Sistem Operasi Google Chrome

3 min read

Google Chrome – Dapat menjadi media yang efektif sebagai kegiatan sosial. Banyak hal yang dapat digunakan dari Google Chrome. Google mempunyai banyak kelebihan.

Pengertian Google Chrome

Google-Chrome

Google Chrome merupakan aplikasi peramban yang memungkinkan untuk menjelajahi dunia maya misalnya Opera atau Microsoft Edge dan Firefox. Ketika Firefox dikembangkan oleh Mozilla, Google Chrome dibuat dan dikembangkan oleh Google, perusahaan Internet terbesar di dunia yang mempunyai Android.

Baca Juga : Sistem Operasi UNIX

Proyek sumber terbuka Chromium, yang disebut Chromium, menggunakan mesin render webkit hingga versi 27 dan dirancang sebagai bekerja pada kecepatan di atas rata-rata sambil tetap cerah di desktop dan perangkat seluler.

Sistem Operasi Google Chrome

Sistem-Operasi-Google-Chrome

Chrome OS merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google Inc. dan dirilis pada 2010 untuk versi stabil. Hanya bekerja dengan aplikasi web dari sistem operasi.

Sistem operasi ini hanya dapat berjalan di Hadware, yang secara khusus dikembangkan oleh perusahaan Google, dan dapat digunakan di Chrome Book, yang telah dirilis oleh beberapa merek Netbok terkenal seperti ASUS, DELL, ACER dan banyak lainnya.

Sejarah Google Chrome

Google Chrome dirilis pada 2 September 2008, empat tahun setelah berita pertama tentang pengembangan sebuah aplikasi browser dari Google mulai dikenal. Dalam rilis pertama ini, Google akan terus menggunakan mesin render webkit dan hanya tersedia sebagai perangkat Windows XP. Setelah beberapa bulan dalam fase beta, Google Chrome secara resmi dirilis pada 11 Desember 2008.

Tidak butuh waktu lama bagi Chrome sebagaai menarik perhatian publik, dan pada awal peluncurannya, Chrome menyumbang 1% dari browser global, tetapi turun menjadi 0,69% pada Oktober 2008. Pada Desember 2008, pengguna Chrome berbagi lagi 1%.

Baca Juga :  Administrasi Text

Berhasil di Windows, Google segera mengembangkan versi OSX, yang dimulai pada awal 2009, dan versi pratinjau pengembang dirilis pada 4 Juni di tahun yang sama. Hanya pada akhir 2009, Google membawa versi Chrome OS X dari fase pratinjau ke versi beta, juga untuk versi Linux. Setahun kemudian, pada 25 Mei 2010, Google akhirnya merilis rilis stabil yang mendukung semua platform desktop.

Baca Juga : Sistem Operasi Linux

Debut sempurna dan kinerja sempurna membuat Chrome begitu populer sehingga bahkan pada Desember 2015 StatCounter memperkirakan bahwa aplikasi browser diadopsi oleh 58% pengguna desktop. Chrome memiliki banyak penggemar tidak hanya di platform desktop, tetapi juga di sektor seluler. Dikombinasikan dengan semua platform yang didukung, Chrome memegang 45% pangsa pasar global. Karena popularitasnya, Google bahkan berhasil memperluas jangkauan Chrome ke area lain dalam bentuk Chromecast dan Chrome OS.

Chrome akan berada di platform Android seluler pada 7 Februari 2012, diikuti iOS pada 26 Juni di tahun yang sama. Pada bulan Juni Google membawa Chrome di Windows 8.

Manfaat Dari Chrome OS

  • Hanya Butuh Beberapa Detik Untuk Boot
    Sistem operasi ini hanya perlu beberapa detik untuk memulai atau mematikan. Sebenarnya, itu tidak terlalu mengesankan karena Chrome OS sangat sederhana sehingga berjalan lancar tanpa penundaan.

    Booting pada sistem operasi ini sangat cepat, seperti menyalakan TV. Karena Chrome OS ini tidak memiliki penundaan startup yang lama dan juga aplikasi lokal yang dapat membatasi ruang penyimpanan untuk perangkat kerasnya.
  • Pencarian Sederhana Untuk Menu Aplikasi
    Menu aplikasi web baru sekarang secara permanen di menu aplikasi. Ini memungkinkan pengguna untuk mencari aplikasi baru secara online. Selain memfasilitasi pengguna menu aplikasi, ini juga menguntungkan pengembang.
  • Keamanan Chrome browser dan Chrome OS Selalu Diperbarui Secara Otomatis
    Masalah keamanan ini dikombinasikan dengan browser Chrome. Oleh karena itu, sistem operasi ini secara otomatis memperbarui sistem keamanan online seperti browser.
  • Didukung Oleh Arsitektur X86
    Chrome OS didukung oleh arsitektur dan lengan x86. Google berjanji untuk selalu memperbarui fitur yang tersedia di sistem operasi ini dan menggunakan kode populel untuk netbook lain.
Baca Juga :  Pemograman Dasar

Kelebihan Google Chrome

  • Desain Antarmuka Pengguna Minimalis
    Keuntungan pertama dari browser web Google adalah desainnya yang minimalis. Tampilan dan nuansa Google Chrome UI sebenarnya jauh lebih mudah dan lebih sederhana dibandingkan dengan browser web lainnya, terutama Internet Explorer. Hanya ada Telusuri tampilan tab dan beberapa menu ditampilkan sebagai ikon.
  • Mempunyai Muatan Terpisah
    Manfaat selanjutnya menggunakan browser web Google Chrome ini adalah proses pemuatan yang terpisah antara tab. Ini akan memungkinkan tab apa pun di peramban web Google Chrome dapat berjalan. Akibatnya, kerusakan atau gangguan pada situs atau tab tidak memengaruhi tab lainnya.
  • Terintegrasi Dalam Internet Download Manager
    Bagi yang suka mengunduh, perangkat lunak dan juga aplikasi pengelola unduhan, seperti Internet Download Manager, sudah pasti dikenal di telinga Anda. Untuk bekerja secara optimal, perangkat lunak Internet Download Manager harus terlebih dahulu diintegrasikan ke dalam browser default Anda. Salah satu browser yang mendukung integrasi penuh Internet Download Manager adalah Google Chrome.
  • Ada Skin dan Tema Yang Berbeda Untuk Meningkatkan Tampilan Browser
    Browser Google Chrome mempunyai manfaat lain, termasuk pemilihan tema dan skin yang meningkatkan estetika penelusuran di Google Chrome. Ini, tentu saja, sangat menarik, terutama bagi Anda yang ingin mengoptimalkan dan meningkatkan tampilan browser.
  • Terhubung langsung ke halaman pencarian Google
    Secara default, alamat di browser Google Chrome sudah terhubung ke halaman pencarian Google. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan kata kunci atau kata kunci yang ingin Anda cari di bilah alamat. Dalam hal ini, Google Chrome membantu menemukan informasi dan tautan ke kata kunci dalam pencarian.
  • Google Chrome Dapat Mengenali Kata Kunci
    Selain dapat membantu untuk menemukan salah satu mesin pencari terbesar dan terpopuler di dunia, Google.com. Dengan browser Google Chrome ini, dapat menemukan daftar kata kunci yang dapat digunakan tanpa harus mengunjungi situs web Google.com terlebih dahulu.
  • Membutuhkan Lebih Sedikit Sumber Daya dan Menghemat Lebih Banyak RAM
    Google Chrome ialah browser web yang sempurna. Google Chrome merupakan browser web yang membutuhkan sedikit sumber daya atau sumber daya.
  • Dukungan Dan Tambahan Aplikasi Yang Luas dan Beragam
    Google Chrome juga menawarkan dukungan aplikasi yang luas dan berbagai add-on. Dari aplikasi berbasis Flash ke aplikasi atau add-on yang dapat menyesuaikan tampilan Google Chrome itu sendiri.
Baca Juga :  Keamanan Jaringan

Demikian artikel tentang Sistem Operasi Google Chrome. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Kabel Jaringan

Ika Evitasari
1 min read

Keamanan Jaringan

Ika Evitasari
2 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]