Jaringan Tumbuhan

1 min read

Jaringan Tumbuhan – Memiliki struktur, bentuk, dan fungsi yang sama, akan menjadi sebuah jaringan. Penjelasan selanjutnya akan dijelaskan secara berikut ini.

Daftar Isi :

Pengertian Jaringan Tumbuhan

Jaringan-Tumbuhan

Jaringan Tumbuhan merupakan jaringan tanaman sebagai sel yang mempunyai sebuah tujuan yang sama sebagai akan menghasilkan sebuah energi pada tanaman atau tumbuhan. Jaringan tanaman atau tumbuhan sangat berbeda dari jaringan hewan, jaringan terdiri dari sel-sel meristem, analog dengan sel induk hewan.

Baca Juga : Susunan Rangka Pada Manusia

Jaringan ialah sekumpulan beberapa sel di dalamnya, di mana sel-sel akan bekerja bersama untuk tujuan tertentu. Dalam jaringan, ada tugas di setiap jaringan bersama dengan sel-sel itu. Organisme yang menebal seperti alga dan jamur tidak menunjukkan perbedaan jaringan, meskipun mereka dapat membentuk struktur seperti organ yang khas seperti tubuh buah dan sporofor.

Macam-macam Jaringan Pada Tumbuhan

  • Jaringan Meristem
Jaringan-Meristem-1

Jaringan Meristem adalah jaringan yang berupa sel-sel aktif membelah. Jaringan ini berada pada ujung batang dan akar. Jaringan ini dapat membesar, berkembang, dan berdiferensiasi menjadi jaringan lain saat dewasa. Berdasarkan posisinya, jaringan meristem terdiri dari tiga jenis, yaitu apikal (ujung), lateral (samping) dan intercalar (luas).

  • Jaringan Penyokong
Jaringan-Penyokong

Jaringan Penyokong bertindak sebagai penambah tanaman. Dindingnya tebal dan tidak membelah lagi ketika sudah dewasa. Contoh jaringan pendukung adalah kolenkim dan sklerenkim.

Baca Juga : Fungsi Epidermis Pada Akar

  • Jaringan Dasar
Jaringan-Dasar

Jaringan Dasar disebut jaringan parenkim. Jaringan ini mengisi ruang antar jaringan. Jaringan ini ditemukan di semua bagian tubuh tumbuhan, akar, seperti batang, dan daun. Jaringan parenkim dalam daun adalah mesofil (palisade dan spons), yang dapat mengandung banyak kloroplas.

  • Jaringan Pengangkut
Jaringan Pengangkut

Jaringan Pengangkut ialah sebuah jaringan yang mengangkut zat ke tanaman. Terdiri dari pembuluh xilem dan floem. Xylem yaitu pembuluh yang dapat menyalurkan air dan produk mineral dari akar ke daun. Floem ialah pembuluh yang mengangkut fotosintesis dari daun ke seluruh permukaan tubuh tanaman.

  • Jaringan Pelindung
Jaringan Pelindung

Jaringan Pelindung disebut epidermis. Terletak di lapisan terluar dan memiliki fungsi sebagai melindungi permukaan tanaman. Jaring pelindung terdiri dari sel-sel yang menutupi seluruh permukaan dengan erat. Tidak hanya RG Squad, ada keunggulan khusus epidermis ini. Jaringan epidermis dapat mencegah penguapan berlebihan dengan membentuk lapisan kedap air (kutikula).

Struktur Jaringan Tumbuhan

Jaringan yang membentuk tanaman yang terdiri atas dua jaringan, yaitu jaringan meristem dan jaringan dewasa. Berikut ini adalah struktur dan properti jaringan meristem dan jaringan dewasa:

  • Jaringan Miristem
    Jaringan Meristem adalah sebuah jaringan yang aktif berbagi. Jaringan ini terletak pada ujung akar, biasa disebut sebagai meristem apikal. Sel-sel yang menyusunnya yaitu berdinding tipis, penuh protoplasma dan vakuola yang relatif kecil.

    Bergantung pada asalnya, meristem dapat dibagi lagi menjadi meristem sekunder, meristem primer, dan promeristem. Sel-sel meristem mempunyai sebuah sitoplasma besar dan dinding sel tipis. Pertumbuhan jaringan ini mengarah ke cabang baru, rooting dan pembentukan bunga.
Baca Juga :  Jaringan Saraf

Sifat Jaringan Meristem

  1. Sel bulat, oval atau poligonal dengan dinding sel tipis.
  2. Setiap sel kaya sitoplasma dan mengandung satu atau lebih inti sel.
  3. Terdiri dari sel-sel muda dalam fase pembelahan dan pertumbuhan.
  4. Vakuola sel sangat kecil atau mungkin hilang.
  5. Biasanya tidak ada celah di antara sel-sel sistem
  • Jaringan Dewasa
    Jaringan Dewasa adalah jaringan yang tidak lagi aktif. Dalam hal ini, jaringan mengalami diferensiasi. Jaringan dewasa muncul dari diferensiasi sel-sel meristem, baik meristem primer dan sekunder.

    Jaringan dewasa dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu, jaringan parenkim, jaringan epidermis, jaringan pendukung (terdiri dari jaringan colecompany dan jaringan sclerchymal) dan jaringan transportasi (terdiri dari xilem dan floem).

Demikian penjelasan dari kami, yaitu tentang Jaringan Tumbuhan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Fungsi Dinding Sel

Pak Guru
2 min read

Pengertian Fisiologi

Ika Evitasari
2 min read

Ular Tikus

Pak Guru
3 min read