Teknologi One Time Password (OTP)

2 min read

Teknologi One Time Password (OTP) – Kata sandi tambahan selain nama pengguna dan kata sandi masuk yang biasa. Kata sandi yang hanya digunakan satu kali biasanya dikaitkan dengan perangkat yang dimiliki oleh seseorang.

Daftar Isi :

Apa itu one Time Password?

One Time Password (OTP)

One Time Password adalah sebagai tambahan dari kata sandi dan nama pengguna yang akan login. Kata sandi yang hanya digunakan satu kali biasanya dikaitkan dengan perangkat yang dimiliki oleh seseorang, seperti perangkat yang khusus atau ponsel.

Contohnya token yang terlihat seperti sebuah kalkulator. Perangkat akan mengambil PIN atau kata sandi yang hanya dapat digunakan setelah masuk. Teknologi dapat memberikan keamanan tambahan untuk mencegah pencurian sebuah informasi pengguna dan kata sandi.

Baca Juga : Pengertian Power Supply

Teknologi-One-Time-Password-OTP-1

One-time password harus berupa kata sandi acak, sehingga sulit ditebak dengan orang lain. Manfaat kata sandi ialah dapat pencegahan dan penyalahgunaan nama pengguna dan kata sandi, yang biasanya statis.

Dengan menambahkan kata sandi satu kali ini, login tidak dapat disalin oleh orang lain. Manfaat ini berarti penerimaan yang berhasil atas nama pengguna dan kata sandi tidak dapat digunakan karena harus memasukkan kata sandi satu kali yang berbeda.

Manfaat Kode OTP

Kode OTP mempunyai banyak keunggulan, ialah:

1. Memproses dan menyetujui transaksi internet Banking
Ketika akan menggunakan sebuah internet banking dan kemudian melakukan sebuah transaksi seperti transfer uang, kode verifikasi biasanya akan dikirimkan pada nomor ponsel.

Kode tersebut ialah sebuah kode yang sangat rahasia, hanya valid untuk penggunaan tunggal dan pada batas waktu. Tanpa kode OTP bank, sebuah transaksi terhadap internet banking tidak bisa untuk diproses.

Baca Juga :  Pengertian Software

2. Mengubah Password Akun yang Lupa
Ketika akan menggunakan sebuah platform toko online misalnya Shoppe atau Lazada, termasuk WhatsApp dan akun media sosial Telegram, biasanya dimungkinkan sebagai melupakan kata sandi yang memungkinkan pengguna untuk mengubah kata sandi akun ketika akan tidak lagi untuk disimpan.

Termasuk, ketika kita mengakses pada sebuah aplikasi dengan perangkat seluler lain, sistem biasanya akan memproses verifikasi kode OTP sebagai mengonfirmasi akan login yang dapat dilakukan melalui perangkat seluler lain memang merupakan pemegang akun asli.

Baca Juga : Pengertian Sistem Operasi

3. Mengganti Akun Bank Pada Website Toko Online
Ketika akan menjalankan menjual produk dan bisnis online secara online di salah satu toko online Indonesia misalnya Bukalapak, Lazada, Shoppe, dan lain-lain. Kode OTP kemudian sangat berguna untuk mengelola data pembayaran untuk bank pada Platfrom toko online yang akan digunakan.

Secara umum, ketika produk akan dijual secara online melalui shopee, Lazada, bukalapak, atau toko online lainnya yang akan menggunakan sebuah fitur akun bersama. Uang pembelian disimpan dalam dompet digital pada toko online yang akan digunakan.

Uang hasil penjualan biasanya dapat dikumpulkan dan kemudian dibayarkan terhadap rekening bank yang dimiliki. Pada pandangan pertama, tidak ada masalah dengan jalur transaksi, tetapi jika kita ingin mengubah rekening bank di toko online, proses validasi biasanya dapat dilakukan dengan kode OTP yang telah dikirim ke nomor ponsel.

Jika aktivitas tersebut dapat digunakan dengan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, tanyakan kode OTP dan teruskan. Kemudian akses akun termasuk perubahan daftar bank dapat disalah gunakan. Dalam hal ini, uang dari penjualan akan ditransfer oleh rekening bank orang yang akan melakukan kejahatan.

Baca Juga :  Sejarah Jaringan Komputer

Jadi, jika akan menerima panggilan dari orang yang tidak dikenal dan meengaku berasal dari bank, telegram, toko online, atau dari platform digital lain yang dapat digunakan, segera minta kode unik yang terpasang pada ponsel oleh nomor yang akan dikirim, maka jangan lakukan ini. Kode diberikan dari waktu ke waktu.

Kode ini ialah kode OTP yang kerahasiaannya dilindungi sangat ketat. Pihak berwenang seperti bank dan berbagai platform lainnya telah mengingatkan pada setiap pengguna agar tidak memberikan kode kepada seseorang yang menelepon dan mengklaim dari pihak tersebut.

Baca Juga : Pengertian Hardware

Karena bank dan beberapa orang dekat. Misalnya, mereka yang mempunyai platform digital yang dapat digunakan dan tidak akan pernah meminta sebuah kode OTP kepada penggunanya.

Demikian artikel yang dapat kami sampikan yaitu mengenai Teknologi One Time Password (OTP). semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Pengertian Lisensi

Ika Evitasari
1 min read

Sejarah CPU

Ika Evitasari
2 min read

Pengertian VGA Card

Ika Evitasari
2 min read