Administrasi Infrastruktur Jaringan

1 min read

Administrasi Infrastruktur Jaringan – Terdapat beberapa penjelasan- penjelasan yaitu pengertian, macam-macam alat yang digunakan, dan software dari AIJ. yuk, simak penjelasannya sebagai berikut.

Apakah pengertian dari Administrasi Infrastruktur Jaringan (AIJ)?

Administrasi Infrastruktur Jaringan

Administrasi Infrastruktur Jaringan adalah tugas administrator jaringan yang mengelola jaringan komputer pada skala kecil dan besar.

Baca Juga : Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Administrasi jaringan dilakukan oleh administrator. Tugas administrator jaringan adalah sebagai berikut:

  1. Instal dan konfigurasikan server
  2. Instal dan konfigurasikan perangkat lunak aplikasi
  3. Buat dan kelola pengguna
  4. Mencadangkan dan memulihkan file
  5. Konfigurasikan keamanan sistem
  6. Gunakan alat pemantauan keamanan jaringan

Baca Juga : Teknologi Layanan Jaringan

Macam-Macam Alat Infrastruktur Jaringan

  • Router
    Router adalah perangkat jaringan yang menghubungkan dua atau lebih jaringan sehingga data dapat dikirim dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Dengan router dapat menghubungkan dua jaringan yang berbeda, misalnya 192.168.2.0/24 dapat terhubung ke jaringan 200.200.200.0/24.
  • Kartu Nirkabel
    Kartu nirkabel adalah perangkat jaringan yang memungkinkan dua peragkat dihubungkan tanpa kabel atau tanpa menggunakan media kabel.
  • LAN
    LAN Seperti halnya perangkat jaringan lainnya, kartu LAN memiliki fungsi menghubungkan dua atau lebih komputer bersama-sama melalui kabel. Perangkat ini biasanya banyak digunakan dalam jaringan LAN.
  • Modem
    Demodulator Modulator, atau sering disingkat sebagai modem, adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya.
  • Bridge
    Bridge adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi memperluas jaringan saat membuat segmen jaringan.
    Cara bridge bekerja adalah mengenali alamat MAC yang mengirimkan data ke jaringan. Jembatan kemudian secara otomatis membuat tabel internal yang dapat digunakan untuk menentukan segmen mana yang akan diteruskan atau difilter.
  • Hub
    Hub adalah salah satu perangkat jaringan yang tugasnya mengubah sinyal transfer jaringan, dengan maksud bahwa dua atau lebih komputer dapat saling berhubungan.
  • Switch
    Switch adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi hampir sama dengan hub. Namun, perangkat ini “lebih pintar” daripada hub karena dapat memecahkan masalah tabrakan data. Selain itu, sakelar ini menawarkan beberapa keuntungan, seperti: Sebagai kecepatan transfer data dan area jaringan, yang jauh lebih baik daripada hub.
  • Kabel jaringan
    Kabel jaringan adalah media transmisi seperti kabel yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer untuk pertukaran data.
  • Pengulang
    Repeater adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi memperluas jangkauan sinyal WLAN dari server sehingga perangkat lain dapat dihubungkan.
  • Jalur akses
    Jalur akses ini terdiri dari antena dan transceiver, yang digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal dari klien atau sebaliknya. Dengan AP ini kita dapat terhubung secara nirkabel ke jaringan LAN.
Baca Juga :  Jaringan LAN (Local Area Network)

Baca Juga : Topologi Jaringan Komputer

Software Infrastruktur Jaringan

Berikut adalah software dan hardware yang digunakan kepada infrastruktur jaringan

Software

  • Dude
    Perangkat lunak ini memudahkan administrator jaringan untuk memonitor jaringan mereka dan mendukung berbagai protokol jaringan seperti SNMP, ICMP, DNS dan TCP.
  • Pemindai IP marah
    Angry IP Scanner membantu Anda mengelola, menagih, dan memelihara jaringan sehingga dapat berjalan dengan baik melalui alamat IP masing-masing komputer di jaringan.
  • LAN
    Perangkat lunak ini dapat digunakan pada sistem operasi apa pun. Pengoperasiannya cukup sederhana. Perangkat lunak ini menampilkan laporan yang menunjukkan status jaringan saat ini dalam bentuk tabel.
  • NMap
    NMap adalah perangkat lunak pemindai keamanan yang dikembangkan oleh Gordon Lyon alias Fyodor Vaskovich dan kompatibel dengan Windows, Linux, Mac OS X, Solaris, BSD dan Amigos. NMap tersedia dalam dua versi, versi GUI dan baris perintah.
  • Tampilan jaringan
    Tampilan Netwok. Network View adalah perangkat lunak yang berguna untuk melihat komputer yang terhubung ke jaringan komputer.

Demikian penjelasan tentang Administrasi Infrastruktur Jaringan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Semakin banyak yang kita baca, semakin banyak wawasan yang kita dapat.

Pengertian Hardware

Ika Evitasari
4 min read

Protokol Jaringan

Ika Evitasari
2 min read

Jaringan Nirkabel

Ika Evitasari
1 min read