Perbedaan Sabana Dan Stepa

2 min read

Perbedaan Sabana Dan Stepa – Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan Sabana dan Stepa, dimana pada pembahasan sebelum nya kita telah membahas mengenai Bioma Hutan Gugur dan Iklim Koppen. Dalam pembahsan didalam Perbedaan Sabana dan Stepa ini kita akan mengacu ke pengertian, dan Karakteristik Sabana dan Stepa.

Perbedaan Sabana Dan Stepa

Perbedaan Sabana Dan Stepa

Sabana dan stepa pada dasarnya adalah padang rumput. Padang rumput memiliki karakteristik yang didominasi oleh padang rumput daripada semak besar atau pohon kayu. Dalam era Miosen dan Pleosen sekitar 25 juta tahun yang lalu, gunung-gunung naik di Amerika Utara bagian barat dan menciptakan iklim kontinental yang dibutuhkan untuk pengembangan padang rumput.

Hutan purba perlahan-lahan menghilang dan padang rumput mengembang. Setelah Zaman Pleistosen, padang rumput meluas di daerah tropis dan kering. Ada dua jenis padang rumput yaitu sabana (padang rumput tropis) dan stepa (padang rumput sedang).

Apa Itu Sabana ?

Yang dimaksud Sabana adalah padang rumput yang dikelilingi oleh pohon-pohon yang menyebar dan biasanya pohon-pohon seperti pohon palem dan pohon akasia.

Sabana juga merupakan salah satu sistem biotik terbesar di dunia, menempati sebagian besar darahnya di benua Afrika, di Amerika Selatan dan di Australia.

Bioma berasal dari ekosistem yang sangat besar di daerah yang luas, yang terdiri dari flora dan fauna yang khas. Ini karena perbedaan geografi dan astronomi.

Baca Juga : Ikan Asin

Sistem seperti itu biasanya terbentuk antara daerah tropis dan subtropis, karena kurangnya curah hujan yang mendorong munculnya sabana, sehingga sabana sering disebut sebagai padang rumput tropis.

Baca Juga :  Zona Litoral

Sementara jenis iklim ini sangat cocok untuk menjadi gurun karena tidak terlalu kering tetapi tidak terlalu basah untuk digunakan sebagai hutan.
Ada beberapa benua dengan Gurun Sabana, Afrika, Australia dan Amerika Selatan. Tapi di negara kita kita juga mau kalah, ada juga sabana semacam itu, yaitu di Nusa Tenggara Timur.

A. Proses pembentukan bioma Sabana

Sabana, yang umumnya terbentuk secara alami, disebabkan oleh suhu cuaca hujan yang sangat rendah, yang hanya sekitar 20 mm dalam satu tahun. Curah hujan yang rendah membuat tanaman sulit menyerap air.

Ini hanya dapat terjadi pada bentuk tanaman rumput yang dapat bertahan hidup atau beradaptasi dengan lingkungan alami yang kering.

Hal-hal seperti itu hanya menyebabkan rumput bertahan hidup, tanaman dapat bertahan hidup, sehingga tanaman yang termasuk jenis rumput dapat bertahan hidup di lingkungan seperti ini.

Dan ada juga spesies yang berbeda atau sejenisnya dari spesies yang berbeda, sehingga mereka dapat membentuk bidang yang luas sebagai sabana atau dikatakan dengan padang rumput.

B. Karakteristik bioma Sabana

  • Memiliki suhu panas sepanjang tahun
  • Hujan musiman, yang sering terjadi atau merupakan faktor penting dalam pembentukan sabana
  • Sabana dapat berubah menjadi semak ketika musim hujan masuk ke daerah yang padat
  • Sabana Dapat membuat perubahan pada hutan basah ketika musim hujan mengarah ke area intensitas

Apa Itu Stepa ?

Stepa adalah bentuk semi gurun, ditumbuhi semak atau semak. Istilah stepa adalah tentang cuaca di daerah itu, sedang kering. Steppe berasal dari kata bahasa Inggris stepa, yang berarti rumput. Stepa adalah steppenplane yang membentang dari subtropis tropis ke daerah tropis yang basah kuyup.

A. Proses pembentukan Stepa

Jika tidak terlalu dingin (panas) dan sedikit hujan, itu menciptakan iklim yang ekstrem. Oleh karena itu, karnivora tidak terjadi pada bioma stepa, sehingga hewan herbivora lebih besar daripada populasi dan efek dari tanaman hijau (berumput) pada hewan herbivora dikonsumsi.

Baca Juga :  Ular Kobra

Bioma adalah daerah gurun yang kurang kering dan dikelilingi oleh bioma yang menurun. Jika bioma gurun tidak terjadi sepanjang tahun, curah hujan tahunan sedikit terjadi di biomassa stepa. Oleh karena itu, dalam bioma gurun, bioma digunakan sebagai sumber penyerapan air oleh vegetasi.

Definisi bioma stepa berasal dari bahasa Inggris stepa, yang berarti padang rumput. Steppe biome adalah padang pasir semi-gurun pasir besar yang berkisar dari dataran tropis hingga dataran subtropis. Curah hujan dalam biomassa stepa sangat rendah, sehingga tanah dalam bioma ini tampaknya cukup kering.

B. Karakteristik bioma Stepa

  • Hujan tidak Lebat
  • Sinar matahari sangat panas
  • Penguapan tinggi
  • Suhu siang hari mencapai hingga 40 ° C
  • Perbedaan suhu antara siang dan malam sangat tinggi.
  • Pasirnya sangat kering karena tidak bisa menyerap air.
  • Kelembaban sangat rendahVegetasi dominan: kaktus, sukulen, dan beberapa semak akasia berduri
  • Hewan yang hidup di daerah gurun : serangga, tikus, ulat bulu, hewan nokturnal, dan kadal.
Sebutkan dan jelaskan perbedaan Sabana Dan Stepa ?

Perbedaan nya Jika sabana padang rumput yang dikelilingi oleh pohon-pohon yang menyebar dan biasanya pohon-pohon seperti pohon palem dan pohon akasia. Sedangkan Stepa adalah bentuk semi gurun, ditumbuhi semak atau semak. Istilah stepa adalah tentang cuaca di daerah itu, sedang kering

Apa itu Sabana ?

Yang dimaksud Sabana adalah padang rumput yang dikelilingi oleh pohon-pohon yang menyebar dan biasanya pohon-pohon seperti pohon palem dan pohon akasia.
Sabana juga merupakan salah satu sistem biotik terbesar di dunia, menempati sebagian besar darahnya di benua Afrika, di Amerika Selatan dan di Australia.

Fungsi Membran Sel

Pak Guru
2 min read

Eksarasi

Pak Guru
4 min read

Zona Litoral

Pak Guru
2 min read