Sistem Operasi Linux

2 min read

Sistem Operasi Linux – di dalam sistem operasi linux, terdapat sejarah kelebihan, kekurangan, dan terdapat juga macam-macamnya. Dalam artikel ini, akan membahas secara ringkas. Maka ikutilah artikel sebagai berikut.

Pengertian Linux

Linux

Linux – merupakan perangkat lunak sebuah sistem operasi open source gratis yang didistribusikan di bawah lisensi GNU. Linux adalah turunan dari Unix dan dapat berjalan di berbagai perangkat keras komputer dari x86 hingga RISC.

Dengan lisensi GNU (GNU Not Unix) dapat mengunduh sebuah program bersama dengan kode sumber (source code). Selain itu, Anda memiliki hak untuk menyalin sebanyak yang Anda suka, atau bahkan mengubah kode sumber. Meskipun lisensi GNU gratis, lisensi ini memungkinkan mereka yang ingin mengenakan biaya untuk menyalin atau mengirim program.

Baca Juga : Sistem Operasi Mac OS

Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi Linux

Di dalam sistem operasi Linux , terdapat kelebihan kekurangan dan macam-macamnya. Berikut adalah penjelsanan nya.

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Kelebihan Sistem Operasi linux

  • Mempunyai open source, gratis dan terbuka. Jadi tidak perlu membayar dapat mendapatkannya. LISENSI-GRATIS dan dapat diubah sesuai keinginan.
  • Memberikan keamanan yang unggul karena dirancang untuk multi-pengguna, sehingga sangat sulit untuk ditransfer ke pengguna lain ketika virus menyerang pengguna tertentu.
  • Sudah ada aplikasi Linux yang dikembangkan oleh komunitas Linux, atau perangkat lunak emulator dapat digunakan.
  • Linux sekarang mudah digunakan. Jika pengguna Linux pertama sama dengan peretas, sekarang digunakan oleh banyak orang awam.
  • Linux dapat dijalankan dalam dua mode.
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, crash atau crash mungkin terjadi yang memerlukan komputer restart karena Linux lebih stabil.
  • Mempunyai komunitas di berbagai belahan dunia.
  • Cocok untuk PC dengan persyaratan minimum, karena Linux membutuhkan sumber daya yang lebih sedikit daripada Windows.
  • Ada beberapa opsi seperti Ubuntu, Opensuse, Mandriva, Fedora, Debian, Centos, Redhat, dan sebagainya.
Baca Juga :  Administrasi Text

Baca Juga : Pengertian Windows

Kekurangan Sistem Operasi Linux

  • Dalam aplikasi pada Linux tidak seefektif dari sebuah aplikasi Windows.
  • Struktur pada direktori dan hak akses membingungkan bagi pengguna yang terbiasa menggunakan Windows.
  • Untuk administrator sebuah sistem yang tidak terbiasa dengan Unix-like.
  • Banyak pengguna tidak terbiasa dengan Linux.
  • Dukungan perangkat keras dari vendor tertentu yang tidak terlalu bagus di Linux.
  • Proses instalasi tidak semudah dengan Windows.

Macam Jenis Sistem Operasi Linux

  • Red Hat Linux
    RedHat Linux ialah salah satu sistem operasi GNU atau Linux yang relatif lama dan menawarkan kenyamanan, mode tampilan sepenuhnya grafis dari instalasi, dan operasi yang ramah pengguna.

    Rilis terbaru Red Hat adalah distribusi RedHat Linux 9.0. Versi stabil ini memperbaiki dan meningkatkan administrasi sistem, yang dilengkapi dengan manajer desktop terbaru seperti KDE 3.1 dan GNOME 2.2 serta aplikasi terbaru seperti grafis GIMP 1.2.3, KOffice, Open Office, Diagram dan Multimedia Player.
  • Debian Linux
    Debian ialah jenis berbagai sistem operasi Linux yang telah ada sejak tahun 1999, dan yang telah dikembangkan secara teratur dalam versi 8 setiap tahun hingga sekarang.

    Tipe Linux ini tidak cocok untuk penggunaan pribadi karena fungsinya lebih cocok untuk server dan sistem komputer administrasi.
  • Ubuntu Linux
    Ubuntu ialah sejenis sistem operasi Linux yang pada dasarnya dikembangkan oleh Debian. Perbedaannya adalah bahwa sistem operasi Ubuntu tidak hanya dapat digunakan pada komputer server dan administrasi, tetapi juga cocok untuk digunakan pada komputer pribadi atau komputer pribadi.

    Sejak itu, Canonical telah merilis versi baru Ubuntu setiap 6 bulan. Setiap versi didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan bug. Setiap 2 tahun (versi xx.04 dengan angka x genap) mendapatkan Dukungan Jangka Panjang (LTS), 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server.
  • Linux Mint
    Jika Ubuntu adalah pengembangan dari Debian, Linux Mint mungkin adalah cucu dari Debian, karena itu dikembangkan berdasarkan Ubuntu. Sistem operasi Linux Mint dikembangkan untuk penggunaan pribadi atau pribadi (PC) dan dibagi menjadi dua varian, yaitu CINNAMON dan MATE.

    Cinnamon merupakan Linux Mint yang lebih modern dari pada Linux MATE, tetapi kerugiannya sangat kurang stabil dari pada Linux MATE. Linux Cinnamon tidak mendukung kartu grafis pada beberapa komputer atau laptop.
  • Fedora Linux
    Fedora ialah distribusi Linux yang berbasis RPM yang dikembangkan oleh proyek Fedora, didukung oleh komunitas pemrograman dan disponsori oleh Red Hat. Versi terbaru yakni Fedora 24.

    Manfaat dari segi platform dan aplikasi, meliputi versi ‘Glitch-Free’ sebagai Pulse Audio, PackageKit Framework, sistem Security, Audit dan Intrusion Detection Sectool.
  • SUSE Linux
    SUSE Linux ialah yang paling tertarik dan digunakan di sebagian besar negara Eropa. Meskipun banyak digunakan oleh beberapa orang Eropa di sana. Desain yang lebih baru dan administrasi yang mudah membuatnya berharga untuk Linux.

    Sistem SUSE Linux juga dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa yang digunakan dalam sistem operasi ini.
  • CentOS Linux
    CentOS ialah sebuah sistem operasi perusahaan yang dibuat dengan kerangka kerja Linux. CentOS pertama kali dirilis pada tahun 2004 dan merupakan salah satu yang terbesar dan paling populer di kalangan pengguna Linux. CentOS dapat digunakan dan dikembangkan secara gratis, sistem operasi CentOS tidak ditujukan untuk pemula.

    CentOS ditujukan sebagai pengguna server yang mempunyai lebih banyak pengetahuan, kemampuan untuk menggunakan Linux, dan pengguna yang mampu memprogram komputer dan mengetahui sistem dan aplikasi yang sedang berjalan.
  • Slackware Linux
    Slackware ialah yang tertua dibandingkan pada Linux lain yang dikembangkan oleh Patrick Volkerding. Slackware awalnya proyek pribadi, dan tidak dianggap serius, Patrick menyebut proyek ini “slack” Gereja SubGenius, yang berarti situasi seseorang menggunakan energi sedikit untuk mungkin hidup.
Baca Juga :  Topologi Jaringan Komputer

Demikian artiekl yang dapat kami sampaikan, yaitu tentang Sistem Operasi Linux. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sistem Operasi DOS

Ika Evitasari
2 min read

Pengertian Lisensi

Ika Evitasari
1 min read