Sistem Operasi Google Android

2 min read

Google Android – Android mepunyai perbedaan pada sebuah sistem operasi Windown 10 milik Microsoft yang harus dapat perusahaan sebagai membayar royalty apabila dapat menggunakan sebuah sistem operasi tersebut.

Pengertian Android

Baca Juga : Pengertian Software

Android merupakan sebuah sistem operasi berbasis Linux untuk perangkat layar sentuh seluler seperti smartphone dan komputer tablet. Android pada awalnya dikembangkan oleh Android, Inc. dengan dukungan keuangan dari Google, yang membelinya kemudian pada tahun 2005.

Sistem operasi ini secara resmi diluncurkan pada 2007 sehubungan dengan pendirian Open Handset Alliance, sebuah konsorsium perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk mempromosikan standar terbuka untuk perangkat seluler.

Sistem Operasi Google Android

Sistem Operasi Google Android

Sistem Android merupakan sebuah sistem operasi open-source, yaitu, ketika Google mengizinkannya dan memungkinkan suatu pihak sebagai mengembangkan sistem operasi. Dan dapat mengembangkan sistem Android yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Sejarah Android

Baca Juga : Sistem Komputer

Android – ialah sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dapat dikembangkan langsung oleh Android Inc. dengan dukungan penuh dari Google Finance, tetapi kemudian dibeli pada tahun 2005.

Kemudian, Android secara resmi menjadi publik pada 5 November 2007, bersamaan dengan berdirinya Open Handset Alliance, sebuah perusahaan telekomunikasi yang bertujuan sebagai meningkatkan standar perangkat seluler yang ada.
Pahami Android

Di sisi lain, Google merilis kode sebagai Android di bawah perlindungan lisensi perangkat lunak, lisensi Apache, dan standar terbuka untuk perangkat seluler. Ada dua jenis distributor resmi sistem Android yang pertama mendukung Google (Layanan Gmail) dan yang kedua adalah distributor, yang benar-benar gratis tanpa dukungan Google, sering disebut sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Smartphone pertama yang diperkenalkan kepada publik melalui sistem Android yakni HTC Dream, yang diluncurkan pada 22 Oktober 2008.

Baca Juga :  Pengertian RAM

Kelebihan Google Android

  • Akan dapat dengan lebih mudah menerima notifikasi berbeda dari ponsel cerdas Anda. Untuk mencapai hal ini, Anda dapat mengatur beberapa akun yang Anda miliki, meliputi email, SMS, panggilan suara, dan lainnya.
  • User friendly, yang berarti di sini bahwa sistem Android sangat mudah digunakan. Hal yang sama berlaku untuk sistem operasi Windows yang terletak di komputer. Bagi yang tidak terlalu terbiasa dengan smartphone, hanya perlu satu menit untuk mempelajari sebuah sistem Android.
  • Ada beberapa aplikasi menarik untuk dipilih, bahkan hingga jutaan aplikasi. Dari aplikasi gratis ke aplikasi berbayar. Dapat mengunduhnya langsung dari Google Playstore, yang tersedia di ponsel cerdas.
  • Sistem operasi ini mempunyai konsep open source yang memungkinkan pengguna untuk secara bebas mengembangkan versi sistem Android mereka sendiri. Jadi ada banyak ROM khusus yang bisa Anda gunakan.
  • Keuntungan lain terletak pada penampilan sistem Android yang menarik dan tidak sebagus IOS (Apple). Ini karena Android sejak awal memakai konsep dan teknologi IOS, hanya Android yang merupakan versi IOS berbiaya rendah.

Kekurangan Android

  • Pembaruan sistem kurang efektif. Sistem Android sering mengalami peningkatan yang ditawarkan kepada penggunanya. Namun, memperbarui sistem Android tidak mudah. Harus menunggu hingga masing-masing penyedia secara resmi merilis pembaruan terbaru dari sistem Android. Dan bagi sebagian pengguna ini tidak terlalu menyenangkan.
  • Baterai habis dengan cepat. Ini mungkin sering terdeteksi oleh pengguna sistem Android saat ini. Terutama jika sering menyalakan paket data dan menggunakan widget dan aplikasi yang berjalan terlalu sering, yang dengan cepat menurunkan kinerja baterai. Untuk mengatasinya, bisa mengurangi aktivitas yang ada di ponsel cerdas.
  • Seringkali ada keterlambatan atau keterlambatan. Ini biasanya terkait dengan spesifikasi masing-masing perangkat seluler. Tetapi bahkan jika sistem Android tidak kompatibel dengan aplikasi yang dapat gunakan, tentu saja akan mempengaruhi lambatnya penggunaan ponsel cerdas. Ini terkait dengan RAM atau prosesor yang memang tidak memadai. Karena itu, lebih baik menyimpan aplikasi yang kompatibel dengan ponsel cerdas.
Baca Juga :  Protokol Jaringan

Demikian artikel yang dapat kami buat, yaitu tentang Sistem Operasi Google Android. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Jaringan Peer To Peer

Ika Evitasari
2 min read

Kabel Jaringan

Ika Evitasari
1 min read

Keamanan Jaringan

Ika Evitasari
2 min read