Kebutuhan Sekunder

1 min read

Pengertian Kebutuhan Sekunder – Halo teman, Pada kesempatan kali ini PakGuru.Co.Id akan membahas materi pelajaran yang sering kita temui yaitu kebutuhan sekunder.

Pada kesempatan ini juga kami akan mengajak Anda untuk menguraikan salah satu jenis dari kebutuhan yang ada pada manusia. Kebutuhan tersebut adalah sekunder.

Pembahasan tentang ini akan kita bagi menjadi tiga bagian. Yang pertama kita akan memulai dengan pembahasan pengertian sekunder, dimana bagian ini akan menginformasikan kepada Anda mengenai apa itu pengertian dari kebutuhan sekunder?.

Kemudian akan dilanjutkan dengan pembahasan tentang faktor sekunder yang membahas apa yang menjadi faktor terjadinya sekunder dan kemudian akan kita lanjutkan dengan memberikan beberapa contoh kebutuhan sekunder.

Karena contoh ini penting untuk disajikan agar para pembaca dapat mengetahui apa saja sih yang menjadi kebutuhan sekunder manusia, selamat membaca.

Apa sih Pengertian Kebutuhan Sekunder?

Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan Sekunder merupakan kebutuhan yang bersifat melengkapi kebutuhan primer, namun kebutuhan sekunder tetap harus dipenuhi oleh manusia agar hidup manusia lebih berjalan dengan baik.

Jadi bisa dikatakan bahwa kebutuhan sekunder adalah jenis kebutuhan yang diperlukan setelah kebutuhan pokok primer telah dipenuhi dan dilaksanakan dengan baik. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang selalu ada setelah kebutuhan primer.

Bisa juga dikatakan bahwa kebutuhan sekunder sifatnya tidak mendesak atau memaksa dan bias disebut juga sebagai penunjang kebutuhan primer, pemenuhannya dapat ditangguhkan dan jika tidak terpenuhi juga tidak akan mengancam kelangsungan hidup manusia.

Meskipun begitu, kebutuhan sekunder sebisa mungkin tetap harus diusahakan untuk dipenuhi karena bila tidak terpenuhi maka kegiatan manusia juga akan terganggu.

Baca Juga :  Jurnal Penyesuaian

Faktor yang Menyebabkan Kebutuhan

Setiap manusia pada umumnya tentunya memiliki keinginan, rasa, dan ambisi dalam menggapai sesuatu. Perlu kita ketahui bahwa keinginan, ambisi, dan rasa ingin yang membendung inilah yang kemudian akan menjadi kebutuhan sekunder pada manusia.

Jadi, bisa dikatakan bahwa kebutuhan sekunder ini sebagai keinginan manusia yang bias kita penuhi setelah kebutuhan primernya sudah terpenuhi dan terlaksanakan.

Jika kebutuhan sekunder ini telah terpenuhi, maka kita akan merasa lega dan merasa puas karena kita telah bisa memenuhi keinginan kita yang sudah menjadi kebutuhan sekunder.

Contoh Kebutuhan Sekunder

Setelah mendapatkan faktor yang mempengaruhi terjadinya kebutuhan sekunder seperti yang sudah kita bahas diatas, maka sekarang kita akan memberikan beberapa contoh yang ada disekitar kita pada kebutuhan sekunder yang merupakan penunjang dari kebutuhan primer, maka contoh yang bisa kalian sebutkan ada banyak lho, diantaranya :

1. Handphone
2. Pariwisata
3. Rekreasi
4. Kipas angin
5. Hiburan
6. Olahraga
7. Almari
8. Surat kabar
9. Majalah
10. Kulkas
11. Televisi
12. Jam tangan
13. Radio
14. Komputer
15. Laptop
16. Sepatu
17. Kaos kaki
18. Buku
19. Tas
20. Pensil
21. Meja
22. Kursi
23. Alat Masak
24. Kendaraan
25. Tempat Tidur
26. Kursi

Beberapa hal diatas merupakan beberapa contoh-contoh dari kebutuhan sekunder yang bisa kalian sebutkan dengan mudah.

Jadi pada materi kali ini kita bisa ambil kesimpulannya bahwa seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kebutuhan sekunder ini sifatnya tidak mendesak atau memaksa dan bisa dipenuhi nanti setelah kebutuhan primer terpenuhi dan terlaksanakan.

Sehingga, kebutuhan sekunder ini merupakan kebutuhan cadangan di mana kita bisa memenuhinya namun dengan catatan bahwa kebutuhan primer kita sudah terpenuhi sebelumnya.

Baca Juga :  Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Sekian uraian tentang Pengertian dan Faktor Kebuthan Sekunder beserta Contoh Kebutuhan Sekunder, semoga bermanfaat.ya !

Pengertian Obligasi

Pak Guru
2 min read

Perusahaan Dagang

Pak Guru
1 min read

Jurnal Penyesuaian

Pak Guru
1 min read