Sistem Operasi Windows Phone

3 min read

Sistem Operasi Windows Phone dan sejarahnya lengkap disertai gambar agar mudah dipahami oleh pembaca yang pemula sekalipun

Windows Phone – Adalah sebuah sistem operasi seluler dari Microsoft yang telah gagal meskipun fitur inovatif di market. Yuk… Ikuti artikel dibawah ini untuk dapat informasi lebih lanjut.

Windows Phone

phone

Windows phone merupakan keluarga sebuah sistem operasi seluler yang dapat dikembangkan oleh Microsoft yaitu pengganti sebagai platform Windows Mobile, meskipun tidak lagi kompatibel. Windows Phone menargetkan pasar konsumen, bukan perusahaan. Sistem operasi ini pertama kali dikenal pada Oktober 2010 dan di Asia pada awal 2011.

Dengan Windows Phone, Microsoft telah menciptakan antarmuka pengguna baru dengan bahasa desain Modern Style UI. Selain itu, perangkat lunak ini terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga dan berbagai layanan Microsoft, dan menetapkan persyaratan perangkat keras minimum yang digunakan SO ini.

Sistem Operasi Windows Phone

Sistem-Operasi-Windows-Phone

Sistem Operasi Windows Phone merupakan dapat ditujukan untuk pasar konsumen melalui perusahaan. Sistem operasi ini pertama kali diperkenalkan di Asia pada Oktober 2010 dan awal 2011.

Baca Juga : Cara Mempercepat Jaringan Wi-Fi

Dengan Windows Phone, Microsoft telah menciptakan antarmuka pengguna baru dengan bahasa desain Modern Style UI. Selain itu, perangkat lunak ini terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga dan berbagai layanan Microsoft, dan menetapkan persyaratan perangkat keras minimum untuk sistem operasi ini.

Sejarah Windows Phone

  • Windows Phone 7
    Versi pertama dari sistem operasi Windows Phone diumumkan pada awal 2010 di bulan kedua. Berbagai sanjungan, pujian, dan bahkan kritik terhadap pemain baru di pasar untuk sistem operasi seluler.

    Setelah pengumuman itu didistribusikan ke semua media dan seluruh dunia, sistem operasi ini datang pada akhir November 2010 tepatnya pada bulan November dengan Nokia sebagai mitra di pasar.
  • Windows Phone 7.5
    Setelah beberapa bulan meluncurkan versi pertama game, pembaruan OS Windows Phone diperkenalkan pada Mei 2011. Pembaruan pertama sistem operasi Microsoft ini telah membawa beberapa perubahan, terutama dengan penggunaan aplikasi dan penambahan browser utama Microsoft, Internet Explorer 9 sudah terintegrasi ke dalam layanan media sosial seperti Twitter dan akses Windows Live SkyDrive.
  • Windows Phone 7.5
    Varian sistem operasi Windows Phone yang dijelaskan di bawah ini disebut sebagai kode Tango dengan nomor versi yang sama seperti sebelumnya. Namun, versi OS ini memerlukan persyaratan perangkat keras yang lebih tinggi dari pada versi sebelumnya, yang menurunkan harga untuk ponsel WP Mango.
  • Windows Phone 7.8
    Sebelum membuat perkembangan signifikan pada sistem operasi Windows Phone (Windows Phone 8), Microsoft meluangkan waktu untuk memperbarui WP 7.5 ke WP 7.8, yang masih menjadi topik hangat saat itu. UI diubah dalam versi Tile Width dan Medium yang lebih lama, dan sekarang lebih beragam dalam ukuran yang lebih kecil.
  • Windows Phone 8
    Dengan dirilisnya sistem operasi Windows Phone 8, itu dapat menggantikan arsitektur Windows CE di kernel Windows NT sehingga aplikasi dapat dengan mudah dikirim dari Windows 8 ke smartphone Windows Phone 8 yang sebelumnya memiliki aplikasi Zune di versi sebelumnya.

    Windows Phone 8 akan terus mendukung dari Windows Phone 8 pertama hingga versi terbaru, karena Microsoft sekarang berfokus pada WP 8. Oleh karena itu, mereka akan menghentikan dukungan mereka untuk WP 7.8 dan lebih rendah untuk menggantikan peran WP versi OS tunggal. 8.
  • Windows Phone 8.1
    Versi terbaru dan saat ini dibahas belum diketahui bagaimana tampilan atau spesifikasi dan fungsi berasal dari sumber tepercaya. Hanya di Internet ada banyak konsep yang membuktikan ukuran WP 8.1.
Baca Juga :  Jaringan Peer To Peer

Kelebihan Windows Phone

  • Aplikasi Khusus
    Beberapa aplikasi khusus seperti XBOX hanya akan dapat anda dapatkan pada Windows Phone. Jadi jika anda penggemar game-game XBOX, anda akan merasa dimanjakan ketika menggunakan smartphone Lumia dengan os Windows Phone. Selain itu masih ada beberapa aplikasi lain yang hanya bisa anda dapatkan dari Lumia, seperti Lumia panorama dan Lumia Selfie.
  • Booting Lebih Cepat
    Dibandingkan dengan perangkat Android atau iOS, waktu yang diperlukan untuk menghidupkan Windows Phone relative lebih cepat. Waktu booting Windows Phone hanya sekitar 8 detik, sedangkan IOS atau Android memerlukan waktu sekitar 30 detik untuk booting.
  • Built In Microsoft Office
    Microsoft Office merupakan aplikasi editing kata dan angka yang sudah sangat umum dipakai. Memang anda juga bisa mendapatkannya pada android, namun pada Windows Phone, aplikasi tersebut ialah sebuah aplikasi builtin, tidak seperti sebuah bawaan aplikasi. Hingga dalam sebuah penggunaan beserta fitur-fitur yang mempunyai tentu akan lebih kaya, lebih baik, dan lebih responsif.

Baca Juga : Jaringan MAN

  • Hemat daya
    Meskipun menggunakan interface Lives Tiles yang dinamis, Windows Phone tetap hemat daya. Fitur battery saver yang dimiliki Windows Phone juga lebih efisien dari pada fitur serupa pada android. Fitur ini secara otomatis akan mematikan aplikasi dan bacground yang tidak digunakan.
  • Fitur Live Lock Screen
    Dapat melakukan kustomisasi pada Lock Screen atau tombol kunci Windows Phone 8.1 keatas. Memang anda juga bisa melakukannya pada Android, tapi terbatas pada beberapa aplikasi saja.
  • Fitur Cortana
    Cortana merupakan virtual assistant yang hanya anda temui pada Windows Phone. Mungkin cukup familiar dengan Google Now dari Android atau Siri dari IOS. Siri atau Google Now akan dapat menjawab sebuah perintah suara dengan memberikan sebuah mesin pencari atau hasil penelusuran, namun Cortana akan memberikan jawaban secara langsung secara akurat dari perintah suara.
  • Fitur Hub Sosial
    Sama seperti Cortana, hanya mendapatkan fitur tersebut pada sebuah Windows Phone. Dengan fitur Hub sosial tersebut, dapat mengirim email melakukan panggilan, dan melihat pembaruan sosial (facebook, linkendIn, twitter) orang-orang yang ada dalam daftar kontak.
  • Keamanan Lebih Baik
    Karena sifatnya yang tidak open source seperti android, keamanan Windows Phone lebih terjamin. Tidak rentan disisipi malware. Keamanan sebuah sistem Operasi Windows Phone tersebut sangat baik. Sampai saat ini Windows Phone di klaim sebagai smartphone dengan keamanan terbaik.
  • Tampilan Live Tiles
    Windows Phone menggunakan interface Lives Tiles yang menjadi ciri khasnya. Tampilan Lives tiles yang berupa sebuah jenis kotak-kotak yang terdalam nya berupa sebuah informasi aplikasi yang dapat digunakan untuk homescreen Windows Phone informatif, tampak dinamis.
  • User Interface Unik
    Windows Phone mempunyai User Interface yang berbeda dibandingkan android atau IOS (UI Android mirip dengan IOS). Tampilan antar muka Windows Phone simple namun nyaman digunakan.
Baca Juga :  Jaringan Peer To Peer

Demikian artikel yang dapat kami buat. Semoga bermanfaat untuk Anda.