Pengertian Windows

2 min read

Pengertian Windows – sebagai sistem operasi merupakan perangkat lunak yang dibutuhkan agar komputer bisa berfungsi dengan baik. Berikut adalah penjelasan dari Windows.

Pengertian Windows

Windows

Baca Juga : Sistem Komputer

windows

Pengertian Windows – merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, di mana sistem operasi menawarkan antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk menyederhanakan operasi.

Windows, pengguna tidak perlu lagi mengetik perintah dari baris perintah, seperti pada MS-DOS. Pengguna dapat menggunakan mouse atau keyboard sebagai memasukkan perintah untuk kotak dialog, membuka menu, menghapus file, menjalankan aplikasi, dan sebagainya.

Fungsi Windows

Berikut adalah beberapa fitur sistem operasi Windows:

  • Hubungkan antara aplikasi dan perangkat keras sehingga dapat diintegrasikan untuk bekerja secara konsisten dan stabil.
  • Mengelola proses persiapan, perencanaan, dan pemantauan program yang sedang dijalankan.
  • Mengelola dan mengontrol input dan output data.
  • Kontrol dan kelola sumber daya yang berjalan, termasuk perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer.

Sejarah Windows

Windows 1

windows-1.0

Windows 1 – asli diperkenalkan pada tahun 1985. Ini adalah tes pertama dari versi 16-bit dari antarmuka pengguna grafis (GUI). Ciri khas Windows 1 yakni sangat bergantung pada penggunaan mouse.

Untuk membiasakan pengguna dengan sistem ini, Microsoft juga memasukkan game yang disebut Reversi, yang sangat bergantung pada kontrol mouse, sehingga pengguna terbiasa menggerakkan mouse.

Windows 2

windows 2.0

Windows 2 – pada dua tahun setelah Windows 1 dapat meluncurkan, sebuah Windows akan terus dikembangkan, terbukti dengan adanya diluncurkannya Windows 2 pada tahun Desember 1987. Salah satu inovasi yang dapat muncul di Windows 2 yakni kemampuannya sebagai meminimalkan atau memaksimalkan nya, yang dulu dapat dilakukan hanyalah dengan “zooming” atau “iconising”.

Windows 3

Windows 3.0

Windows 3 – pertama yang membutuhkan hard disk diperkenalkan pada tahun 1990. Windows 3 yakni versi Windows yang berhasil menyebar ke Macintosh milik Apple Inc. dan Komodor Amiga. Windows 3 menyediakan kemampuan untuk menjalankan program MS-DOS yang juga mendukung 256 warna untuk membuat UI terlihat lebih berwarna. Permainan kartu solaitaire adalah salah satu inovasi di Windows 3.

Baca Juga :  Pengertian Pengolahan Data

Windows 98

Windows 98

Windows 98 – diluncurkan pada tahun 1998, versi Windows ini dilengkapi dengan Outlook Express, Internet Explorer 4, Microsoft Chat, Buku Alamat Windows, dan NetShow Player. Netshow Player digantikan oleh Windows Media Player pada tahun 1999 di Windows 98 2nd Edition.

Penggunaan USB mulai berkembang pesat di Windows 98, termasuk hub USB dan mouse USB. Salah satu perubahan besar yang dibuat pada Windows 98 adalah model driver Windows untuk komponen dan aksesori komputer, driver yang kemudian mendukung semua versi Windows.

Baca Juga : Pengelolaan Server Jaringan

Windows 2000

Windows 2000

Windows 2000 – Februari 2000 Dapat dinamai dengan kembaran Windows ME karena lahir pada tahun yang sama. Windows 2000 berkembang menjadi Windows XP. Pada Windows 2000, hal yang paling mencolok ialah sebuah sistem hibernasi yang dapat diperkenalkan, yang selaras dengan reboot, shutdown, dan standby.

Windows XP

Windows xp

Windows XP – ialah salah satu versi Windows yang paling populer. Berbasis Windows 2000 dan elemen Windows ME yang mudah digunakan di Windows XP, menu Start berwarna hijau dan bilah tugas mempunyai tampilan visual yang hebat.

Windows XP merupakan sebuah sistem operasi yang paling lama berjalan. Pembaruan Windows XP juga masih tersedia hingga April 2014, 13 tahun setelah peluncuran pertama. Masalah terbesar dengan Windows XP adalah keamanan.

Windows Vista

Windows Vista

Windows Vista – tampilan Windows lebih fokus pada elemen transparan, seperti B. Pencarian dan keamanan. Di Windows Vista, ada Windows Media Player 11 dan IE 7 serta Speech Recognition, Wondows DVD Maker dan Photo Gallery.

Windows 7

Windows 7

Windows 7 – diluncurkan dengan tujuan menyelesaikan berbagai masalah dan kritik terhadap Windows Vista. Microsoft meningkatkan kegunaan dengan desain Windows 7 yang lebih baik. Windows 7 lebih cepat, lebih stabil, dan lebih mudah dijalankan, dengan banyak pengguna beralih dari versi yang lebih lama dari XP atau Vista ke Windows 7.

Baca Juga :  Sistem Komputer

Baca Juga : Sistem Operasi Jaringan

Windows 8

Windows 8

Windows 8 – yang dirilis pada Oktober 2012, berharap bahwa Windows 8 akan menjadi favorit pengguna komputer baru (sebelumnya puas dengan Windows 7). Hal yang paling nyata tentang Windows 8 adalah widget, yang menggantikan daftar program yang berbeda pada tombol Start.

Windows 10

Windows 10

Windows 10 – dirilis pada Juli 2015. Di Windows 10, tombol start utama dipertahankan dengan desktop yang lebih seimbang. Windows 10 memiliki tampilan yang ramping dan minimalis untuk memudahkan pengguna untuk menggunakannya.

Beberapa fitur menarik dari Windows 10 termasuk kemampuan untuk mengubah keyboard ke mouse dan mode tablet, seperti menggunakan mouse. Misalnya, komputer seperti Surface Pro 3 yang memiliki keyboard yang dapat dilepas. Dengan banyak manfaat menarik dan mengesankan dari Windows 10, banyak pengguna streaming untuk meningkatkan dari sistem operasi lama mereka ke Windows 10.

Demikian artikel yang dapat kami buat tentang Pengertian Windows. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sistem Operasi DOS

Ika Evitasari
2 min read

Pengertian Lisensi

Ika Evitasari
1 min read