Selada Keriting

6 min read

Salada Keriting Hidroponik ada dua kelompok besar selada yang muncul di Indonesia. Pertama, daun-daun tubuh membentuk daun hijau bundar, longgar, dan bengkak. Kedua, selada itu bulat atau oval dan badannya kencang.

Apa Itu Selada ?

Selada Keriting

Selada adalah sayuran yang umumnya ditanam di daerah beriklim sedang dan tropis dan terutama digunakan sebagai salad.

Dari dua varietas yang disebutkan di atas, yang paling umum adalah selada berdaun. Bentuk daunnya cenderung bergelombang lipatan atau yang populer disebut ikal. Selada toleran ditanam di daerah tropis dan meskipun panas.

Pada dasarnya, suhu optimal untuk pertumbuhan selada kritis berkisar antara 15 hingga 25 ° C pada ketinggian 900 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut.

Manfaat Selada Kering Bagi Kesehatan

Berikut ini berbagai manfaat salad bagi kesehatan Anda:

1. Menyehatkan Jantung

Kadar asam folat yang tinggi di dalam selada dapat mengurangi risiko stroke, penyakit jantung koroner, atau emboli di paru-paru. Kandungan vitamin A dan C dalam salad juga bisa bertindak sebagai antioksidan yang bisa mencegah penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A dan C dapat membuat kulit lebih sehat, lebih halus dan lebih kencang. Tidak hanya itu, salad Manfaa, yang kaya akan air, menjaga kulit tetap terjaga dengan kelembapan alami.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin dalam salad dapat memperkuat sel-sel kekebalan tubuh, sehingga berbagai virus dan patogen dapat dikendalikan dengan lebih baik. Sebagai contoh, vitamin A dapat mengatasi peradangan, infeksi dan kerusakan sel dalam tubuh.

4. Menyehatkan Mata

Diketahui bahwa vitamin A dalam daun selada dapat membantu kesehatan mata. Dengan makan salad secara teratur, kami mencegah timbulnya penyakit seperti glaukoma, katarak, dan penglihatan kabur pada orang tua.

5. Mencegah keropos tulang

Kandungan vitamin K dan kalsium yang tinggi dalam salad dapat menyebabkan pencegahan penyakit pemborosan tulang seperti osteoporosis

6. Bagus untuk wanita hamil

Kandungan asam folat dapat mengurangi risiko melahirkan bayi cacat. Selain itu, kandungan vitamin K dapat mencegah perdarahan setelah melahirkan. Karena alasan ini, wanita hamil sangat dianjurkan untuk makan daun salad.

7. Membantu menurunkan berat badan

Daun salad mengandung serat dan selulosa. Manfaat salad bisa memperlancar pencernaan. Memperbaiki pencernaan mungkin kedengarannya tidak bagus untuk menurunkan berat badan, tetapi sebenarnya penting untuk mengontrol berat badan jangka panjang.

Serat juga membantu menghilangkan garam empedu dari tubuh. Ketika tubuh menggantikan garam-garam ini, itu memecah kolesterol untuk melakukannya. Itu sebabnya salad baik untuk hati.

8. Atasi insomnia

Cairan putih yang keluar dari selada saat dipotong disebut Lactucarium. Cairan ini memiliki sifat santai, mirip dengan opium, tetapi tanpa efek samping yang kuat. Makan beberapa helai daun atau minum selada bisa mengatasi insomnia.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Penyakit Pada Sawi

9. Minghilangkan racun

Mineral yang terkandung dalam selada membantu menyingkirkan racun dan menjaga keseimbangan asam atau basa. Setelah seimbang pada level ini, ada sejumlah manfaat, termasuk lebih banyak energi, pemikiran yang lebih jernih, tidur nyenyak dan peremajaan kulit.

10. Kontrol gula darah

Daun selada memiliki indeks glikemik rata-rata 15, tetapi karena mengandung sangat sedikit kalori, beban glikemik dianggap nol. Makanan dengan indeks glikemik rendah sangat ideal untuk mengatasi gula darah atau mengatur berat badan. Tentu saja, selada tidak mengandung gula putih atau gula halus, dan memiliki sejumlah masalah.

Cara Menanam Selada Kering

Jika ingin mendapatkan selada yang berkualitas baik dan laku di pasaran perhatikan panduan menanam nya di bawah ini :

1. Pemilihan Benih

Salada Keriting diperbanyak dengan biji. Biji selada atau biji diperoleh dengan menanam tanaman selada sampai berbunga dan berbuah. Setelah biji tua diambil. Jika biji dibeli dari toko, varietas yang populer saat ini termasuk penn great lake, imperial, dan new york. Kebutuhan benih selada per hektar lahan adalah 250 gram. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, benih selada keriting harus ditabur sebelum ditanam di tanah yang luas.

Ada berbagai jenis media penyemaian untuk budidaya selada, termasuk polybag, daun pisang, sistem nampan, tanah cetak atau di tempat tidur. Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan media tanam di tempat tidur.

Siapkan bedengan dengan lebar satu meter dan tinggi sekitar 15 cm, panjang bedengan disesuaikan dengan kebutuhan. Posisi tempat tidur harus terbuka dan jauh dari gangguan hewan.

Kotoran yang digunakan harus dimasak sepenuhnya untuk menghindari pertumbuhan mikroorganisme yang tidak diharapkan. Penggunaan pupuk kandang untuk memperkaya nutrisi dan nutrisi. Arang sekam diperlukan untuk melonggarkan tanah sehingga bibit tidak merusak akar tanaman. Jika tanah terlalu asam, tambahkan cukup kapur pertanian atau dolomit. Keasaman yang ideal untuk budidaya selada adalah pH 5 hingga 6,8.

Siram media penyemaian dengan air untuk memberikan kelembaban bagi benih yang akan disemai. Usahakan jangan sampai sumur basah karena bisa membusuk tanaman. Sebarkan biji selada secara merata di tempat tidur. Padat tebar benih adalah 100 gram per 10 meter persegi bedengan pembibitan. Jika penyemaian dilakukan di musim kemarau, lebih baik beri mulsa dalam bentuk rumput, jerami atau daun kering di atasnya. Ini berguna untuk mengurangi penguapan akibat sinar matahari. Budidaya Selada Keriting

Buatlah tempat teduh di tempat tidur. Intinya adalah, di musim hujan untuk melindungi bibit yang baru tumbuh dari limpahan air hujan secara langsung. Di musim kemarau, untuk naungan ari dari matahari terlalu panas. Bed cover bisa menggunakan paranet, karung plastik atau plastik bening. Usahakan untuk membuat tutup yang bisa ditutup terbuka, sehingga di pagi dan sore hari tutupnya bisa dibuka agar mendapat paparan maksimal. Dan, siang hari bisa ditutup untuk melindungi dari sinar matahari.

Baca Juga :  Budidaya Jamur Kancing

Perawatan Salada Keriting pada tahapan penyemaian yang dilakukan adalah penyiraman secara rutin dan juga pengendalian hama serta penyakit. Dalam budidaya selada keriting organik tidak diperbolehkan untuk menyemprotkan pestisida sintetis.

Bagaimana jika ada hama yang bisa dikeluarkan dengan menutup benih, jika terserang penyakit dapat diberikan pupuk tambahan dan menyemprotkan pestisida nabati jika diperlukan. Biji selada keriting dapat dihilangkan setelah daun empat helai atau berumur tiga minggu dari penebaran benih.

2. Siapkan Lahan

Yang di perlukan untuk budidaya Selada Kriting adalah tanah untuk budidaya coleslaw tergantung pada jenis, struktur dan tekstur tanah. Jika tanah yang akan digunakan sangat sulit, sapu terlebih dahulu, maka pencairan dilakukan dengan cara mencacah.

Kemudian bentuk tempat tidur dengan lebar 1 meter, tinggi 15 cm dan panjang sekitar 10 meter atau tergantung kondisi tanah. Untuk menjaga bedengan tetap kering, terutama di lahan basah seperti bekas sawah, tanah untuk sekatan dinaikkan sebesar 25 cm, bedeng kiri dan kanan diproses menjadi strip untuk saluran drainase. Lebar tempat tidur tidak boleh terlalu lebar untuk memudahkan perawatan.

Selada Keriting membutuhkan lingkungan asam netral dengan pH ideal 5-6.8. Jika kondisi tanah asam lebih baik, proses netralisasi harus dilakukan terlebih dahulu dengan kapur. Sementara itu, jika tanahnya terlalu basa dengan belerang atau gypsum. Sebagai contoh, untuk menetralkan tanah dengan pH 5,5, 0,1 kg kapur per meter persegi diperlukan untuk meningkatkan keasaman hingga pH 6,5. Sebaliknya, untuk mengurangi pH tanah, belerang atau gipsum dapat ditambahkan hingga 0,6 kg per meter persegi.

Tanah yang disukai oleh salad kritis adalah tanah liat berdebu, lempung berpasir, dan tanah yang masih mengandung humus. Namun, coleslaw masih mentolerir tanah yang miskin unsur hara selama cukup dipasok dengan irigasi dan pupuk organik.

3. Penanaman Benih Salada Keriting

Untuk pengayaan humus tanah dengan pupuk kandang matang atau kompos. Jumlah pupuk kandang yang direkomendasikan adalah 20 ton per hektar. Saat menggunakan kompos, jumlah kompos yang disarankan adalah 2 kg per meter persegi. Pemberian pupuk organik bertujuan untuk melunakkan tanah dan meningkatkan aktivitas mikroorganisme di tanah. Setelah mencampurkan tanah dengan pupuk kandang atau kompos, biarkan selama 2 hari dan sempurnakan dengan menggali.

Setelah tanah siap, singkirkan biji coleslaw dari lokasi penaburan. Untuk memindahkan tanaman, lebih baik mengangkat dengan tanah yang mendukung zona akar. Tanaman dibugal atau dilubangi hanya dengan tangan. Besar dan disesuaikan dengan akar benih kol yang bergerak di lubang tanam. Atur jarak 1,5 m.

4. Perawatan untuk Tanaman Selada Kriting

  • Obat-obatan yang digunakan untuk menanam tanaman yang baik meliputi penyiraman, pemupukan dan makan. Irigasi tergantung pada cuaca. Jika tidak hujan, sirami setiap pagi dan sore dua kali sehari. Irigasi dapat dilakukan pada siang hari, tetapi dengan air yang cukup untuk menjaga tanaman Selada Keriting agar tidak tumbuh.
  • Setelah menanam benih selama 2 minggu, tambahkan 2 ton pupuk per hektar jika tanaman tidak subur dan daunnya hijau. Kotoran sapi harus mengandung unsur-unsur seperti nitrogen seperti kandang ayam. Pada umur 20 hari, setelah penyemprotan pupuk cair organik, tanaman mencapai dosis 3 liter per hektar.
  • Meskipun siklus panennya cepat, pengendalian gulma masih diperlukan karena tanaman salad bar yang kritis ini memiliki akar yang dangkal, sehingga daya saingnya rendah dibandingkan dengan tanaman yang mengganggu. Untuk alasan ini, kita perlu menyirami tanaman secara teratur menggunakan tanaman yang mengganggu. Saat menanam salad, setidaknya rumput biasanya dibutuhkan saat tumbuh.
  • Rumput di musim kemarau dan hujan tidak berbeda. Di musim kemarau, gulma bisa dihilangkan atau ditebang dan dibuang ke tanah. Ini tentang menambahkan pupuk hijau dan membentuk mulut untuk mengurangi penguapan. Air ini bisa disimpan untuk dituang. Di musim hujan, gulma harus dihilangkan dan tempat tidur harus bebas makanan. Ini untuk mencegah pertumbuhan tanaman dan penyakit di sekitar tanaman karena kelembaban yang tinggi.
  • Penangan Selada Keriting yang terkena Penyakit
Baca Juga :  Jamur Merang

5. Penangan Hama Dan Penyakit

Jangel (Bradybaena menyerupai ferussac), bentuk seperti siput 2 cm. Per hama ini menyerang tanaman dari segala usia. Biasanya bersembunyi di pangkal dedaunan yang dalam. Penyebaran hama ini mempercepat lubang.

Tangek (kekalahan Parmalion pupilaris) mirip dengan bentuk hutan, tetapi tidak siput. Sebagai hasil dari serangan yang sama, buat lubang di lembaran. Hama ini cenderung terinfeksi selama musim kemarau.

Busuk lunak (lunak merah), penyebab bakteri Erwinia Carotovora. Penyakit ini menyerang daun. Perbanyakan dimulai pada batas daun, daun menjadi coklat dan kering. Tidak hanya penyakit ini dapat menyerang tanaman, ia juga dapat menyerang salad surat yang siap dipasarkan.

Daun busuk, penyebabnya adalah Felicularia filamentosa. Penyakit ini mempengaruhi pangkal daun, biasanya kram terjadi sebelum panen.

Saat menanam selada organik, tidak ada hama atau penyakit yang harus disemprot dengan pestisida. Hama dan penyakit termasuk pemupukan, kebersihan, rotasi tanaman dan, jika perlu, penyemprotan pestisida berdasarkan tanaman.

Penyiraman dan pemupukan teratur telah terbukti efektif dalam pengendalian hama. Namun, pengendalian hama yang paling efektif adalah dengan mempromosikan penanaman yang sehat, mengelola kebersihan lingkungan seperti memelihara irigasi dan drainase, dan memastikan nutrisi yang cukup untuk tanaman, terutama untuk kekebalan khusus tanaman seperti kalium. Kalium dapat diperoleh dengan menambahkan daun bambu selama pengomposan.

Baca Juga :

6. Memanen Salada Keriting

Salad kari dapat dipanen 20-30 hari setelah tanam. Dari menabur hingga panen, dibutuhkan 40-60 hari. Produksi selada bisa mencapai 15-20 ton per hektar.

Pemanenan Salada Keriting dilakukan dengan menarik tanaman ke akar. Setelah panen, akarnya dibersihkan dan daun yang rusak dibuang. Batch salad dalam ukuran. Proses pasca panen harus cepat dan cepat karena tanaman coleslaw tidak tahan terhadap panas dan penguapan. Jika transportasi ke pasar lama, simpan sayuran di tempat lembab dekat air atau semprotkan air secara teratur.

Demikian Pembahasan mengenai Salada Keriting semoga bermanfaat dan sampai jumap di artikel lain nya

Budidaya Kroto

Pak Guru
3 min read

Cara Menanam Seledri

Pak Guru
2 min read

Cara Menanam Daun Bawang

Pak Guru
2 min read