Pengertian IP

2 min read

Pengertian IP – Terdapat pengertian, fungsi dan penjelasan lengkap menganai apa yang di maksud alamat IP? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara singkat dan jelas mengenai apa itu IP?. Yukk.. Simak penjelasan nya…

Apa itu IP?

Pengertian-IP

IP merupakan alamat Protokol Internet yang mempunyai singkatan untuk alamat IP. Alamat IP ialah identitas numerik yang dikaitkan dengan perangkat seperti router, komputer, atau printer di jaringan komputer yang menggunakan Protokol Internet sebagai alat komunikasi.

Fungsi IP

1. Sebagai Alamat Jaringan

Fitur ini ditampilkan sebagai alamat rumah, yang menunjukkan di mana kami berada. Untuk memfasilitasi pengiriman paket data, alamat IP berisi informasi tentang keberadaannya. Ada rute yang perlu dilalui agar data dapat mencapai komputer tujuan. Baca Juga : Jaringan Peer To Peer

Alamat IP menggunakan nomor 32-bit. Sistem ini disebut Internet Protocol Version 4 atau IPv4. Saat ini IPv4 masih digunakan, meskipun IPv6 diperkenalkan pada tahun 1995. Ini disebabkan oleh pertumbuhan tinggi dalam jumlah komputer yang terhubung ke Internet.

2. Untuk Mengidentifikasi Host atau Antarmuka Pada Jaringan

Fitur ini ditampilkan sebagai nama seseorang untuk mengidentifikasi siapa orang itu. Hal yang sama berlaku di jaringan komputer.

Klasifikasi Kelas Alamat IP

  • Kelas 1 A
    Tipe ini Kelas alamat IP terdiri dari 8 bit untuk ID jaringan dan 24 bit untuk ID host. Oktet pertama dimulai pada 1-126, bit pertama adalah 0 (nol), jumlah jaringan 126 dan jumlah alamat IP lebih dari 16 juta.
  • Kelas 2 B
    Kelas alamat IP tipe B ini terdiri dari 16 bit untuk ID jaringan dan 16 bit untuk ID host. Oktet pertama dimulai pada 128-191, 2 bit pertama adalah 10, nomor jaringan adalah 16.000, dan jumlah alamat IP adalah 65.000.
  • Kelas 3 C
    Kelas alamat IP tipe C terdiri dari 24 bit untuk ID jaringan dan 8 bit untuk ID host. 3 bit pertama adalah 110, oktet pertama adalah 192-223, nomor jaringan lebih dari 2 juta, dan jumlah alamat IP adalah 254.
  • Kelas 4 D
    Tipe D kelas alamat IP ini tidak mengenali ID jaringan atau ID host karena memiliki sistem multicasting. Bit pertama adalah 1110, oktet pertama adalah 224-239, bit cadangan adalah 18 bit, sedangkan bit lainnya dapat diatur sesuai dengan persyaratan multicast grup.
  • Kelas 5 E
    Tipe D kelas alamat IP ini tidak mengenali ID jaringan atau ID host karena memiliki sistem multicasting. Bit pertama adalah 11110, oktet pertama adalah 240-255, di kelas E biasanya digunakan sebagai ruang alamat cadangan untuk eksperimen. Baca Juga : Sistem Operasi Google Android
Baca Juga :  Pengertian Hardware

Alamat IP

1. Alamat IP statis

Jenis alamat IP ini adalah alamat IP untuk komputer atau perangkat lain yang terhubung secara manual ke jaringan komputer. Di mana pengguna perlu mengetahui pengelasan alamat IP, subnet, gateway dan DNS dalam suatu jaringan.

Berdasarkan kapasitas komputer atau perangkat lain yang terhubung ke jaringan komputer, alamat IP dibagi menjadi dua jenis:

  • IPv4 (Alamat IP Versi 4)
    Alamat IP Versi 4, atau lebih dikenal sebagai IPv4, adalah versi saat ini, yang terdiri dari 4 oktet, dengan setiap oktet mampu menangani 255 komputer atau perangkat. Jadi, jika itu adalah 255 x 255 x 255 x 255 = 4.228.250.625 host.

    Sejumlah besar teknologi canggih ini, karena sekarang tidak relevan untuk mempertimbangkan pengalamatan semua komputer dan perangkat yang saling berhubungan. Untuk mengatasi batasan ini, Anda dapat menggunakan NAT sebagai berbagi, mengubah, dan memodifikasi pemetaan alamat IP.
  • IPv6 (Alamat IP Versi 6)
    IPv6 atau IP Address Version 6 adalah versi terbaru dari pengalamatan pada jaringan komputer yang dibuat untuk mengatasi masalah pengurangan daya dari rilis sebelumnya, IPv4.

    Dibandingkan dengan IPv4, yang hanya memiliki 4 oktet dan setiap oktet dapat menampung 255 host, IPv6 dapat memiliki 16 oktet dan setiap oktet dapat menampung 255 host. Secara keseluruhan, IPv6 dapat menampung sekitar 3,4 triliun host.

Baca Juga : Pengertian Proxy

2. Alamat IP Dinamis

Jenis alamat IP ini secara otomatis ditetapkan pada jaringan publik dan pribadi, yang secara otomatis ditetapkan untuk komputer atau perangkat lain yang terhubung satu sama lain di jaringan komputer dan selalu berubah – berubah setiap waktu (secara dinamis).

Hadiah itu sendiri dikirimkan oleh perangkat, aplikasi, dan protokol pada jaringan komputer yang disebut Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). Protokol untuk mengaktifkan DHCP adalah komputer atau perangkat yang digunakan sebagai server DHCP.

Baca Juga :  Cara Mempercepat Jaringan Wi-Fi

Demekian penjelasan artikel yaitu mengenai Pengertian IP. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu Anda.

SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]