliki nama bule yaitu Scleopages.

Kerap juga disebut dengan ikan naga atau dragon fish, Saratoga, barramundi, kelesa, pla tapad, kayangan, siluk, peyang, arwana, dan tangkelese.Ikan ini sangat diminati karena mitos bahwa keberadaannya di rumah dapat membawa keberuntungan dan melindungi rumah dari hantu yang mengganggu.

Baca Juga : Budidaya Ikan Gurame

Jenis – Jenis Arwana Dan Ciri – Ciri Nya

Ikan Arwana Red Tail Golden
Ikan arwana emas-merah, juga dikenal sebagai emas merah, berasal dari Pekanbaru, Riau dan beberapa daerah Sumatera lainnya. Karena sifatnya yang agresif, spesies Redstart Arowana ini sulit ditangkap.
Fitur warna ikan Arwana merah keemasan adalah biru, hijau dan emas. Postur dapat tumbuh hingga 90 cm (cm).

Ikan Arwana Brasil (Silver Arowana)
Ikan arwana paling banyak ditemukan di Indonesia, karena harganya terjangkau. Ikan dewasa dapat mencapai ukuran 1 meter (m). Kemampuan unik ikan Silver Arrowana adalah mereka dapat melompat keluar dari air seperti serangga untuk menangkap mangsanya.

Ciri-ciri dari jenis ikan Arwana Brasil adalah bentuk tubuh dan sirip panjang dengan warna perak di seluruh tubuh

Ikan Arwana Banjar (Banjar Red Arowana)
Arwana Banjar memiliki warna merah level 2, tetapi tidak terlihat seperti ikan arwana merah. Total panjang ikan Banjar Arowana bisa mencapai 90 cm. Untuk mendapatkan ikan Arwana Banjar Merah, Untuk memelihara ikan arwana banjar merah ini diperlukan tempat yang besar karena mereka harus bergerak dan sangat aktif.

Karakter fisik paling mencolok dari ikan Banjar Arowana adalah warna sirip oranye, ekor yang kekuningan.

Ikan Arwana Black Golden (Golden Based Black)
Salah satu jenis ikan arwana paling mahal sepanjang masa. Ikan arwana emas hitam memiliki warna emas dengan sisik kehitaman di sisinya. Ikan ini biasa ditemukan di wilayah Penang, Malaysia. Karena tidak mudah menemukan ikan arwana emas hitam di rawa, yang menyebabkan harga sangat mahal

Baca Juga : Mengenai Ikan Guppy

Ikan Arwana Cross Back Golden
Arowana Cross Back Golden memiliki beberapa nama, yaitu Pahang Golden, Malayan Bonytongue, Golden Taiping, dan Emas Malaysia. Ikan Latin, disebut Scleropages formosus, memiliki berbagai jenis warna, tetapi yang paling mencolok adalah warna emas di bagian belakang, yang menjadi ciri khasnya. Ikan ini umum di Malaysia, yang terletak di sekitar Perak, Tyrengganu, Danau Bukit Merah. Harga ikan ini cukup tinggi, karena sulit ditemukan di pasaran.

Baca Juga :  Ikan Guppy

Ikan Arwana Papua (Jardini Arowana)
Arowana Jardini juga dikenal sebagai Papua Arowana, Teluk Saratonga atau Arowana Australia. Ikan Latin Scleropages jardinii adalah ikan asli Australia dan Papua. Penampilan Arowana Jardini sendiri mirip dengan ikan Arowana Asia, tetapi warnanya lebih keemasan, tetapi tidak terlalu cerah atau mencolok. Arwana Papua dapat tumbuh hingga 90 cm dan berat hingga 17 kg.

Ikan Arwana Hijau (Green Arowana)
Arwana Hijau juga merupakan spesies ikan Asia. Ikan, juga dikenal sebagai Golden Pino Arowana, ditemukan di beberapa negara, seperti Thailand, Malaysia, Myanmar, Indonesia, Vietnam dan Kamboja. Ikan ini memiliki warna yang unik, terlihat seperti kombinasi kuning, emas, dan pingsan yang redup. Panjang ikan ini bisa mencapai 90 cm.Salah satu yang menonjol selain warnanya, Asian Asian Arowana memiliki kepala yang sedikit lebih besar dari ikan Arowana Asia lainnya.

Ikan Arwana Batik (Myanmar Arowana)
Arwana Batik memiliki pola tubuh yang begitu unik dan indah. Tubuhnya dipenuhi sisik yang berbentuk seperti pola kain batik. Karena itulah ikan ini disebut batik arowana. Warna tubuh ikan itu sendiri terlihat dominan seperti warna perunggu dalam kombinasi dengan perak. Dengan gaya unik yang berbeda dari semua jenis Arwana lainnya.

Ikan Arwana Platinum
Arwana Platinum adalah ikan arwana terindah dan bahkan menjadi ikan termahal di dunia. Platinum Arowana memiliki warna tubuh yang menakjubkan dan terlihat seperti platinum, sesuai namanya. Jika Anda perhatikan lebih dekat, Anda akan sangat terkejut melihat keindahan tubuh ikan ini, yang teksturnya begitu halus. Dengan tampilan yang sangat bagus, tidak heran jika Platinum Arowana harga nya mencapai miliyaran rupaiah

Baca Juga : Budidaya Ikan Nila

2. Ikan Hias Araipama

Ikan Araipama adalah jenis ini berasal dari Amerika Selatan dan hidup di iklim tropis. Nama bule ikan ini adalah Araipama gigas. Dan juga memiliki nama lain untuk ikan Araipama adalah Pirarucu dan Paiche.

Ikan ini adalah salah satu yang terbesar di dunia. Ukuran tubuh bisa mencapai panjang 2,5 meter dengan berat lebih dari 100 kilogram. Araipama masih merupakan keluarga ikan arwana, yang sangat populer di kalangan pecinta ikan di wilayah Asia Tenggara.

Walaupun sangat eksotis, namun keberadaannya terancam. Karena banyak pengumpul ikan berburu secara ilegal. Di Amerika Selatan, ikan Araipama sering ditangkap dengan tujuan untuk diekspor ke luar negeri.

Selain itu, masyarakat setempat menghasilkan ikan Araipama sebagai ikan konsumen, itulah sebabnya spesies ikan sering sulit ditemukan di alam liar.

3. Ikan Hias Bala Hiu

Meskipun disebut Bala Shark, ikan ini tidak ganas. Itu juga bukan tipe predator. Anda juga bisa menyimpannya di akuarium bersama jenis ikan hias air tawar lainnya.

Ciri khas ikan Hiu Bala adalah warna tubuhnya yang perak dengan garis hitam di bagian ekor, punggung, sirip, dan berbagai bagian tubuh lainnya. Ikan hias ini memiliki mata besar, yang dapat dimakan. Panjang hiu Bala bisa mencapai 35 cm. Habitat asli hiu Bala terletak di sungai besar dan dalam. Ikan ini memakan krustasea kecil, fitoplankton, rotifera, larva kecil, serangga, dan sebagainya. Jenis ikan ini mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air.

4. Ikan Hias Kecil Barbir

Barbir kecil dan berasal dari strain Cyprinidae. Jenis ikan ini umumnya disimpan di akuarium jenisn ikan ini senang sekali berkelompok. Dan Jenis Ikan Barbir dibagi menjadi dua jenis :

Barbir (Puntius Conchinius)

  • Ikan Babir ini memiliki ukuran tubuh 6 cm ya termaksuk jenis ikan hias yang mungil sii,,. Bentuk ikan jantan lebih kecil dan lebih ramping. Sementara ikan betina lebih besar dan lebih gemuk. Varian ikan tukang cukur juga sangat beragam. Salah satunya adalah ikan albino.
  • Ada juga ikan Barbir dengan sirip panjang. Habitat aslinya adalah Afghanistan, India, Nepal, dan Pakistan. Dan juga Bangladesh. Ikan barbar lebih hidup di air yang mengalir.
Baca Juga :  Budidaya Ikan Patin

Checker Barb (Puntius Oligolepis)

  • Kapasitas pertumbuhan tubuh Checker Barb terbatas pada panjang 5 cm. Di Sumatra, ikan ini dikenal sebagai penyerbu. Mereka hidup berkelompok dan memakan hewan mikroskopis seperti moluska, udang kecil dan berbagai tanaman.
  • Pergerakan ikan ini cukup unik, dengan kepala mengarah ke bawah untuk mencari makanan. Ikan ini datang di Indonesia sebagai ikan hias, yang dijual dengan harga murah

Baca Juga : Budidaya Ikan Patin

5. Ikan Hias Belida Sang Predator

Nama Latin untuk ikan predator eksotis ini adalah Notopetrus chitala H.B. Ikan ini mudah ditemukan di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Ikan belida biasa ditemukan di sungai dekat rawa-rawa seperti Sumatra, Kalimantan dan bahkan Jawa Barat.

Ikan belida adalah ikan karnivora. Meski sering dijadikan ikan hias, tetapi bisa juga dikonsumsi. Berat rata-rata ikan Belida adalah 1,5 hingga 7 kilogram. Dapat disimpulkan bahwa ikan Belida cukup besar, membutuhkan akuarium yang luas dan memiliki pasokan oksigen yang cukup.

Ukuran ideal untuk budidaya ikan Belida adalah sekitar 2 x 1,5 m dengan ketinggian air 45 cm. Suhu air itu sendiri dapat disesuaikan hingga sekitar 20 hingga 30 derajat Celcius. Karena ikan Belida hidup lebih sering di daerah aliran sungai, alangkah baiknya jika akuarium dilengkapi dengan sistem yang mengalir.

Anda harus menghindari memelihara ikan Belida dengan ikan kecil lainnya di akuarium yang sama. Makanan ikan belida termasuk anak anjing, bayi udang dan ikan mas. Jangan memberikan lele asli, karena memiliki patela yang tajam. Saat Anda dewasa, Anda bisa mendapatkan makanan katak.

6. Ikan Hias Black Ghost

Ikan ini dari Suriname dan Amazon menyandang nama Latin Apterontus albifron. Ada banyak nama panggilan untuk ikan Hantu Hitam. Karena bentuk tubuhnya yang sekilas mirip dengan bulu ayam.

Selain itu, ikan Hantu Hitam mendapat julukan “penari balet” karena gerakan di air fleksibel dan fleksibel. Karena warna tubuhnya hitam pekat dan pangkal tubuh ekornya terbungkus putih. Ikan ini cukup unik karena sering bersembunyi di tempat gelap di siang hari. dia mulai bergerak di malam hari.

7. Ikan Cupang

Ikan hias air tawar ini cukup mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan, banyak yang dijual bebas dan dijual oleh pedagang ikan hias. Ikan dengan nama latin Betta sp agresif dan agresif. Dia suka menyerang untuk melindungi wilayahnya.

Habitat asli ikan cupang ada di Asia Tenggara seperti Thailand, Indonesia, Vietnam, Brunei, Kamboja dan Malaysia. Sangat mudah ditemukan di rawa-rawa, sawah, lubang dan selokan berdiri. Dalam klasifikasi ilmiah, ikan ini termasuk dalam keluarga Osphronemidae dengan spesies Betta sp.

Dalam identifikasi ikan, 73 spesies ikan cupang telah ditemukan di alam liar. Ikan cupang memiliki daya tarik warna tubuh yang indah, bentuk sirip yang indah dan gerakannya yang tenang dan menawan. Ikan cupang terdiri dari 3 kelompok, yaitu cupang, cupang hias dan cupang liar.

Ikan cupang asli adalah Betta channoides dan asli dari Pampang, Kalimantan Timur. Ikan cupang adalah ikan yang mudah tumbuh. Tidak perlu ruang yang terlalu besar dan terlalu besar untuk menumbuhkan cupang. Bahkan ikan cupang dapat dilakukan sebagai bisnis rumahan.

Keistimewaan ikan Betta adalah staminanya. Ikan ini bahkan bisa hidup di air rendah oksigen. Anda bisa menyimpannya di stoples kecil sekalipun Anda tidak menggunakan aerator. Ini karena cupang memiliki gua labirin seperti paru-paru manusia. Ini memungkinkan labirin untuk bertahan hidup bahkan di lingkungan yang rendah oksigen.

Baca Juga : Budidaya Ikan Lele

8. Ikan Hias Discus

Memang, banyak perusahaan budidaya ikan dijalankan oleh mutasi genetik untuk menghasilkan varietas baru. Sekarang, habitat asli itu sendiri terletak di wilayah Amazon. Ikan ini juga merupakan ikan cichlid tropis.

Spesies Cichlid biasanya tumbuh secara optimal di Afrika. Tetapi tidak dengan Discus karena dia tinggal di Peru, Brasil dan Venezuela. Ikan ini menyukai habitat sungai yang memiliki arus tenang dan tidak terlalu deras. Untuk bertahan hidup, seseorang harus duduk di dahan untuk menghindari ikan predator yang lebih besar.

Baca Juga :  Ikan Kakap

Meskipun banyak pola ikan baru saat ini sedang dibentuk, itu tidak cocok untuk pemula. Karena dibandingkan dengan ikan hias lainnya diperlukan perawatan khusus.

9. Ikan Hias Guppy

Karena bentuk dan warnanya yang indah, ikan ini sangat populer di kalangan aquarists. Guppies pertama kali ditemukan pada tahun 1859 di Venezuela. Selain itu, guppy ditemukan di Guyana dan kepulauan Karibia.

Nama latin ikan guppy adalah Poecilia reticulate. Dia memasuki urutan Cy rinododontiformes dengan keluarga Poeciliidae. Meskipun ikan ini memiliki warna yang menarik dan bentuk tubuh yang fantastis, ia lebih kecil dari ikan hias lainnya.

Panjang jantan bisa mencapai 2-3 cm. lain halnya dengan guppy betina, yang bisa mencapai panjang 4 hingga 6 cm. Warna ikan yang biasanya muncul adalah kebiru-biruan, kekuningan, merah, perak, dan kombinasi lainnya. Ikan ini dapat berkembang biak dalam jangka waktu 21 hingga 20 hari dan tergantung pada suhu air.

Setiap induk dapat menghasilkan 80-100 anak ayam ikan di setiap periode. Mematikan biji sangat mudah karena Guppy sangat rentan terhadap suhu air dan faktor lainnya.

Itu Beberapa jenis ikan hias air tawar dan masih banyak lagi jenis ikan hias air tawar lain nya yang nanti akan pakguru.co.id berikan.Yuk sekarang kita simak mengenai Ikan Hias Air Laut

Baca Juga : Mengenai Ikan Gabus

Ikan Hias Air Laut

Banyak spesies ikan laut yang bisa Anda pelihara dan pertahankan di akuarium Anda. Perawatan ikan hias air laut tidak semudah merawat ikan hias air tawar. Berikut Jenis – jenis dan ciri ikn Hias air laut yang mudah dalam langkah perawatan nya :

Berikut jenis – jenis dan karakteristik ikan hias air laut yang sederhana dan mudah dalam perawatan yang:

1. Ikan Hias Botana Biru Tang

Jenis hewan laut ini memiliki nama latin Paracanthurus hepatus dan lebih dikenal di Indonesia daripada air laut Botana Blue Tang. Fitur khusus dari ikan hias Botana Blue Tang adalah warna dominan biru dengan sedikit hitam dan abu-abu di tubuh ikan hias ini di air laut.

2. Ikan Hias Tang Kuning

Ikan Tang Kuning dapat dianggap sebagai keluarga Blue Tang Botana. Bentuk dan karakternya hampir sama, hanya warna yang membedakan kedua iwak pajangan itu air laut. Ikan hias air laut dengan nama latin Zebrasoma Flavenscens bisa, menurut banyak orang, mudah disimpan di akuarium.

3. Ikan Hias Butterfly Fish

Seperti namanya, ikan hias air laut memiliki pola bergaris dan warna yang menakjubkan seperti kupu-kupu. Bentuk tubuh ikn air laut ini datar, mulutnya bergerak maju, sehingga sangat cocok sebagai ikan hias di air laut di akuarium Anda.

4. Ikan Hias Blue Devil

Ikan hias air laut berkepala biru menyandang nama ilmiah Paraplesiops Bleekeri. air laut Ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Bentuk ini sangat unik, agak ramping dan tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk ditempatkan di akuarium medium untuk ikan hias. Pola kebiruan dengan bintik-bintik putih dari ikan hias semacam ini, air laut bisa memanjakan mata Anda.

5. Ikan Hias Clownfish / Ikan Hias Nemo

Ikan ini juga dikenal sebagai ikan hias air laut yang disebut Nemo. Kenapa begitu? Karena air laut menjadi tokoh utama dalam film Finding Nemo. Sebagai badut, Lauric menunjukkan keindahan warnanya memang seperti kostum badut. Pola bergaris kuning. Seperti di film-film, ikan hias laut ini lebih suka hidup di daerah terumbu bawah laut.

Demikian Pembahasan mengenai baik ikan hias di laut maupun di air tawar dan masih banyak lagi jenis nya yang di pertemuan nanti akan kita bahs lagi semoga bermanfat info yang kita berikan buat anda sampai jumpa lagi…

Ikan Koi

Pak Guru
4 min read

Ikan Guppy

Pak Guru
2 min read

Ikan Gabus

Pak Guru
4 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]