Pengertian Sistem Operasi

2 min read

Pengertian Sistem Operasi – OS? Pernahkan Anda mendengar istilah ini? Didalam SO terdapat beberapa penjelasan dan jenis-jenisnya. Di dalam artikel ini akan membahas secara ringkas. Yuukk… Ikutilah artikel di bawah sebagai berikut.

Apakah yang dimaksud dengan SO?

Pengertian Sistem Operasi

Pengertian-Sistem-Operasi

Sistem Operasi merupakan sebuah perangkat lunak sistem yang mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak, serta daemon program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi di komputer mereka, kecuali untuk peluncur.

Baca Juga : Sistem Operasi Google Android

Sistem operasi memiliki perencanaan sistematis yang mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Dalam fungsi perangkat keras seperti input dan output serta alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan sering kali kontak atau memutus sistem operasi.

Jenis – Jenis Sistem Operasi

1. Windows

Windows

Sistem operasi yang paling umum digunakan saat ini. Pada tahun 1990, perusahaan ini merilis Microsoft Corporation bernama Windows 3.0 berdasarkan GUI.

2. Macintosh

Macintosh

Secara umum disebut sebagai Mac OS, ini adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk komputer Macintosh yang tidak kompatibel dengan PC berbasis IMB. MAC OS pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 1984 dan sistem operasi ini diproduksi oleh Apple Computer.

Baca Juga :  Backup dan Restore Basisdata

3. Microsoft DOS

Microsoft-DOS

Sistem operasi sering digunakan pada komputer IMB-PC atau komputer yang kompatibel yang menjalankan sistem operasi Microsoft DOS DOS. Mic DOS dirilis pada 1981.

4. Unix

Unix

Banyak digunakan dalam superkomputer dan mainframe, atau sering di perusahaan besar menggunakan super komputer sebagai mengelola data.

5. Linux

Linux-2

Sistem operasi Unix modular. Linux dapat dikembangkan pada 1970-an hingga 1980-an dengan kernel monolitik. Perbedaannya dengan sistem lain adalah bahwa sistem operasi ini memiliki komponen kernel dan terbuka.

6. Windows Mobile

Windows-Mobile

Sistem operasi terletak pada smartphone dengan versi seluler dari sistem operasi Windos. Pertama kali dirilis untuk sistem operasi PC Windows Pocet yang diperkenalkan pada tahun 2000.

Baca Juga : Keamanan Jaringan

7. Blackberry OS

Blackberry-OS

Sistem operasi yaitu sebuah sistem operasi Apple hanya identik dengan jenis smartphone. Sistem ini telah dikembangkan sebagai penggunaan bisnis dan mempunyai produk keunggulan yang disebut Black Messenger.

8. Android

Android

Sistem operasi yang ada pada smartphone, PC tablet dan mini-PC sebagian besar digunakan dan sangat populer sejauh ini. Sistem operasi Andoid dalam bentuk ponsel dari Inux.

9. Palm

Sistem operasi smartphone atau telepon PDA baru saja terangkat untuk sementara waktu. Palm tidak lagi populer karena kurang kompetitif dengan sebuah sistem operasi lain.

10. Chrome OS

Chrome-OS

Jenis sistem operasi Google ini sangat ringan dan didasarkan pada Linux dan standar web untuk PC. Google Chrome ditugaskan metode jendela atau beralih (multitasking). Google OS menggunakan standar Web HTML 5, pengembangan perangkat lunak untuk sistem operasi berbasis browser.

11. Symbian

Symbian-1

Sistem operasi smartphone, yang biasanya disebut sebagai Symbian, adalah jenis sistem operasi yang memulai pengembangan smartphone. Banyak digunakan di perangkat Nokia dan Sony Ericsson. Symbian didirikan oleh perusahaan teknologi bernama Symbvian Ltd yang dikembangkan.

Baca Juga :  OS Jaringan GUI

Fungsi Sistem Operasi

Sebagai perangkat lunak pada komputer, sistem operasi mempunyai fungsi, dan tanpa sebuah sistem operasi, komputer tidak dapat menjalankan program dan fungsi. Beberapa fitur utama dari sebuah sistem operasi:

1. Menjalankan Operasi Dasar

Fungsi utama sistem operasi ialah sebagai melakukan operasi dasar terhadap komputer. Sistem ini dianggap sebagai komponen penting yang melandasi kerja perangkat lunak atau perangkat lunak lain.

2. Mengoptimalkan Fungsi Perangkat Komputer

Sistem operasi merupakan untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak. Contohnya untuk menyesuaikan waktu kerja CPU, untuk mengambil data yang tersimpan di hard disk, atau untuk menyesuaikan waktu yang digunakan untuk koneksi di terminal.

3. Mengatur Kerja Hardware dan Software

Sistem operasi mengontrol fungsi perangkat keras misalnya CPU, memori, harddisk dan perangkat keras lainnya dan juga mengontrol fungsi program perangkat lunak untuk menghubungkan ke perangkat keras. Baca Juga : Sistem Operasi Google Chrome

4. Mengkoordinasi Kerja Perangkat Komputer

Sistem operasi tidak hanya mengatur perangkat keras dan perangkat lunak sehingga mereka terhubung satu sama lain, tetapi juga mengkoordinasikan semua yang ada di komputer, terutama kompilasi program-program kompleks yang lebih sederhana dan lebih berkelanjutan.

5. Menyajikan Tampilan

Tampilan yang dapat ditampilkan di layar komputer atau gadget adalah hasil dari pengoperasian sistem operasi. Dengan kata lain, sistem operasi memudahkan aplikasi untuk menampilkannya secara bersamaan di layar komputer atau menerjemahkan bahasa pemrograman yang berasal dari CPU, dan kemudian menampilkannya dalam bentuk teks, grafik, dan tampilan lainnya.

6. Program atau Wadah Aplikasi

Aplikasi yang ada di komputer disimpan di perangkat penyimpanan, tetapi aplikasi atau program tersebut berada dalam wadah yang merupakan sistem operasi tersebut.

Baca Juga :  Perangkat Jaringan Komputer

7. Monitor dan Lindungi Pengoperasian Fungsi Program

Dengan sistem operasi, pengguna yang memiliki hak untuk mengakses komputer tempat suatu program berjalan dan siapa yang dapat mengakses program, yang disebut fitur Gate Keeper, dapat mengendalikannya.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan yaitu mengenai Pengertian Sistem Operasi. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca juga :

Jaringan Peer To Peer

Ika Evitasari
2 min read

Kabel Jaringan

Ika Evitasari
1 min read

Keamanan Jaringan

Ika Evitasari
2 min read