Pengertian Waralaba

2 min read

Pengertian Waralaba – Dalam bisnis waralaba akan terdapat sebuah pihak yang disebut dengan Franchise. Selengkapnya akan dibahas secara singkat dan jelas mengenai waralaba. Yuukk.. Simak selengkapnya sebagai berikut.

Pengertian Waralaba

Pengertian-Waralaba

Waralaba merupakan dari kata “Franchising” dalam bahasa Inggris, dan dalam bahasa Francis adalah “Franchise”, hubungan bisnis antara pemilik merek, produk atau sistem operasi dan pihak kedua dalam bentuk waralaba memberikan sebuah izin untuk menggunakan produk, merek, dan sistem yang siap digunakan dalam periode waktu tertentu.

Baca Juga : Pengertian Ekspor

Definisi lain dari waralaba ialah suatu bentuk kerja sama dalam usaha atau bisnis yang dapat menggunakan sebuah prinsip kemitraan. Dalam perusahaan yang mapan dengan perusahaan atau individu, baik dari segi sistem manajemen, pemasaran dan keuangan serta pada merek produk perusahaan yang dikenal oleh publik. Penggunaan merek produk atau sistem dianggap sebagai waralaba.

Tipe – Tipe Waralaba

1. Product Distribution Franchising

Product Distribution Franchising adalah sebuah jenis waralaba yang memiliki hak untuk menjual kosmetik pada sebuah area tertentu, seperti minuman ringan.

2. Trade Name Franchising

Trade Name Franchising adalah sebuah jenis waralaba yang memiliki hak untuk menghasilkan sebuah PT. Contohnya PT. Great River, yaitu memiliki sebuah hak untuk memproduksi pakaian dalam kejayaan dengan lisensi dari Jerman.

Baca Juga :  Pengertian Pengumuman

3. Pure Franchising atau Busininess Format

Pure Franchising atau Busininess Format adalah jenis waralaba yang menerima hak penuh, mulai dari merek, penjualan, metode operasi, peralatan, strategi pemasaran, manajemen dan dukungan teknis, kontrol kualitas dan lain-lain. Misalnya adalah pendidikan, makanan cepat saji, konselor, restoran, dan lain-lainnya.

Kelebihan Waralaba

Kelebihan dari waralaba ialah:

  • Memiliki citra merek terkenal yang telah terbukti yang telah berhasil
  • Proses membuka sebuah bisnis lebih cepat
  • Risiko sebuah kegagalan sangat rendah
  • Memiliki suatu sistem yang telah membuktikan dan telah berhasil

Baca Juga : Pengertian Ilmu Sosial

Kekurangan Waralaba

Kekurangan dari waralaba ialah:

  • Biaya yang mulai berlaku
  • Dapat menegakkan sebuah aturan yang harus diikuti
  • Mengharuskan pembayaran biaya waralaba
  • Melakukan sebuah pengawasan dan kontrol rutin

Jenis Waralaba Menurut Asalnya

Dalam waralaba dibagi menjadi dua jenis berdasarkan asal, yaitu:

1. Waralaba Dalam Negeri

Jenis waralaba tersebut termasuk dalam kategori suatu keputusan investasi sebagai orang yang ingin menjadi wirausaha dengan cepat tetapi tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang awal dan kelanjutan bisnis waralaba. Seperti jenis waralaba dalam negeri ialah sebuah restoran cepat saji.

2. Waralaba Luar Negeri

Jenis waralaba tersebut lebih diarahkan untuk disukai oleh publik, karena waralaba ini memiliki sistem yang lebih jelas, merek perusahaan telah diterima oleh orang-orang di seluruh dunia, tetapi juga dianggap lebih bergengsi.

Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli

Berikut ialah definisi waralaba menurut para ahli:

1. Rooseno Harjowidigdo

Ialah kerja sama pada bidang jasa atau perdagangan yang dianggap sebagai mengembangkan sebuah sistem bisnis oleh tempat lain.

Jika pemilik waralaba secara ekonomi sangat menguntungkan karena menerima biaya manajemen dari pemegang waralaba, produk dapat didistribusikan kembali ke lokasi lain di mana pewaralaba mencoba waralaba, dan untuk konsumen yang membutuhkan produk, pewaralaba dapat dengan cepat mengubahnya menjadi segar, agar tidak rusak.

Baca Juga :  Administrasi Text

2. Charles L. Vauhn

Ialah sebuah bentuk kegiatan penjualan dan pemasaran di mana perusahaan memberikan individu atau perusahaan, yang relatif kecil, hak atau wewenang untuk memiliki perusahaan tertentu pada waktu dan tempat tertentu mengarah pada lokasi tertentu.

Baca Juga : Pengertian Potensi

3. Douglas J. Queen

Ialah model untuk pemasaran dan ekspansi bisnis. Waralaba yang membeli bisnis mendapat manfaat dari kesadaran pelanggan akan nama merek, sistem yang diuji, dan layanan lain yang ditawarkan oleh pewaralaba.

4. Asosiasi Franchise Indonesia

Ialah sistem untuk mendistribusikan barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pemilik waralaba (franchisor) yang memberikan individu atau perusahaan hak untuk melakukan bisnis dengan sistem, merek, nama, prosedur dan metode yang telah ditetapkan dalam jangka waktu tertentu.

5. Dominique Voillemont

Ialah sebuah bentuk kerja sama antara dua atau lebih dari bisnis dalam bisnis, di mana satu pihak bertindak sebagai pemegang saham dan yang lainnya sebagai pemegang waralaba.

6. Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007

Ialah hak khusus yang dimiliki oleh seseorang, individu atau badan usaha untuk sistem bisnis dengan fitur bisnis untuk memasarkan atau barang yang telah terbukti berhasil dan para pihak di pasar Dasar dari perjanjian waralaba dapat digunakan.

Demikian artikel yang dapat kami ringkas, yaitu tentang Pengertian Waralaba. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Fauna Australis

Pak Guru
3 min read

Ular Sendok

Pak Guru
3 min read

Cara Membuat Akta Kelahiran

Pak Guru
2 min read