Sistem Operasi Apple IOS

2 min read

Apple IOS – IOS berbeda dari Windows Phone (Microsoft) dan Android (Google). Ketika WP dan Android melisensikan sistem operasi untuk digunakan pada perangkat lain, sedangkan iOS hanya untuk produk mereka sendiri.

Sitem Operasi Apple IOS

Sitem-Operasi-Apple-IOS

Baca Juga : Sistem Operasi Jaringan

Apple IOS – merupakan sebuah sistem operasi seluler yang dikembangkan dan didistribusikan pada Apple Inc. Diperkenalkan pada 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, sistem operasi ini dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV.

Windows Phone (Windows CE) dari Microsoft dan Android dari Google, Apple tidak dapat melisensikan iOS sebagai instalasi pada perangkat keras non-Apple. Pada 12 September 2012, App Store Apple memuat lebih dari 700.000 aplikasi iOS, diunduh lebih dari 30 miliar kali. Sistem operasi ini memiliki pangsa pasar 14,9% untuk unit sistem operasi ponsel dari smartphone yang terjual pada kuartal ketiga 2012, kemungkinan besar setelah Google Android.

Pada Juni 2012, 65% penggunaan data web seluler ada di iOS (termasuk iPod Touch dan iPad). Pada pertengahan 2012, 410 juta perangkat seluler diaktifkan. Menurut Apple, pada 12 September 2012, pada Juni 2012, 400 juta perangkat seluler iOS terjual.

Sejarah Sistem Operasi Apple IOS

  • 2007 – Versi IOS Pertama Dengan Nama IPhone OS 1
    Pada 2007, Apple memperkenalkan IOS dengan memperkenalkan IPhone 3G untuk pertama kalinya dengan nama IPhone OS. Pada saat ini, Steve Jobs menyatakan bahwa IPhone menggunakan basis kode yang sama dengan OS X.

    Versi pertama dari sistem operasi IPhone belum dilengkapi dengan memori aplikasi. Semua aplikasi standar yang ditemukan di IPhone adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Apple. Mulai dari aplikasi browser, pemutar musik, hingga kalkulator.
  • 2008 – IPhone OS 2
    Pada 11 Juli 2008, Apple memperbarui IPhone OS ke versi 2 untuk iPhone 3G. Pada versi kedua ini, IPhone OS dilengkapi dengan toko aplikasi, yang kita kenal sejauh ini dengan nama App Store.

    Dengan versi kedua ini, pengguna IPhone 3G dapat memperluas koleksi aplikasi dengan mengunduhnya langsung dari App Store.
  • 2009 – Kehadiran Copy-Paste Dan IAP
    Pada 2009, IPhone OS 3 diperkenalkan, yang bertepatan dengan peluncuran IPhone 3GS. Dalam rilis tersebut, masih ada fitur yang sangat penting untuk IPhone, yaitu dukungan pembelian dalam aplikasi, yang merupakan fitur pembayaran dalam aplikasi.
  • 2010 – IPhone OS Mengubah Nama Menjadi IOS
    Apple telah secara resmi mengumumkan perubahan nama dari IPhone Os ke iOS. Pada 21 Juni 2010 iOS 4 diperkenalkan dengan beberapa fitur baru.

    Salah satu fitur utama dari rilis ini adalah multitasking, yang memungkinkan beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan. IOS tidak hanya tersedia di IPhone, tetapi juga di iPod Touch, yang diluncurkan pada tahun yang sama.
  • 2011 – Peluncuran Siri Di IOS 5
    Pada 21 Juni 2011, Wordwide Developer Conference, Apple memperkenalkan IOS 5. Dalam versi ini banyak fitur baru dan menarik telah ditambahkan.

    Tiga fitur baru yang paling populer dan berpengaruh termasuk dukungan untuk iMessege, iCloud, dan Siri. Dalam rilis ini, pengguna IPhone dapat mengaktifkan iPhone mereka untuk pertama kalinya tanpa menggunakan komputer atau laptop.
  • 2012 – Pengenalan Apple Maps
    Pada 11 Juni 2012 Apple memperkenalkan versi terbaru iOS lagi. Kali ini dimasukkan dalam versi keenam. Di IOS 6, fitur baru telah ditambahkan ke Apple Maps.

    Namun sayangnya respon pengguna Apple terhadap Apple Maps cukup negatif. Versi ini diperkenalkan sehubungan dengan peluncuran iPhone 5.
  • 2013 – IOS 7 Diperkenalkan
    IOS akan terus diperbarui dan IOS 7 diluncurkan pada 10 Juni 2013. Banyak perubahan telah dilakukan oleh Apple dalam rilis ini, terutama dalam hal desain

    Tampilan ikon dan seluruh UI telah diubah ke level yang lebih tinggi. Beberapa fitur tambahan dalam rilis ini termasuk AirDrop, Control Center dan dukungan Touch ID, yang tersedia di IPhone 5S.
  • 2014 – IOS 8 Disajikan Dengan Berbagai Fitur Baru
    Pada tanggal 2 Juni 2014, IOS 8 diperkenalkan, memperkenalkan beberapa fitur baru seperti Family Sharing, Aplikasi kesehatan, Continuity, dan iCloud Drive.
  • 2015 – iOS 9 Dirilis Dengan Beberapa Aplikasi Standar Tambahan
    IOS 8 dirilis pada 8 Juni 2015. Rilis ini menambahkan beberapa fitur baru seperti 3D Touch yang dapat digunakan pada IPhone 6S dan 6S Plus. Itu juga memperkenalkan beberapa aplikasi standar baru seperti Berita dan mengubah aplikasi Passbook menjadi dompet.
Baca Juga :  Jaringan 4G

Baca Juga : Sistem Operasi UNIX

  • 2016 – IOS 10 Diperkenalkan
    IOS 10 diperkenalkan pada 2016. Buat beberapa perubahan, mulai dengan layar kunci yang didesain ulang, fitur berita baru, dan banyak lagi. Dalam rilis ini, Apple juga memperkenalkan oleh Siri Application Developer API.
  • 2017 – IOS 11 Diperkenalkan
    Berikutnya adalah versi 11 dari IOS, yang diluncurkan pada 19 September 2017. Dalam rilis ini, pusat notifikasi dan layar kunci menjadi satu unit, membuat pemantauan menjadi lebih mudah.
  • 2018 – IOS 12 Diperkenalkan
    IOS 12 adalah versi terbaru IOS. Diperkenalkan pada 17 September 2018 lalu. Rilis ini lebih berfokus pada stabilitas dan peningkatan kinerja.

Kelebihan Apple IOS

  • Sebagian besar aplikasi dan game dibandingkan dengan sistem operasi smartphone lainnya.
  • Periksa kualitas aplikasi di Apps Store dengan tepat.
  • Bahkan perangkat lama bisa mendapatkan pembaruan OS, meskipun perangkat kerasnya jauh tertinggal.
  • Pelopor pemrosesan data (operator data online).
  • Performa dan kualitas dapat menjalankan sebuah aplikasi atau game lebih baik daripada di smartphone dengan sistem operasi lain.
  • Garansi perangkat internasional.
  • Harga jual kembali lebih stabil.

Kekurangan Apple ION

  • Harga perangkat ini relatif mahal
  • Aplikasi tertentu biasanya dibayar.
  • Harus terhubung ke iTunes jika ingin terhubung ke PC.
  • Konektivitas media seperti Bluetooth dan berbagi Wi-Fi terbatas untuk pengguna iOS lain, tetapi dapat tertipu untuk membeli aplikasi pihak ketiga di Apps Store.
  • Tidak tersedia slot Micro SD.
  • Baterai tidak bisa dilepas (tidak bisa dilepas).

Demikian artikel tentang Sistem Operasi Apple IOS. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Kabel Jaringan

Ika Evitasari
1 min read

Keamanan Jaringan

Ika Evitasari
2 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]