Pengertian Software

2 min read

Pengertian Software – Perangkat keras dan perangkat lunak komputer adalah dua hal berbeda yang tidak dapat dipisahkan. Selengkapnya akan di bahas secara ringkas pada artikel sebagai berikut.

Pengertian Software

Baca Juga : Jaringan Peer To Peer

Pengertian-Software

Software merupakan bagian dari sebuah sistem pada komputer yang tidak mempunyai bentuk fisik dan tidak terlihat karena termasuk sekumpulan data yang elektronik dapat disimpan dan dapat dikendalikan oleh komputer dalam bentuk program yang dapat menjalankan perintah.

Disebutkan juga bahwa perangkat lunak adalah data yang diprogram secara digital, bukan secara fisik, diformat dan disimpan, tetapi dapat dioperasikan oleh pengguna melalui perangkat komputasi.

Fungsi Software Secara Umum

Pada dasarnya, fungsi utama dari perangkat lunak adalah untuk komputer untuk menjalankan perintah dari pengguna. Dengan mengacu pada pemahaman perangkat lunak yang dijelaskan di atas, fungsi perangkat lunak adalah sebagai berikut:

  • Membangun koneksi antara perangkat lunak dan perangkat keras lain yang berada di komputer.
  • Perangkat lunak ini juga bertindak sebagai penerjemah untuk instruksi perangkat lunak bahasa mesin lainnya sehingga dapat dipahami oleh perangkat keras.
  • Menyediakan fungsi dasar komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya, ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung di komputer.
  • Kelola perangkat keras di komputer agar berfungsi pada saat yang bersamaan.
  • Perangkat lunak juga dapat mengidentifikasi program yang berada di komputer.

Klasifikasi Software

Baca Juga : Keamanan Jaringan

Meskipun fungsi utama dari perangkat lunak ialah koneksi antara perangkat keras dan pengguna, ternyata penggunaan perangkat lunak dibagi menjadi beberapa jenis.

Klasifikasi perangkat lunak adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Sistem Operasi UNIX

1. Software Berdasarkan Distribusinya

  • Shareware
    Merupakan perangkat lunak yang dibuat khusus yang disediakan secara gratis, biasanya sebagai demonstrasi dengan fungsi terbatas dan untuk waktu yang terbatas (contohnya dalam 30 hari).
  • Freeware
    Merupakan perangkat lunak yang dapat didengar dan digunakan secara gratis tanpa batas waktu tertentu. Biasanya, perangkat lunak jenis ini memiliki fitur yang tidak lengkap dan tidak optimal.
  • Adware
    Merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat diperoleh dan digunakan secara gratis, tetapi menawarkan kompensasi untuk iklan di komputer pengguna.
  • OpenSource
    Merupakan perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dibuka, dimodifikasi, diperbarui, dan didistribusikan. Biasanya, perangkat lunak ini tersedia secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (General Public License).
  • Spyware
    Merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk memata-matai semua aktivitas komputer. Biasanya, perangkat lunak jenis ini sering disalahgunakan untuk mencuri data dari komputer lain, misalnya.

Contoh Software

Ada banyak contoh perangkat lunak yang digunakan oleh pemilik komputer untuk kegiatan sehari-hari mereka, baik perangkat lunak gratis maupun berbayar.
Beberapa contoh perangkat lunak adalah sebagai berikut:

  • FastStone Image Viewer, perangkat lunak untuk membuka dan mengedit file gambar di komputer.
  • Google Chrome, perangkat lunak yang bertindak sebagai browser internet.
  • Photoshop, perangkat lunak untuk membuat dan mengedit gambar atau foto.
  • Microsoft Office Word, perangkat lunak untuk membuat dan mengedit dokumen.
  • Microsoft Office PowerPoint, perangkat lunak untuk membuat presentasi, video, dan lainnya.
  • Microsoft Windows, sistem operasi baris perintah.
  • VCL Media Player, perangkat lunak pemutar video.

2. Software Berdasarkan Jenisnya

Baca Juga : Backup dan Restore Basisdata

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengelola dan mengoordinasikan semua komponen dan fungsi komputer. Beberapa contoh sistem operasi adalah Linux, Windows, UNIX, dan DOS.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Operasi

Bahasa Pemrograman adalah perangkat lunak yang bertindak sebagai instruktur standar dan berisi sintaks dan semantik untuk mendefinisikan program aplikasi komputer. Beberapa contoh bahasa pemrograman adalah Microsoft, PHP, Java, Visual Basic.

Program aplikasi, yaitu perangkat lunak dengan fungsi-fungsi tertentu, misalnya. Beberapa contoh program aplikasi adalah Microsoft Excel, Microsoft Office Word , MYOB, OpenOffice.org dan lainnya.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan yaitu mengenai Pengertian Software. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.