Teknologi Layanan Jaringan

2 min read

Didalam artikel ini akan membahas tentang macam-macam teknologi layanan jaringan. Ingin tau kelanjuatannya? Yuk simak artikel dibawah ini.

Layanan Jaringan

Layanan Jaringan

Teknologi Layanan Jaringan – Telekomunikasi telah dikembangkan untuk melayani berbagai pengguna menggunakan berbagai perangkat dari berbagai produsen.

Untuk merencanakan dan membangun jaringan secara efektif, kita memerlukan standar yang memastikan ekonomi interoperabilitas, kompatibilitas, dan kinerja. Standar terbuka diperlukan untuk memungkinkan interkoneksi sistem, peralatan, dan jaringan operator yang berbeda.

Baca Juga : Topologi Jaringan Komputer Dan Jenisnya

Dalam layanan jaringan terbagi menjadi 3, diantaranya adalah:

1. Voip (Voice Over Internet Protocol)

Voip (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi yang memungkinkan panggilan suara jarak jauh melalui media Internet. Data suara dikonversi menjadi kode digital dan mengalir melalui jaringan yang mengirim paket data, bukan melalui saluran telepon analog normal.

Dalam komunikasi VOIP, pengguna membangun koneksi telepon melalui terminal dalam bentuk PC atau telepon biasa. Dalam percakapan telepon melalui VOIP, banyak manfaat dalam hal biaya jauh lebih murah daripada dengan tarif telepon tradisional karena pada sebuah jaringan IP mempunyai sifat global.

Fungsi VOIP

  • Pemberian Sinyal
    Pensinyalan berfungsi untuk menangkap jaringan yang dimaksud sehingga pesan atau percakapan dapat diinisialisasi (dikirim).
  • Layanan Basis Data
    Layanan basis data adalah salah satu fungsi VOIP dalam menentukan tujuan akhir yang akan ditangani, serta penerjemah alamat yang biasanya digunakan pada dua jaringan yang berbeda.
  • Panggilan Koneksi (Kontrol Pembawa)
    Dengan Bearer Control, penerima panggilan dapat memutuskan atau menerima panggilan.
  • Operasi Codec
    Berguna sebagai encoder atau decoder ketika mengkonversi atau mentransfer suara ke sinyal digital atau paket data atau sebaliknya.
Baca Juga :  Jenis-Jenis Jaringan Komputer

2. Firewall (Teknologi Layanan Jaringan)

Firewall merupakan dinding yang tidak dapat mudah terbakar yang akan mencegah kebakaran menyebar ke seluruh bangunan. Misalnya rumah, mempunyai sebuah firewall antara ada sebuah garasi dari rumah sebagai mencegah terjadinya kebakaran yang mengancam garasi dari kamar lain.

Dengan firewall dapat menjadi populer pada sebuah internet, firewall ialah secara lebih umum dapat digunakan pada sebuah jaringan komputer. Seperti firewall yang digunakan pada sebuah bangunan dan rumah, firewall pada komputer yang dapat bertindak untuk penghalang antara komputer dalam sebuah jaringan. Bagi perusahaan dengan jaringan komputer atau sebagai membentuk individu pada sebuah jaringan koneksi yang permanen pada internet (seperti melalui kabel atau DSL), firewall sangat begitu penting.

Fungsi Firewall

  • Kontrol dan pemantauan paket data yang mengalir di jaringan Compiter.
  • Otentikasi akses.
  • Aplikasi firewall proksi dapat memverifikasi lebih dari sekadar tajuk paket data.
  • Catat setiap peristiwa transaksi yang telah terjadi di firewall.

3. Subscriber Internet Telepon

Pengertian subcriber adalah data digital yang disalurkan melalui kabel yang digunakan di dekat jaringan telepon lokal. Tergantung pada teknologi DSL, kecepatan unduh DSL biasanya berkisar dari 128 kb / d hingga 24.000 kb / d. Kecepatan unggah DSL lebih rendah dari versi ADSL dan sama untuk SDSL.

Baca Juga : Administrasi Infrastruktur Jaringan

ADSL mampu mentransmisikan data pada bitrate tinggi 1,5 Mbps hingga 8 Mbps untuk downstream (pelanggan terpusat) dan 16 Kbps hingga 640 Kbps upstream (pelanggan terpusat). Dengan fungsi transfer ADSL ini, layanan multimedia interaktif dapat dikirim melalui jaringan akses tembaga. ADSL sendiri milik “keluarga DSL”. Teknologi X-DSL sendiri memiliki beragam variasi.

4. Standar Internet

Standar Internet (STD) adalah spesifikasi normatif teknologi atau metode yang berlaku untuk Internet. Standar Internet dibuat dan diterbitkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF).

Baca Juga :  OS Jaringan TUI

Standar Internet Permintaan Khusus untuk Komentar (RFC) atau RFC Sets. RFC yang menjadi standar atau bagian dari standar mulai sebagai konsep Internet dan kemudian diterima (biasanya setelah beberapa revisi) sebagai RFC oleh Editor RFC dan diterbitkan dan disebut sebagai Usulan Standar. Maka RFC dapat disebut standar Internet. Secara keseluruhan, fase ini disebut trek standar dan didefinisikan dalam RFC 2026 dan RFC 6410. Label historis diterapkan pada dokumen standar Track RFC yang ditinggalkan atau kedaluwarsa sebelum trek default disiapkan.

Baca Juga : Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

5. Bandwidth

Bandwidth adalah nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit / detik atau, lebih umum, sebagai bit / detik (bps) antara server dan klien dalam waktu tertentu.

Fungsi bandwidth

Adalah perhitungan transaksi data. Bandwidth komputer Dalam jaringan komputer, bandwidth ini sering digunakan sebagai sinonim untuk laju transmisi data. Ini adalah jumlah data yang dapat ditransfer dari satu titik ke titik lain dalam jumlah waktu tertentu (biasanya dalam detik). Bandwidth dalam jaringan komputer umumnya diukur dalam bit per detik (bps).

Demikian penjelasan dari artikel yaitu tentang Teknologi Layanan Jaringan, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk mengetahui teknologi layanan jaringan.

Pengertian Hardware

Ika Evitasari
4 min read

Pengertian Software

Ika Evitasari
2 min read