Zona Litoral

2 min read

Zona Litoral – Di artikel kali ini kita akan membahas tentang Zona Litoral atau Zona Laut yang di indonesia, dimana pada pembahasan sebelum nya kita telah membahas mengenai Budidaya Kroto

Pengertian Zona Litoral

Zona Litoral

Zona litoral adalah zona atau area laut tempat air berada. Zona pesisir adalah daerah pesisir atau pesisir pantai. Di wilayah ini, laut berubah menjadi daratan saat air pasang dan surut

Karena alasan ini, zona ini sering disebut sebagai zona pasang surut. Pengaruh suhu udara dan sinar matahari pada zona litoral sangat kuat.
Ini membuat zona ini menjadi habitat bagi berbagai hewan laut seperti bintang laut, udang, kepiting, cacing dan benthos.

Baca Juga : Budidaya Jangkrik

Pembagian Zona Litoral Menurut Istilah

1. Zona neritik

Zona neritik merupakan bagian yang relatif datar dari landas kontinen dengan kedalaman sekitar 200 meter.

Dari sudut pandang biologi kelautan zona ini terdiri dari lingkungan laut, yang biasanya stabil, dan menerima sinar matahari yang cukup, dari ikan plankton terumbu karang.

The oseanografi fisik melihatnya sebagai daerah di mana sistem laut berinteraksi dengan pantai.

2. Zona Batial

Zona batial adalah badan air dengan kedalaman 200 – 2000 meter. Kawasan ini tidak dapat ditembus oleh sinar matahari. Inilah yang membuat hidup di zona Batial kurang sibuk daripada di zona neritik.

3. Zona Abisal

Zona abisal adalah zona di dasar laut yang sangat dalam, dimulai pada kedalaman 1.000 sampai 6.000 meter. Abisalzone ini milik kedalaman dan lembah laut.

Baca Juga :  Teks Eksposisi

Tekanan air laut sudah tinggi / besar, sehingga beberapa hewan laut dapat hidup di zona ini. Hewan laut yang hidup di zona ini biasanya rata dan panjang.

Tepat di atas Zona Abisal adalah Zona Bathyal, area terakhir di mana sebagian besar kehidupan laut cerah. Sementara Zona Hadal tepat di bawah Zona Abisal, zona ini ditutupi dalam kegelapan abadi.

Bahan sedimennya sangat halus, dalam bentuk sejenis lumpur kemerahan dan terdiri dari Crushed & Radiolaria, seperti yang sudah pada kedalaman sekitar 3000 meter, kerangka itu hancur dan dilarutkan bahkan sebelum mencapai dasar laut.

4. Zona Hadal

Zona hadal adalah zona terdalam, dan hanya ada kegelapan abadi. dasar laut ini terbuat dari sedimen halus. Di sini, tekanan hidrostatik sangat tinggi dan beberapa hewan dapat hidup termasuk bersinar ubur-ubur dan laut cacing.

Pemanfaatan Semua Zona

1. Zona pesisir / Litoral

  • Zona pesisir adalah wilayah laut yang dibatasi oleh pasang naik dan pasang surut. Ini berarti daerah tersebut menjadi pantai pada saat air surut sementara banjir pada saat air pasang.
  • Karena itu, zona ini juga disebut zona pasang surut. Pengaruh suhu dan panas matahari sangat kuat di zona litoral, sehingga di zona ini beberapa spesies bintang laut seperti kepiting, udang dan cacing dapat ditemukan. Penggunaan area pesisir untuk ekosistem bakau, kolam garam dan pantai karang.

2. Zona neritik

  • Zona neritic adalah wilayah laut dengan kedalaman maksimum 200 m, sehingga sinar matahari masih bisa mencapai dasar laut. Sinar matahari yang berlimpah ini membuat Neritzone kaya akan organisme seperti terumbu karang, ganggang, ganggang dan lainnya. Penggunaan zona neritic seperti memancing, wisata karang, budidaya alga dan kerang-kerangan.
Baca Juga :  Perbedaan Sabana Dan Stepa

3. Zona Batial

  • Zona kelelawar adalah area laut dengan kedalaman 200-1800 m, dan matahari sudah mulai gelap. Dengan kondisi ini Biota Life tidak begitu banyak di sini, tidak seperti di Neritik.
  • Contoh hewan hidup adalah lumba-lumba, paus, hiu dan sotong. Penggunaan zona kelelawar misalnya untuk memancing atau memancing dalam skala besar juga untuk pelatihan perang bawah laut.

4. Zona Abisal

  • Abisal Zone adalah zona laut dalam dan gelap dengan tekanan hidrostatik tinggi. Hanya hewan tertentu yang dapat hidup dan beradaptasi dengan lingkungan ini. Penggunaan Zona Abisal dimaksudkan, antara lain, untuk sumur minyak di laut lepas.
Apa itu Zona Litoral ?

Zona litoral adalah zona atau area laut tempat air berada. Zona pesisir adalah daerah pesisir atau pesisir pantai. Di wilayah ini, laut berubah menjadi daratan saat air pasang dan surut

Jelaskan tentang Zona Batial ?

Zona batial adalah badan air dengan kedalaman 200 – 2000 meter. Kawasan ini tidak dapat ditembus oleh sinar matahari. Inilah yang membuat hidup di zona Batial kurang sibuk daripada di zona neritik.

Sebutkan Manfaat zona pesisir / litoral ?

Zona pesisir adalah wilayah laut yang dibatasi oleh pasang naik dan pasang surut. Ini berarti daerah tersebut menjadi pantai pada saat air surut sementara banjir pada saat air pasang.
Karena itu, zona ini juga disebut zona pasang surut. Pengaruh suhu dan panas matahari sangat kuat di zona litoral, sehingga di zona ini beberapa spesies bintang laut seperti kepiting, udang dan cacing dapat ditemukan. Penggunaan area pesisir untuk ekosistem bakau, kolam garam dan pantai karang.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan yaitu tentang Zona Litoral di Indonesia dan jangan lupa baca juga Faktor Penentu Lokasi Industri. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga :  Faktor Urbanisasi di Indonesia

Bioma Hutan Gugur

Pak Guru
3 min read

Fungsi Membran Sel

Pak Guru
2 min read

Eksarasi

Pak Guru
4 min read