Simbiosis Parasitisme

3 min read

Simbiosis Parasitisme – Telah kita pelajari dan telah kita ketahui bentuk simbiosis dalam ekositem ada beberapa macam di antara nya Simbiosis Komensalisme, dan parasitisme simbiosis. Yang akan kita bahas kali ini ialah mengenai parasitisme simbiosis, dimana memiliki pengertian dan contoh – contoh di dalam ekosisitem dan disertakan penjelasan nya.

Simbiosis parasitisme adalah jaringan yang terhubung antara dua organisme makanan yang di cerna akan menghasilkan inang. Lantas yang disebut Simbiosis Parasitisme itu yang bagai mana?

Apa Itu Simbiosis Parasitisme ?

Contoh Simbiosis Parasitisme

Simbiosis Parasitisme adalah simbiosis yang terjadi antara dua makhluk yang berbeda. Dalam hal ini, ini dapat mempengaruhi satu dan yang lain. Ini berarti bahwa makhluk hidup merupakan keuntungan atau manfaat sementara itu menimbulkan merugikan makhluk hidup lainnya.

Contoh organisme parasit simbiosis umumnya seperti kutu, cacing, jamur, bakteri, parasit dan lain-lain. organisme parasit lebih kecil dan dapat berkembang biak dengan cepat. Parasit perlu makhluk lain untuk mengambil makanan, atau membuat tempat tinggal.

Baca Juga : Jaring – Jaring Makanan

Untuk contoh parasitisme simbiosis ini tidak menimbulkan kematian organisme yang rusak pada umumnya. Untuk alasan ini, proses makan tidak diklasifikasikan sebagai parasitisme simbiosis dalam rantai makanan. Hal ini karena organisme parasit membutuhkan makhluk hidup lain untuk bertahan hidup.

Baca Juga :  Jaringan Hewan

Contoh Simbiosis Parasitisme

Beberapa contoh mengenai parasitisme simbiosis di sekeliling kita dan sudah terjadi. Berikut ini adalah contoh dari parasitisme di berbagai ekosistem darat dan laut dan proses interaksi serta penjabaran nya.

1.Nyamuk Bersama Tubuh Manusia

Nyamuk terkadang sering mengganggu kita dengan kedatangan nya. Nyamuk menggigit dan menghisap darah kita. Bahkan ada jenis nyamuk yang dapat menyebarkan penyakit bahkan bisa menyebabkan mematikan seperti demam berdarah atau malaria.

Manfaat nyamuk yang diciptakan tuhan untuk kita, nyamuk sendiri dapat berkembang biak dan menjalani kehidupan dengan menghisap darah manusia atau pun hewan lain nya. Sementara orang-orang menderita dan mengeluh karena mereka telah terserang oleh penyakit berbahaya.

2.Hubungan Manusia Dengan Si Cacing Pita

Didalam tubuh manusia cacing pita juga dapat hidup dan berkembang biak karena mereka akan mendapatkan asupan makan dari apa yang kita makan sehari – hari.

Akan tetapi kita sendiri sebagai manusia yang akan dirugikan karena sari sari makan yang telah kita telan kan di serap dan di nikmati oleh si cacing pita tersebut sedang kan makan yang kita makan itu berfungsi untuk mensuplai energi dan daya tahan tubuh kita.

Baca Juga : Klasifikasi Hutan

Sebab itu mengapa kita sebagai manusi sering merasakan pusing,mual dan mengalami sakit serta terkena cacingan.Penyakit di bawa oleh cacing pita ialah jenis penyakit taeniasis dan sistiserkosis.

3.Ikatan Manusa Dengan Cacing Tambang

Nah kenapa kita sering mengalami pusing karena kekurangan darah atau anemiaa itu disebabkan oleh cacing tambang yang selalu menghisap dan menggerogoti sel serta darah kita.

Sementara mengapa di dalam usus kita terdapat cacing tambang yah walapun dia menyerap darah kita mungkin itu sudah menjadi makan nya karena cacing tambah menyedot darah kita itu adalah makanan nya agar dia bisa berkembak biak.

Baca Juga :  Pengertian Hewan dan Berbagai Jenisnya

4.Antara Kutu Derngan Hewan Memiliki Hubungan

Kutu adalah organisme kecil yang memperoleh makanan dengan mengisap darah binatang, termasuk binatang seperti kerbau, kambing, sapi atau anjing.

Kutu memiliki keuntungan dari makanan dan tempat tinggal untuk menawarkan sedangkan hewan dipekerjakan kerugian yang disebabkan oleh kutu dan gatal mungkin menderita.

5.Hungan Andara Padi Dengan Keong Emas

Contoh lain parasitisme simbiosis adalah ekosistem buatan seperti sawah. Siput emas menjadi parasit bagi tanaman padi muda yang baru saja ditanam.

Siput emas memakan batang tanaman padi sampai habis. Tanaman padi sendiri mati ketika batang dikonsumsi oleh keong emas

6.Hubungan kelelawar dan mamalia

Kelelawar adalah jenis kelelawar penghisap darah yang biasanya mengisap darah mamalia yang ditemukan. Untuk alasan ini, interaksi kelelawar vampir dengan mamalia adalah contoh parasitisme simbiosis.

Keuntungan membuat kelelawar vampir yang menyedot darah mangsa mereka. Sementara mamalia yang basah dengan darahnya secara alami dirugikan.

7.Hubungan bunga Rafflesia arnoldi dan inangnya

Bunga Rafflesia Arnoldi adalah bunga langka yang ditemukan di wilayah Bengkulu, Sumatra. Ternyata bunga ini adalah parasit yang membahayakan tanaman inang.

Manfaat termasuk bunga Rafflesia arnoldi, yang menerima makanan dari fotosintesis tanaman inangnya. Meskipun tanaman inang rusak, hasil fotosintesisnya dari Rafflesia arnoldi.

8.Hubungan tinea versikolor dan manusia

Pernahkah Anda melihat lendir pada manusia? Tinea versikolor adalah sejenis jamur berbahaya. Interaksi tinea versikolor dengan manusia juga merupakan contoh parasitisme simbiosis yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaatnya didapat melalui jamur jamur, karena memberi tempat untuk hidup dan menyerap makanan protein pada kulit manusia. Sementara orang terluka karena menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman.

9.Hubungan lalat dan buah

Lalat buah adalah jenis lalat yang sering mengelilingi buah. Hubungan antara lalat dan buah-buahan juga melibatkan simbiosis parasitisme. Kehadiran lalat buah merusak buah dan nikmatnya lalat buah.

Baca Juga :  Hasil Kebudayaan Mesolitikum

Keuntungannya adalah lalat buah bertelur dan menghasilkan buah dalam buah. Kerugian itu karena buah, karena bisa membusuk.

10.Hubungan antara tikus dan Padi

Kehadiran tikus sebagai hama di lingkungan sawah juga dapat membahayakan petani karena dapat menyerang padi.

Keuntungan dibuat oleh tikus karena mereka mendapatkan makanan beras. Sementara petani dirugikan karena berkurangnya hasil panen.

11.Hubungan jamur Rhinosporidium dan manusia

Jamur badak, termasuk jamur yang terserang air. Interaksi antara jamur Rhinosporidium dan manusia juga merupakan contoh parasitisme simbiosis. Rhinosporidium sebeeri biasanya memasuki tubuh manusia melalui kelenjar mata, kulit dan bagian tubuh lainnya.

Rhinosporidium seeberi memiliki keunggulan yang dapat berkembang biak saat masuk ke dalam tubuh manusia. Sementara orang menderita kerugian karena mereka bisa sakit.

12.Hubungan ikan mutiara dan teripang

Hubungan antara perlfish dan teripang menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lainnya. Ikan mutiara biasanya hidup di membran pernapasan atau di saluran timur laut. Triknya adalah melalui anus dan kemudian ke kloaka.

Ikan mutiara mendapat manfaat dari konsumsi gonad dan gonad rumput laut. Sementara teripang dirusak oleh kehadiran ikan mutiara di tubuhnya.

13.Hubungan Triatominsekten dan manusia

Triatominsect adalah spesies serangga yang tersebar luas di Amerika Tengah dan Selatan. Hubungannya dengan manusia juga termasuk simbiosis parasitisme. Serangga ini menempel pada kulit manusia dan dapat menyebabkan penyakit pada orang yang digigit.

Manfaatnya diraih oleh Triatominsekten, karena mereka menerima esensi. Sementara orang-orang terluka karena mereka dapat diserang oleh banyak penyakit, termasuk gagal jantung, penyakit Trypanosoma cruzi, pembesaran kerongkongan dan pembesaran usus.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan yaitu tentang  Simbiosis Parasitisme . Semoga bermanfaat untuk Anda.

Anatomi Telinga

Ika Evitasari
3 min read

Fungsi Oviduk

Pak Guru
2 min read

Fungsi Mitokondria

Pak Guru
2 min read