Perjanjian Kalijati

2 min read

Perjanjian Kalijati – Yaitu salah satu kesepakatan diplomasi yang paling penting sepanjang sejarah tanah air. Perjanjian tersebut dilakukan oleh Jepang dan Belanda ketika berada di Indonesia, tepatnya di Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Adapun alasan yang melatar belakangi terjadinya perjanjian tersebut dapat dibaca pada paragraf berikut.

Jika ingin mengetahui hal tersebut, maka artikel ini saya akan berikan semua informasi secara singkat mengenai sejarah dan latar belakang perjanjian yang akan terjadi antara Jepang dan Belanda tersebut.

Perjanjian Kalijati

Dalam sejarah perjuangan kemerdekaan di tanah air, terjadi berbagai peperangan dan juga perjanjian. Salah satunya adalah perjanjian kalijati yang pernah terjadi pada tahun 1942.

Pada waktu itu Jepang sudah menganggap dirinya menjadi pemimpin dunia. Jepang lalu menyerang pangkalan angkatan laut Amerika di pearl harbour, Hawai secara mendadak tanpa adanya pernyataan perang sebelumnya.

Tentu saja kejadian ini mendapat kecaman serius dari dunia internasional. Pada saat itu baru lah Jepang secara resmi menyatakan perang kepada Amerika Serikat. Jepang ingin mewujudkan Asia Timur Raya menunjukkan kekuatannya dengan cara memperluas jajahannya mulai dari Cina sampai ke Indonesia yang waktu itu sudah dikenal dengan nama Hindia Belanda dan dikuasai oleh Belanda.

Perjanjian Kalijati

Karena mendapat serangan serius dari pasukan Jepang bersenjata lengkap, Belanda mengalami beberapa kekalahan, ini terbukti dari jatuhnya pangkalan minyak ke tangan Jepang sekitar awal tahun 1942. Karena berbagai penyerangan yang dilakukan, Kekuasaan Jepang di Indonesia makin lama makin bertambah luas bahkan pasukan gabungan sekutu tidak mampu lagi untuk menahan serangan dari tentara Jepang.

Baca Juga :  Perjanjian Roem Royen

Baca Juga : Perusahaan Dagang

Pada bulan Oktober tahun 1942 pasukan Jepang akhirnya telah berhasil masuk ke daerah Batavia yang sekarang dikenal dengan nama Jakarta. Serangan bertubi-tubi dari tentara Jepang membuat pasukan Belanda ketakutan dan akhirnya benteng pertahanan Belanda pun jatuh satu persatu. Dan akhirnya Jepang berhasil menyerang ke markas besar pasukan Belanda yang sudah ditebak, serangan ini dimenangkan oleh pasukan Jepang.

Ada peristiwa itulah akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk menandatangani perjanjian yang telah diberi nama perjanjian Kalijati. Perjanjian ini terjadi pada 8 Maret 1942.

Isi Perjanjian Kalijati

Perjanjian Kalijati merupakan diplomasi yang akan dilakukan oleh pihak Belanda karena kekalahannya terhadap Jepang. Perjanjian ini akan dilakukan di Kecamatan Kalijati yang terletak di Subang, Jawa Barat.

Kemenangan Jepang terhadap Belanda pada Oktober 1942 memaksa Belanda untuk mengakui kekalahan atas Jepang.Pada 8 maret tahun 1942, kedua belah pihak sepakat untuk membuat perjanjian yang diberi nama Perjanjian Kalijati, adapun isi dari perjanjian tersebut adalah:

Belanda Menyerah Tanpa Syarat Kepada Jepang

Ditanda tanganinya perjanjian ini membuat Jepang telah resmi menjajah Indonesia dan menggantikan posisi Belanda. Perbuatan ini membuat Jepang mengikuti Perang Dunia II.

Baca Juga : Sejarah Provinsi Lampung

Kalijati Saat Ini

Kalijati adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Dari Ibu kota Subang, Kecamatan Kalijati terletak di barat.

Di Kecamatan ini telah terjadi sebuah peristiwa bersejarah, yang di yakni menyerahnya Belanda terhadap Jepang akibat kekalahan yang diterimanya pada tanggal 8 Maret 1942.

Belanda telah menyerah terhadap Jepang secara resmi lewat Perjanjian Kalijati yang telah terjadi di Rumah Sejarah Kalijati yang terletak di Komplek Garuda E 25 Lanud Suryadarma.

Baca Juga :  Sejarah Pramuka

Objek Wisata di Kalijati

Museum Rumah Sejarah (Rumah Sejarah Kalijati)

Museum ini adalah bekas rumah yang telah digunakan untuk menandatangani perjanjian Kalijati dari pihak Belanda dan Jepang, sekaligus menjadi tempat serah terima daerah jajahan Indonesia dari tangan Belanda ke tangan Jepang.

Dan ini merupakan bukti menyerahnya pemerintah Hindia Belanda terhadap Kekaisaran Jepang.

Museum Hidup

Museum ini berisi berbagai pesawat terbang dari zama dahulu. Dinamakan Museum hidup karena pesawat yang berada didalamnya ternyata masih ada yang bisa di terbangkan karena dirawat dengan baik.

Baca Juga : Teks Eksplanasi

Monumen Jepang

Ini merupakan monumen dari tentara Jepang yang bahkan sampai sekarang masih suka dikunjungi oleh mantan tentara jepang dan keluarganya yang dulu pernah bertugas di Kalijati.

Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi teman-teman semua, sekian dan terimakasih.

Perjanjian Hudaibiyah

Pak Guru
3 min read

Perjanjian Bangkok

Pak Guru
3 min read

Perjanjian Linggarjati

Pak Guru
4 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]