Ubi Jalar

6 min read

Budidaya Ubi Jalar – Ada tiga jenis ubi jalar tumbuh di Indonesia dalam bahasa, yaitu manis putih, merah dan ungu. Ketiga jenis ubi jalar memiliki varietas unggul dengan produktivitas yang tinggi. Beberapa varietas ubi jalar yang populer adalah Cilembu, Ibaraki, Lampeneng, Georgia, Borobudur, Prambanan, Mendut dan Kalasan.

Apa Itu Ubi Jalar ?

ubi jalar

Ubi jalar adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang digunakan adalah akar yang membuat bawang dengan kandungan gizi tinggi. Umbi ubi jalar adalah sumber makanan penting di Afrika. Di Asia, selain umbinya, daun ubi jalar muda juga dibuat dari sayuran. Ada juga ubi jalar, yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.

Jenis – Jenis Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan tradisional yang kaya manfaat. Selain itu, ubi jalar juga tersedia dengan harga terjangkau dan dapat dicampur dengan makanan lain seperti kolak. Ubi jalar memiliki rasa yang lezat dan kaya akan karbohidrat. Mereka juga berwarna-warni dan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan. Berikut jenis ubi jalar

A. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu memiliki warna pulp kental dan berurat. Ubi jalar sangat manis dan lembut dan lebih cocok untuk membakar dan memasak daripada menggoreng. Ubi Cilembu juga kaya serat, antioksidan, mineral dan karbohidrat yang baik untuk program diet

B. Ubi jalar ungu

Sesuai namanya, ubi jalar berwarna ungu dari kulit luar hingga isinya. Ubi jalar ungu tidak hanya mengandung sumber karbohidrat dan protein tinggi tetapi juga vitamin A, C, B1 dan riboflavin. Ditambah zat besi, fosfor dan kalsium sehingga dapat dimakan dengan sangat baik untuk kesehatan Anda. Telah ditemukan bahwa zat antosianin yang disimpan dalam ubi ungu dapat mencegah gangguan fungsi hati, hipertensi dan kadar gula darah.

C. Ubi jalar oranye

Warna oranye ubi jalar disebabkan oleh adanya senyawa beta-karoten yang bertindak sebagai provitamin A. Kandungan beta-karoten dapat mencegah kanker, penuaan dini, penyakit jantung, stroke, katarak, kulit terbakar dan gangguan otot.

D. Ubi jalar putih

Ubi jalar putih memiliki rasa yang agak rapuh dan kaya akan nutrisi seperti protein, serat dalam bentuk pektin, hemiselulosa, selulosa, antioksidan, kalsium, kalium, magnesium dan berbagai vitamin. Jadi jangan heran jika konsumsi ubi putih meningkatkan pencernaan, mencegah diabetes, meningkatkan imunitas, dan meningkatkan kesehatan mata agar cocok untuk diet sehat.

E. Ubi jalar kuning

Kandungan nutrisi yang relatif tinggi dalam ubi jalar kuning adalah vitamin A. Sedangkan diet vitamin C mencakup 37 persen dari kebutuhan harian tubuh. Mengkonsumsi ubi kuning dari pembakaran sangat baik untuk menurunkan berat badan karena hanya mengandung 105 kalori. Selain itu, ubi jalar kuning mengandung kolin, yang meningkatkan penyerapan lemak dan menyehatkan sel-sel saraf otak, sehingga memori diperkuat.

Baca Juga :  Cara Budidaya Jamur Tiram

Manfaat Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung lebih dari 100% dari kebutuhan harian Anda akan Vitamin A serta serat dan kalium dalam kentang manis berukuran sedang. Ini memiliki lebih banyak gula alami daripada kentang, tetapi lebih sedikit kalori.Berikut Ini Lima Manfaat Ubi Jalar :

1. Mencegah Diabetes

Ubi jalar memiliki skala indeks glikemik (tingkat di mana makanan dikonversi menjadi gula darah), yang dianggap rendah, dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka juga dapat menurunkan gula darah dan resistensi insulin pada penderita diabetes. Serat dalam ubi juga membuat perbedaan besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang makan makanan tinggi serat memiliki kadar gula darah rendah. Orang dengan diabetes tipe 2 telah mengalami kemajuan dalam kadar gula darah, lipid dan insulin.

Ubi jalar sedang memiliki 6 gram serat. Pedoman diet untuk orang Amerika merekomendasikan bahwa wanita mengkonsumsi hingga 21-25 gram serat per hari dan pria hingga 30-38 gram serat per hari, yang kebanyakan orang tidak mencapainya.

2. Mengatasi Gula darah

Mempertahankan asupan natrium rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, tetapi meningkatkan asupan kalium sama pentingnya. Ubi jalar berukuran sedang mengandung 542 mg potasium. Menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, kurang dari 2% orang dewasa di AS mengonsumsi hingga 4.700 mg potasium per hari. Selain itu, asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan 20% risiko kematian karena alasan apa pun.

3. Mencegah Kanker

Ubi jalar oranye telah terbukti memiliki sifat karsinogenik. NIH juga melaporkan bahwa beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita premenopause dan kanker ovarium pada wanita pascamenopause. Namun, ubi jalar ungu mungkin lebih efektif melawan kanker daripada ubi jalar jeruk. “Ubi jalar ungu telah terbukti memiliki kemampuan yang lebih baik untuk melawan kanker, yang memiliki efek positif pada perkembangan sel kanker.

makanan kaya beta-karoten mungkin memainkan peran penting dalam kanker prostat pada pria muda. Juga telah ditunjukkan bahwa beta-karoten memiliki hubungan terbalik dengan perkembangan kanker usus besar pada populasi Jepang.

4. Menjaga Kekebalan dan anti-inflamasi

Karena warna pigmen vitamin, ubi memiliki efek anti-inflamasi yang tinggi. Ubi jalar mengandung sekitar setengah dari asupan vitamin C harian yang disarankan per hari. Vitamin A dan E juga mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan meningkatkan antioksidan untuk melawan penyakit. Sementara ubi jalar oranye mengandung lebih banyak vitamin A, ubi jalar ungu dipenuhi dengan anthocyanin antioksidan yang bertanggung jawab untuk memproduksi buah, sayuran, merah, biru dan ungu. Menurut Linus Pauling Institute, antioksidan yang terkait pigmen memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan juga membantu mengurangi penyakit radang.

Baca Juga :  Pestisida Organik

5. Menyehatkan jantung

Ubi jalar mengandung sumber vitamin B6 yang dapat menghancurkan homocysteine, zat yang berkontribusi pada pengerasan pembuluh darah dan arteri, menurut School of Public Health dari Universitas Harvard. Kandungan kalium dalam ubi jalar juga bermanfaat bagi jantung Anda karena dapat menurunkan tekanan darah dengan menjaga keseimbangan cairan, seperti yang dijelaskan oleh American Heart Association. Kalium juga merupakan elektrolit penting yang membantu mengatur detak jantung Anda.

6. Kaya Akan Vitamin

Menurut Jill Koury, MD, seorang dokter mata, kekurangan vitamin A menyebabkan segmen luar fotoreseptor mata memburuk dan merusak penglihatan normal. Mengambil beta-karoten sebagai pengganti kekurangan vitamin A dapat meningkatkan penglihatan. Selain itu, telah ditunjukkan bahwa antioksidan vitamin C dan E dalam ubi jalar mendukung kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif.

Panduan Budidaya Ubi Jalar

Budidaya ubi jalar cocok di daerah tropis yang panas dan lembab. Suhu ideal untuk tanaman ini adalah 28 ° C dengan presipitasi 2000 mm per tahun. Budidaya ubi membutuhkan sinar matahari tiap hari mantang mencapai produktivitas optimalnya ketika ditanam di dataran hingga ketinggian 750 meter di atas permukaan laut. Namun, tanaman ini masih bisa tumbuh dengan baik di ketinggian lebih dari 1500 meter, hanya saja waktu tanamnya lebih lama hingga panen.

1. Persiapan Biji Ubi Jalar

Budidaya benih dalam penanaman ubi jalar dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan metode generatif dan vegetatif. Pertama adalah penyebaran oleh bawang. Caranya adalah dengan memilih umbi yang baik dan sehat dan kemudian meninggalkannya di tempat yang lembab dan teduh sampai tunas keluar.

Tunas yang berasal dari umbi dipotong dan dapat dinaikkan. Metode generatif jarang digunakan dalam budidaya ubi jalar dalam skala besar. Metode ini digunakan untuk memperbanyak benih unggul sampai batas tertentu.

Cara kedua adalah perbanyakan vegetatif dengan mengetuk. Stok pemuliaan calon diambil dari tanaman dengan usia dua bulan dengan segmen pendek. Caranya, potong batang tanaman sekitar 15-25 inci panjangnya. Setidaknya ada dua segmen batang dalam setiap potongan. Potong beberapa daun untuk mengurangi penguapan. Ikat batang yang diperiksa bersama-sama dan biarkan di tempat teduh selama seminggu.

Perbanyakan stek terus menerus mengurangi kualitas tanaman. Karena itu, perbanyakan dengan setek direkomendasikan hanya untuk 3-5 generasi

2. Persiapkan Lahan Untuk Menanam Ubi Jalar ( Mantang )

Keadaan lahan yang pantas untuk penanaman ubi jalar/mantang termasuk lempung berpasir, tanah gembur, kandungan nutrisi tinggi dan drainase yang baik. Budidaya ubi jalar di tanah kering dan retak mengurangi imunitas tanaman. Tanaman dapat dengan mudah terserang hama dan penyakit. Sebaliknya, ketika ditanam di tempat berlumpur atau lembab, umbinya terhambat, memiliki kandungan serat yang tinggi, mudah busuk dan membentuk benjolan.

Keasaman tanah yang ideal untuk budidaya ubi jalar adalah pH 5,5 hingga 7,5. Tanaman ini tumbuh dengan baik di lahan kering atau bekas sawah. Di daerah kering, budidaya ubi jalar pada akhir musim hujan sangat cocok. Sementara sawah lebih cocok di musim kemarau.

Baca Juga :  Kopi Coklat

Budidaya ubi jalar tidak membutuhkan banyak pupuk. Apalagi saat ditanam di bekas sawah. Sebelum menanam ubi, tanah harus dibajak atau dicacah agar larut. Kemudian bentuk tempat tidur dengan ketinggian 30-40 cm. Buat lebar 60-100 cm dengan jarak antar tempat tidur 40-60 cm. Panjang tempat tidur mengikuti bentuk negara.

Baca Juga : Budidaya Ikan Gurame

Untuk budidaya organik ubi jalar, gunakan pupuk dasar dalam bentuk pupuk kandang atau kompos. Kotoran yang baik adalah campuran ayam dan sapi yang dimasak atau kotoran kambing. Campur pupuk saat membuat bedengan 20 ton per hektar.

3. Menanam Mantang/Ubi Jalar

Ubi jalar ditanam dengan mencelupkan 2/3 stek ke tanah. Di tempat tidur ada dua baris tanaman. Jarak antara tanaman dalam satu baris adalah 30 cm dan jarak antara baris adalah 50 cm. Satu hektar lahan membutuhkan sekitar 36.000 batang.

Pada awal pertumbuhan, cobalah untuk menjaga kelembaban tanah. Siram setek yang baru ditanam setiap pagi dan sore. Tuang dapat dihentikan setelah tanaman tumbuh, yang ditandai dengan pelepasan daun baru.

4. Perawatan Serta Pemeliharaan

Tanaman ubi jalar adalah tanaman tahan kekeringan. Intensitas hujan setiap dua minggu sudah cukup untuk menyerap air. Jadi relatif tidak memerlukan irigasi terus menerus.

Setelah usia mantang 2-3 minggu saat penanaman, periksa seluruh tanaman. Jika ada tanaman yang tidak tumbuh, segera tanam dengan tanaman baru. Transplantasi dilakukan dengan mencabut tanaman mati dan menggantinya dengan stek batang baru.

Pada umur 4 minggu setelah tanam, sobek tanah kiri dan kanan tanaman, jari-jari 10 tanaman. Akibatnya, akar tanaman tidak menyebar ke mana-mana, sehingga umbi berkonsentrasi di jalur tanaman. Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan penyiangan. Artikel Lain nya : Kutu Air

6-8 minggu setelah tanam, tanah yang dibuang ditutup kembali, sementara akarnya, yang menyebar keluar dari jalur tanam, dibersihkan. Kegiatan membersihkan akar ini penting karena umbi yang dihasilkan tidak menjadi terlalu besar karena menyebar di mana-mana. Jika root tidak disiplin, umbinya bisa banyak tetapi kecil.

5. Masa Memanen Budidaya Ubi Jalar

Ubi jalar dapat dipanen pada usia 3,5-4 bulan. Perhatikan cuaca sebelum panen atau umur tanaman lebih dari 3 bulan. Umbi yang dipanen tiba-tiba dilanda hujan deras yang biasanya membusuk. Ini dilakukan dalam budidaya ubi jalar, yang dilakukan di musim kemarau. Ketika ini terjadi, segera menuai, tidak lebih dari 7 hari setelah hujan.

Baca juga : Cara Budidaya Jamur Tiram

Panen dianggap berhasil jika setiap benih yang ditanam menghasilkan setidaknya 1 kg umbi. Secara umum, tanaman ubi jalar yang baik yang tidak terserang hama menghasilkan umbi lebih dari 25 ton per hektar. Bahkan dalam varietas ubi jalar tertentu, seperti Kalasan, hingga 30-40 ton dapat diproduksi per hektar.

Terimaksih Telah Setia Bersama Kami dan di pembahasan kali ni mengenai budidaya ubi jalar selamat mencoba dan semoga berhasil agar dapat menikmati manfaat nya.

Ikan Kakap

Pak Guru
3 min read

Kopi Coklat

Pak Guru
5 min read

Kopi Robusta

Pak Guru
3 min read