Ular Sendok

3 min read

Ular Sendok – Oke jumpa lagi dengan kami pakguru.co.id kali ini kita akan membahas mengenai Ular Korbra jawa atau ular sendok perlu anda ketahui bahwa, Indonesia menempati peringkat ketiga di dunia untuk keanekaragaman spesies reptil, yang mencakup sekitar 600 spesies.

Apa itu Ular Sendok?

Ular Sendok

Ular sendok atau yang juga dikenal dengan nama kobra jawa adalah sejenis ular berbisa dari suku Elapidae. Disebut ular sendok karena ular ini dapat menegakkan dan memipihkan lehernya apabila merasa terganggu oleh musuhnya. Leher yang memipih dan melengkung itu serupa bentuk sendok.

Pertumbuhan populasi dan meningkatnya aktivitas manusia mengancam konservasi berbagai spesies di Indonesia. Selain itu, nilai ekonomi satwa liar juga merupakan salah satu penyebab turunnya populasi satwa liar di alam liar. Permintaan di pasar terus meningkat, meningkatkan perburuan hewan liar di habitat aslinya.

Baca Juga : Ikan Gabus

Berbagai spesies herpetofauna seperti kura-kura, kura-kura, kadal, sabun, kadal, tokek dan ular sekarang menjadi barang ekspor yang berharga. Salah satu spesies ular yang menjadi barang ekspor Indonesia adalah ular Jawa atau sendok ular.

Ular sendok Jawa berasal dari keluarga Elapidae. Keluarga Elapidae terdiri dari 62 gen dengan 280 spesies dan dibagi menjadi dua subfamili, yaitu Elapinae dan Hydrophiinae.

Ular berbisa yang kuat di Indonesia milik keluarga Elapidae seperti Raja Cobra (Ophiophagus hannah), Ular Sendok Jawa (Naja sputatrix), Ular Weling (Bungarus candidus) dan Ular Chili Kecil (Calliophis intestinalis).

Ular Jawa hidup di atas permukaan tanah (terestrial) dan aktif pada malam hari (malam hari). Perampasan utama adalah mamalia kecil seperti tikus, katak, kadal dan ular lainnya. Ia puas dengan lokasi dekat lubang tempat tikus bersarang, dan akan muncul dari sarang ketika kondisinya hangat dan tenang. Diyakini bahwa salah satu penyebab ledakan hama tikus di sawah di Pulau Jawa adalah rendahnya populasi berbagai spesies ular.

Baca Juga :  Pengertian Administrasi Pendidikan

Ciri – Ciri Ular Sendok

1. Panjang Tubuh

Panjang tubuh hewan-hewan ini bervariasi antara 30 cm dan 600 cm. Unik adalah bahwa ukuran keluarga Elapidae dapat mencapai panjang 6 m, yaitu tipe raja kobra dan biasanya ovipar, tetapi ada juga yang ovovivipar. Khusus sendok ular, ia memiliki kemampuan untuk menyemprotkan hingga 2 meter lebar dan langsung di mata musuh atau predator (Pough et al., 1998). Tubuh hewan ini hampir bulat tetapi pipih di wajah; Bagian di sekitar leher dapat direntangkan seperti tudung jika terasa terancam.

2. Bentuk Kepala

Bentuk kepalanya lebih jorong, sedikit lebih besar dari lehernya dengan moncong bulat tumpul dan lubang hidung besar. Matanya berukuran sedang dengan pupil membulat. Sisik punggungnya halus. Lingkar tubuh tengah bervariasi antara 15 dan 23. Pola warnanya sangat bervariasi.

3. Berdasarkan Warna

Jenis dari Jawa memiliki warna kehitaman, kecoklatan atau kekuningan, dengan ular muda sering memiliki ligamen dan tambalan samping di leher mereka. Biasanya, tidak ada pola di bagian belakang tudung, tetapi jika ada pola yang menyerupai bentuk-V, sendok memiliki kaninus tipe Proteroglypha yang berada di wajah infralabial dengan neurotoksin. Racun ular ini juga memiliki beberapa jenis hemotoxins dan cardiotoxins.

Baca Juga : Budidaya Kroto

4. Bentuk Taring

Jenis gigi proteroglyph yang kaku tidak bisa dipindahkan, dan di depan taring ada lubang saluran untuk menyemprotkan kaleng. Ular seperti itu dari jenis gigi cukup mematikan, meskipun ukuran taringnya tidak sebesar yang dimiliki oleh solenoglyphs viper, tetapi kemampuan untuk menyuntikkan racun sangat kuat.

Penelitian sebelumnya di Australia menunjukkan bahwa spesies ular dari keluarga Elapidae adalah spesies ular berbisa terkuat. Dari 156 spesies ular darat di benua Australia, hingga 90 spesies (57,7%) ditemukan (Wilson dan Swan, 2003; Williams et al.) Sebagai pengekspor ular sendok Jawa, sejak 1984 Indonesia telah memasok 50.000 ke pasar udang dunia, bersama Thailand, Cina dan Malaysia. dan 120.000 per tahun (Soehartono, 1999).

Baca Juga :  Jenis - Jenis Majas

Java Spoon Snake terdaftar dalam Appendix II CITES atau dalam status Kepentingan Paling Rendah dari Daftar Merah IUCN. Ini berarti bahwa spesies ini saat ini tidak terancam punah, tetapi populasinya berisiko jika perdagangannya tidak dikontrol dengan ketat. Penggunaan kulit sebagai bahan industri, makanan, obat tradisional dan hewan peliharaan.

Manfaat Ular Sendok

Diyakini bahwa daging ular memiliki khasiat yang meningkatkan vitalitas tubuh. Spesies ini sering ditangkap di sawah dan dijual di restoran di berbagai kota besar. Budidaya sendok Jawa di penangkaran adalah upaya untuk melestarikan dan meminimalkan penyerapan hewan-hewan ini di alam liar.

Keganasan Bisa Ular Sendok

Bisa atau racun ular sendok merupakan salah satu yang terkuat dari jenisnya, dan mampu membunuh manusia. Ular sendok melumpuhkan mangsanya dengan menggigit dan menyuntikkan bisa neurotoksin pada hewan tangkapannya melalui taringnya. Bisa tersebut kemudian melumpuhkan saraf-saraf dan otot-otot si korban dalam waktu yang hanya beberapa menit saja.

Selain itu, ular sendok dapat melumpuhkan korbannya dengan menyemprotkan bisa ke matanya; namun tidak semua kobra dapat melakukan hal ini.

Kobra hanya menyerang manusia bila diserang terlebih dahulu atau merasa terancam. Selain itu, kadang mereka juga hanya menggigit tanpa menyuntikkan bisa. Maka tidak semua gigitan kobra pada manusia berakhir dengan kematian, bahkan cukup banyak persentase gigitan yang tidak menimbulkan gejala keracunan pada manusia.

Meski demikian, orang harus tetap berwaspada apabila tergigit ular ini, tetapi jangan panik. Yang terbaik, perlakukan luka gigitan dengan hati-hati tanpa membuat luka-luka baru di sekitarnya (misalnya untuk mencoba mengeluarkan racun).

Baca Juga : Mengenai Ulat Tikus

Jika mungkin, balutlah dengan cukup kuat (balut dengan tekanan) bagian anggota tubuh antara luka dengan jantung, untuk memperlambat –namun tidak menghentikan– aliran darah ke jantung. Usahakan korban tidak banyak bergerak, terutama pada anggota tubuh yang tergigit, agar peredaran darah tidak bertambah cepat. Kemudian bawalah si korban sesegera mungkin ke rumah sakit untuk memperoleh antibisa dan perawatan yang semestinya.

Baca Juga :  Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ)

Semburan bisa ular sendok, apabila mengenai mata, dapat mengakibatkan iritasi menengah dan menimbulkan rasa pedih yang hebat. Mencucinya bersih-bersih dengan air yang mengalir sesegera mungkin dapat membilas dan menghanyutkan bisa itu, mengurangi iritasi dan mencegah kerusakan yang lebih lanjut pada mata.

Kalimat Tunggal

Ika Evitasari
1 min read

Konjungsi Korelatif

Ika Evitasari
1 min read