Jaringan MAN

1 min read

MAN dapat menghubungkan dalam berbagai perangkat sebuah jaringan yang akan digunakan sebagai berkomunikasi atau berbagi daya sumber.

Daftar Isi :

Pengertian MAN

MAN

Pengertian MAN – merupakan sejenis sebuah jaringan komputer yang mempunyai jangkauan lebih besar dari jaringan LAN dan biasanya masih berada di suatu kota. Jenis jaringan ini memiliki tingkat transmisi data yang cukup tinggi dan jangkauan 10 km hingga 50 km. Jaringan tersebut, dapat diartikan untuk jaringan yang menghubungkan kebeberapa sebuah jaringan LAN.

Dalam implementasinya, jaringan tersebut digunakan sebagai menghubungkan kebeberapa kantor, kampus atau sekolah yang lokasinya masih berada di kota. Dan biasanya kabel serat optik, sirkuit nirkabel seperti radio, microwave atau koneksi laser inframerah digunakan sebagai media transmisi. Karena mahalnya biaya membangun arena pacuan kuda ini, banyak perusahaan atau agensi menyewakannya kepada operator publik.

Jaringan MAN

Jaringan MAN

Merupakan – kelompok jaringan LAN yang saling berhubungan dalam batas-batas geografis kota tertentu.MAN ialah sebuah jaringan komputer yang lebih besar dari LAN dan lebih kecil dari WAN.

Baca Juga : Cara Mempercepat Jaringan Wi-Fi

Dalam hal kecepatan transmisi, jaringan tersebut ialah infrastruktur sebuah jaringan yang akan menawarkan sebuah kecepatan dan bandwidth yang tinggi dibandingkan dengan jaringan WAN dan MAN.

Tujuan terpenting dari sebuah jaringan tersebut ialah sebagai berbagi sumber daya, baik perangkat keras maupun perangkat lunak.

Fungsi

Sebagai memenuhi kebutuhan sebuah jaringan internet bisnis untuk memfasilitasi dan mempercepat komunikasi dan pertukaran data atau informasi. Selain itu sentralisasi data juga sangat mudah dilakukan. Jenis jaringan ini juga cukup aman jika dibandingkan dengan jenis sebuah jaringan komputer lainnya.

Baca Juga :  Pengertian VGA

Melalui jaringan perusahaan atau agensi MAN, kegiatan komunikasi seperti konferensi video, obrolan, email, dan transaksi waktu nyata dapat dilakukan dengan bandwidth lokal.

Bahwa MAN adalah jaringan komputer yang mencakup area metropolitan dan merupakan kombinasi dari beberapa jaringan LAN. Jaringan ini mudah ditemukan di sekolah, pabrik, kantor, dan lainnya.

Baca Juga : Keamanan Jaringan

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

  • Transaksi yang dilakukan real-time (data yang ada di server pusat akan di update saat itu juga).
  • Adanya Video Conference (ViCon)
  • Keamanan dari MAN lebih baik dibandingkan jenis jaringan lainnya.
  • Cakupan wilayah dari MAN lebih luas dibandingkan dengan sistem jaringan komputer lainnya, sehingga dapat berkomunikasi agar menjadi lebih efisien.
  • Komunikasi dapat di lakukan antara satu universitas dengan lainnya dapat menggunakan chatting, email dan lainnya.

Kekurangan

  • Instalasi dari infrastruktur jaringan tidak mudah.
  • Biaya operasional dan perawatan MAN lebih mahal dibandingkan dengan jenis jaringan lainnya.
  • Jika terjadi trouble pada jaringan seperti jaringan mengalami trouble shoot akan sulit dan rumit untuk mengatasinya.

Manfaat

MAN (Metropolitan Area Network) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup sebuah kantor perusahaan yang dapat berdekatan atau sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum.

MAN mampu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi sebagai mengatur paket melalui beberapa kabel output. Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.

Baca Juga : Manfaat Jaringan Komputer

Tujuan Jaringan Komputer

Tujuan dari jaringan komputer

  • Dapatkan informasi sehingga tidak ketinggalan dan tetap up to date
  • Merampingkan manajemen sumber daya
  • Akselerasi pertukaran data
  • Mendukung bisnis sehingga karyawannya dapat berkomunikasi lebih efektif dengan karyawan lain
Baca Juga :  Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Demikian artikel yang dapat kami buat, semoga bermanfaat bagi Anda dan untuk kita semua.

Pengertian RAM

Ika Evitasari
2 min read