Pengertian VGA

2 min read

Pengertian VGA – Dikenal sebagai sebutan video adapter, video card, display card, display card. Kartu VGA ini mempunyai sebuah fungsi utama yaitu sebagai mengolah output kedalam layar monitor. Yuk… Simak selengkapnya sebagai berikut.

Daftar Isi :

Pengertian VGA

Pengertian-VGA

VGA merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk memproses dan menerjemahkan data grafik komputer ke layar monitor. Kartu VGA ini mempunyai GPU (Graphics Processing Unit) sebagai prosesor dan juga membutuhkan memori.

Fungsi Kartu VGA

Baca Juga : Pengertian Sistem Operasi

Fungsi utama kartu VGA di komputer adalah untuk memproses data grafik atau sinyal digital pada komputer dan mentransfernya ke layar dalam bentuk tampilan grafik.

Secara umum, komputer dengan memori kartu VGA yang besar dapat digunakan untuk:

  • Representasi grafis dalam game seperti Dota atau game PC lainnya menjadi lebih jelas dan lebih cepat.
  • Meningkatkan tampilan kombinasi warna, grafik dan kecepatan transfer grafik.
  • Membuat tampilan komputer lebih tajam dan jernih.
  • Dapat melakukan pengaturan di jendela opsi grafik.

Jenis – Jenis VGA Card

Jenis kartu VGA berdasarkan klasifikasi memori yang digunakan dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. EDO RAM
Kartu RAM EDO VGA ini biasanya dapat digunakan pada komputer dengan kartu grafis 64-bit. EDO RAM mempunyai kecepatan 60 ns-35 ns, yang terintegrasi ke dalam Diamond Stealth 2000 3D, winfast s280 atau 2600 kartu VGA 3D, ATI Mach 64 dan lainnya. Baca Juga : Pengertian Software

2. SGRAM (VRAM)
Kartu RAM grafik sinkron (SGRAM) ini biasanya digunakan oleh komputer dengan kartu grafis kelas atas, seperti komputer. Misalnya, komputer untuk akselerator 3D. Kecepatan SGRAM kurang dari 10 ns dan karenanya sering digunakan untuk kartu VGA seperti Diamond Stealth II s220, Mystic 3D Matrox, ASUS 3D Explore dan lainnya.

Baca Juga :  Jaringan Internet

3. Dynamic RAM (DRAM)
Kartu DRAM VGA biasanya digunakan sebagai komputer serba guna yang tidak terlalu cepat dan memiliki banyak pilihan warna. Kecepatan DRAM biasanya 80 ns atau 70 ns tertanam dalam kartu VGA 16-bit, 8-bit, dan 32-bit.

4. RAMBUS
Kartu VGA tersebut biasanya dapat digunakan pada sebuah mesin video game seperti Sega atau Nitendo. Akibatnya, kartu grafis tersebut hanya diproduksi dalam jumlah terbatas oleh Creative Labs.

Jenis kartu VGA berdasarkan bentuk fisik

Jenis kartu VGA dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk fisiknya, termasuk:

1. VGA card ISA (1981 ISA 8 bit, 1984 ISA 16 bit)
ISA VGA merupakan jenis kartu VGA lama yang memasang slot pada bus arsitektur standar industri (ISA) pada komputer yang menggunakan sistem 8-bit atau 16-bit. ISA VGA memiliki kecepatan transfer data grafik yang lambat dan kombinasi warna yang terbatas. Baca Juga : Pengertian IP

2. VGA Card PCIe (PCIe 2004)
Jenis PCIe VGA ini merupakan kartu VGA yang dapat digunakan dengan Periferal Component Interconnect Express (PCIe) seri sistem I atau O perangkat seri (PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x). digabungkan. Sistem VGA PCIe ini memberikan kecepatan transfer hingga 32GB / s dan menggabungkan perangkat teknologi terbaru yang diinstal hari ini untuk perangkat antarmuka.

3. PCI Card VGA (1993 32-bit dan 64-bit)
VGA-PCI merupakan jenis kartu VGA yang dipasang di slot PCI (Peripheral Component Interconnect) dari bus yang terdiri dari komputer 32-bit dan 64-bit. Kartu PCI VGA jarang digunakan oleh komputer generasi sekarang.

4. Kartu VGA EISA (1988 32-bit EISA)
EISA VGA merupakan jenis kartu VGA lama dengan slot instalasi untuk arsitektur standar industri yang diperluas (EISA) pada komputer 32-bit. Kartu VGA ini memiliki kualitas transmisi data, kehalusan gambar, dan kombinasi warna yang di bawah maksimum.

Baca Juga :  Sistem Operasi Google Chrome

5. VGA AGP card
VGA AGP ini merupakan jenis kartu VGA yang dipasang di slot AGP (Accelerate Graphics Port) pada komputer 128-bit atau 256-bit. Kartu VGA AGP ini hanya dapat dipasangkan jika ada slot AGP pada motherboard. Oleh karena itu, memori VGA AGP dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan transfer data grafik dari CPU ke monitor.

Demikian yang dapat kami sampaikan yaitu mengenai Pengertian VGA. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]