Sistem Operasi DOS

2 min read

Sistem Operasi DOS – DOS, meliputi untuk nama program sebuah file dengan ekstensi, Exe, Bat, dan lainnya. Selain dapat memasukkan nama file dari DOS, sebuah program perintah biasanya dapat dikombinasikan pada berbagai parameter yang dapat menulis sebuah parameter pada nama file program, sehingga dapat disimpulkan bahwa DOS ialah sebuah sistem operasi yang dapat berguna sebagai mengelola sistem pada komputer.

Apa itu DOS (Disk Operating System)?

DOS (Disk Operating System)

Baca Juga : OS Jaringan TUI

DOS – ialah sebuah sistem operasi komputer yang dapat menggunakan antarmuka berbaris perintah dan sering digunakan pada pengguna komputer pada tahun 1980-an. DOS merupakan sebuah sistem operasi yang dapat mengelola sumber daya yang akan tersedia pada komputer.

Pengguna dapat berinteraksi dengan DOS dengan memasukkan perintah melalui keyboard pada komputer. Pengguna harus dapat memasukkan perintah melalui sebuah keyboard, maka perintah yang akan dimasukkan dan dapat diterjemahkan pada sebuah sistem DOS yaitu sesuai dengan fungsi perintah.

Fungsi DOS

Adapun beberapa fitur DOS yang meliputi:

  • Untuk mengontrol atau mengatur kegiatan komputer.
  • Untuk mengontrol proses memasukkan dan mengeluarkan data pada komputer.
  • Untuk mengelola memori komputer.
  • Kelola file dan direktori.

Kelas-kelas DOS

Keluarga DOS, yang dibagi menjadi beberapa kelas yang berbeda, yaitu:

  • Novell Personal Netware ialah versi DR-DOS dari “Sistem Operasi Disk Penelitian Digital” yang diperkenalkan ke Novell karena perusahaan yang membayangi CP atau M bangkrut atau bangkrut, mendorong Novell Digital Research Incorporated.
  • IBM PC-DOS atau sistem Personal Computer Disk International Business, yang masih diproduksi oleh Microsoft tetapi sedikit dimodifikasi sehingga dapat digunakan oleh komputer IBM.
  • Sistem Operasi Disk Penelitian Digital, atau disingkat DR-DOS, diproduksi oleh Gary Kildall, produsen sistem CP atau M.
  • Sistem Disk Microsoft atau MS-DOS untuk jangka pendek, termasuk Compaq DOS, Tandy DOS, Sistem Operasi Cepat dan Kotor (Q-DOS), dan produk lain yang termasuk dalam sistem MS-DOS dijual atau diproduksi ke sistem komputer PC IBM produsen.
  • Caldera DOS, versi Novell Personal Netwere dijual kepada Caldera Corporation.
  • Dos Gratis dikembangkan oleh komunitas open source. Versi DOS ini dikembangkan dari sisa-sisa pengembangan Kaldera DOS.
Baca Juga :  Macam-Macam Jaringan Komputer

Baca Juga : Pengertian Windows

Sistem Operasi DOS

Sistem Operasi DOS

Sistem Operasi DOS di Pasaran

DOS di pasaran sangat beragam dan mencakup yang diantaranya sebagai berikut:

PC atau komputer pribadi DOS

  • Apple DOS
    Apple DOS merupakan keluarga sebuah sistem hard drive untuk seri komputer mikro Apple II dari akhir 1978 hingga awal 1983. Ia digantikan oleh ProDOS pada tahun 1983. Apple DOS mempunyai tiga versi utama yaitu DOS 3.1, DOS 3.2 dan DOS 3.3. Masing-masing dari ketiga versi itu dapat diikuti oleh versi yang lebih kecil, “Bugfix”, tetapi hanya dalam kasus Apple DOS 3.2 apakah versi kecil mendapatkan nomor versi sendiri, Apple DOS 3.2.1.

    Versi yang paling populer dan banyak digunakan adalah Apple DOS 3.3 pada rilis tahun 1980 dan 1983. Sebelum rilis Apple DOS 3.1, pengguna Apple harus mengandalkan kaset audio sebagai menyimpan dan mengambil data.
  • Linux
    Linux (GNU) merupakan nama sebuah sekumpulan sistem operasi Similar-Unix yang dapat menggunakan kernel Linux sebagai kernel. Linux yakni proyek perangkat lunak sumber terbuka dan bebas terbesar di dunia.

    Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya, kode sumber Linux dapat dengan bebas diubah, digunakan, dan dibagikan oleh siapa saja.

Baca Juga : Pengelolaan Server Jaringan

  • MS-DOS
    Sistem Operasi Disk Microsoft ialah sebuah sistem operasi yang banyak digunakan sebagai kompatibel dengan komputer PC IBM. Microsoft akan menjadikan MS-DOS sebagai sistem utama sebelum memperlambat dukungan MS-DOS ketika mereka membuat sistem berbasis grafis dan antarmuka pengguna (juga disebut GUI) untuk pasar utama yang disebut dengan Microsoft Windows.
  • DOS Macintosh
    Sistem Operasi Macintosh atau MacOS ialah sebuah sistem operasi GUI pertama dari Apple Inc. yang digunakan untuk mengoperasikan komputer Macintosh.

    Sebagai sistem operasi, MacOS masih kurang populer daripada Windows. Tetapi jangan membuat kesalahan, karena ternyata sistem operasi MacOS ialah yang pertama kali dalam hal menggunakan GUI atau antarmuka pengguna grafis.
Baca Juga :  Administrasi Text

Demikian yang dapat kami sampaikan yaitu tentang Sistem Operasi DOS. Semoga bermanfaat bagi Anda.