Pengertian Lisensi

1 min read

Pengertian Lisensi – Secara umum, arti kata lisensi adalah suatu bentuk pengalihan hak untuk sesuatu dari satu pihak ke pihak lain, yang mungkin terikat oleh perjanjian yang disepakati antara para pihak.

Apa itu Lisensi?

Lisensi adalah pemberian izin sebagai memproduksi produk atau layanan tertentu yang sebelumnya dipatenkan oleh penemu pertama.

Lisensi sering juga diartikan untuk bentuk pemberian izin sebagai menggunakan pertama kali. Lisensi dapat ditafsirkan untuk suatu bentuk pemberian lisensi sebagai menggunakan hak kekayaan intelektual yang pemberi lisensi akan diberikan kepada pemegang lisensi dengan maksud bahwa pemegang lisensi dapat menggunakan hak kekayaan intelektual berlisensi untuk melakukan bisnis atau sebagai memproduksi produk tertentu.

Jenis – Jenis Lisensi

Pengertian-Lisensi

Baca Juga : Teknologi One Time Password (OTP)

1. Lisensi Hak Kekayaan Intelektual atau HKI

Jenis lisensi yang mencakup hak kekayaan intelektual, misalnya Lisensi sebagai perangkat lunak komputer yang memberikan lisensi ini memberikan pengguna hak untuk menggunakan perangkat lunak.

Lisensi kekayaan intelektual ini biasanya dapat mengandung beberapa ketentuan, contohnya pembaruan, syarat dan ketentuan, area penggunaan, dan berbagai syarat dan ketentuan lainnya yang ditetapkan oleh Penerima Lisensi.

2. Lisensi Merek Barang atau Jasa

Pemilik lisensi tersebut dapat memberikan lisensi atau lisensi kepada seseorang atau perusahaan dengan tujuan bahwa seseorang atau perusahaan dapat menjual produk atau layanan di bawah pemilik lisensi merek dagang.

Baca Juga :  Konjungsi Penerang

Dengan jenis lisensi tersebut, pemberi lisensi akan menggunakan merek layanan atau lisensi merek dagang tanpa khawatir ataupun takut akan dituntut secara hukum oleh pemberi lisensi, karena ia sebelumnya telah memperoleh lisensi pemegang lisensi.

3. Lisensi Hasil Karya Seni dan Karakter

Pemilik lisensi tersebut dapat memberikan izin kepada seseorang atau perusahaan untuk menyalin dan menjual hak cipta dan materi lain yang terkandung di dalamnya.

Seperti di perusahaan yang dapat membuat atau memasarkan mainan dengan sebuah karakter Naruto, ia sebelumnya telah memperoleh izin pembuat karakter dalam pembuatan dan komersialisasi karakter ini.

Baca Juga : Mengenai Sejarah CPU Secara Lengkap

4. Lisensi Bidang Pendidikan

Secara umum, jenis lisensi tersebut yang mempunyai bentuk gelar akademik, misalnya perguruan tinggi atau universitas yang memiliki lisensi, gelar seseorang.

Penggunaan gelar akademik setelah lulus atau setelah periode waktu tertentu di perguruan tinggi atau di universitas atau gelar akademik juga dapat diberikan kepada seseorang sebagai penghargaan.

5. Lisensi Massal

Jenis lisensi ini biasanya digunakan dalam perangkat lunak komputer, di mana lisensi tersebut diberikan oleh penerima lisensi kepada seseorang untuk menggunakan perangkat lunak komputer.

Lisensi terperinci biasanya diatur dalam Und User License Agrement atau EULA yang termasuk dalam perangkat lunak.

Contoh Lisensi di Era Digital

1. Freeware

freeware-1

Freeware ialah perangkat lunak yang mempunyai sebuah cipta yang dapat digunakan secara gratis. Seseorang tidak perlu sulit membayar untuk dapat menggunakannya.

Contohnya adalah Dropbox, LibreOffice, Chrome, Avast Free, dan lain-lain.

2. Lisensi Perangkat Lunak (software)

Lisensi-Perangkat-Lunak-software

Biasanya pada sistem sebuah operasi Windows. Lisensi ini dapat tertanam dalam sebuah PC. Contohnya jika akan membeli notebook baru dengan Windows yang sudah diinstal, lisensinya hanya untuk notebook. Alias tidak dapat ditransfer kedalam notebook lain.

Baca Juga :  Sistem Operasi Apple IOS

Baca Juga : Cara Merekam Layar PC

OEM hanyalah salah satu dari beberapa jenis lisensi yang dapat digunakan pada Microsoft.

3. Shareware

Shareware

Sharewere dapat digunakan secara gratis tanpa biaya freeware. Tetapi, shareware umumnya mempunyai begitu banyak keterbatasan karena penggunaan dan fiturnya.

Agar penggunaan perangkat lunak tidak dapat dibatasi, dapat memungkinkan untuk membeli lisensi dengan versi lengkap.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan yaitu mengenai Pengertian Lisensi. semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Pengertian Kalimat

Ika Evitasari
2 min read

Jenis – Jenis Majas

Ika Evitasari
3 min read

Kalimat Perintah

Ika Evitasari
2 min read