Sejarah Jaringan Komputer

2 min read

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai sejarah lengkap tentang jaringan komputer beserta penjelasan nya. Maka simak artikel di bawah ini..

Latar Belakang Penggunaan Jaringan Komputer

Jaringan komputer – dapat digunakan untuk berbagai keperluan, dari kepentingan bisnis atau korporasi hingga kebutuhan individu, juga dikenal sebagai kebutuhan pribadi.

Kebutuhan Akan Komunikasi Antar Komputer
Misalnya, kebutuhan akan jaringan komputer perusahaan ada saat komunikasi antar departemen dalam sebuah gedung diperlukan. Dengan menggunakan komunikasi jaringan lokal dari semua komputer di perusahaan, komunikasi dan pertukaran data antara instasi dan bagian-bagian di perusahaan dipastikan lebih mudah dan aman.

Sejarah Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Awalnya, ide untuk menciptakan jaringan komputer yaitu bahwa satu perangkat sistem komputer yang dapat digunakan bersama. Tentu saja, ini juga dipengaruhi oleh faktor haga dari sebuah komputer, yang masih mahal dan tidak dapat dibeli oleh orang awam pada saat itu.

Baca Juga :

1940-an – Pemrosesan Patch

Awal pengembangan jaringan komputer dimulai pada tahun 1940 di Amerika Serikat. Pada saat ini, peneliti dari Universitas Harvard melakukan penelitian di bawah arahan Prof. H. Aiken. Subjek yang dipelajari yakni pengembangan model komputer I. Selama proses penelitian, sebuah program yang bernama Batch Processing telah dibuat. Proses berturut-turut ini bekerja menggunakan banyak komputer untuk bekerja pada program kerja.

1950-an – Pengembangan TSS (Time Sharing System)

10 tahun kemudian, tepatnya tahun 1950, pengembangan dan penggunaan sistem komputer menjadi semakin luas. Kondisi ini akhirnya memicu akan munculnya sistem yang disebut dengan TSS. TSS sendiri adalah sistem yang memungkinkan komputer untuk bertindak sebagai server atau host.

Baca Juga :  Jaringan LAN (Local Area Network)

Komputer dapat diakses melalui terminal media, klien, dan workstation yang tersedia secara bersamaan. TSS adalah sistem pertama yang menerapkan konsep jaringan komputer.

1970-an – Distribusi (Sejarah Jaringan Komputer)

Sejarah perkembangan jaringan komputer berlanjut dalam 30 tahun kemudian. Waktu ini, sistem TSS adalah untuk pemrosesan penjualan dikembangkan yang lebih lanjut. Menggunakan sistem ini dapat memungkinkan 2 komputer host untuk dapat menyelesaikan tugasnya masing-masing. Selain itu, setiap host dan server melayani beberapa terminal atau klien. Aspek lain dari sistem ini adalah meningkatnya kemampuan host atau server untuk memproses dan melayani stasiun.

1980-an – Penggunaan TCP atau IP

Pada tahun 1982, sebuah protokol yang disebut dengan TCP (Transmission Control Protocol) dibuat. Kehadiran protokol ini memungkinkan banyak komputer dan penggunanya untuk dapat terhubung ke jaringan global. Kemudian, pada tahun 1984, itu menjadi apa yang disebut DNS.

DNS dapat diartikan sebagai kumpulan alamat web yang berbeda. Alamat web dapat dikunjungi oleh siapa saja yang terhubung dalam internet. Kemudian, pada saat yang sama, topologi pada jaringan komputer pertama lahir, LAN. Melalui LAN, kedua komputer bisa dihubungkan tanpa menggunakan media host atau server.

Pada tahun 1988, perkembangan jaringan komputer tumbuh cukup pesat. Ini ditandai dengan munculnya IRC atau Internet Relay Chat, yang dikembangkan pada Jarkko Oikaren. IRC adalah program yang memungkinkan untuk dapat mengobrol dengan pengguna lain melalui Internet. Pada saat itu, penggunaan IRC oleh pengguna intens karena fitur SMS tidak terlalu populer.

Baca Juga : Teknologi WAN

1990-an – Kelahiran World Wide Web

Seseorang yang bernama Tim Bernes Lee memulai merancang dan mengembangkan program yang telah melihat konten lengkap dari Internet. Program ini, dapat dirancang dan dapat dikembangkan pada tahun 1990, disebut World Wide Web. Dengan WWW, banyak komputer dalam membentuk jaringan.

Baca Juga :  Jaringan 4G

Tahun ini program e-retail mulai bermunculan. Di sini, dapat berbelanja di alamat situs web. Pada fase selanjutnya, perdagangan online terus tumbuh dan menjadi e-commerce. Selain itu, perdagangan online sekarang muncul program Yahoo dan Netscape Navigator. Yahoo pada umumnya digunakan sebagai mengobrol dengan pengguna lain. Sementara itu, Netscape Navigator akan digunakan sebagai memungkinkan pengguna menjelajah.

Baca Juga : Jaringan 5G dan Penjelasan nya

Sekian artikel tentang Sejarah Jaringan Komputer, semoga bermanfaat dan berguna untuk menjawab pertanyaan.