Pengertian RAM

2 min read

Pengertian RAM – Sebagai menyimpan sebuah file atau sebuah data pada komputer. RAM mempunyai beberapa jenis dan macam-macam nya. Selengkapnya akan dibahas secara ringkas, maka ikutilah artikel sebagai berikut.

Daftar Isi :

Pengertian RAM

Pengertian-RAM

RAM (Random Access Memory) ialah sebuah perangkat pada gadget atau komputer yang dapat dengan cepat mengakses memori acak. Terkadang RAM dalam suatu perangkat juga disebut dengan memori utama.

Baca Juga : Pengertian VGA

Kemampuan sebagai mengakses RAM secara acak memungkinkan data ditampilkan lebih cepat. Selain itu, RAM dapat menyimpan sementara data di perangkat saat perangkat dihidupkan dan data tidak disimpan di harddisk. Dapat dikatakan bahwa RAM adalah perangkat penyimpanan tercepat di komputer dibandingkan dengan jenis perangkat penyimpanan lain seperti Drive dan SSD (Solid State Drive) dan HDD atau Harddisk.

Jenis – Jenis RAM

Berikut adalah beberapa jenis RAM yang tercantum:

  • Dynamic RAM (D RAM)
    Dynamic RAM ialah sebuah jenis RAM yang secara teratur diperbarui oleh CPU (Central Processing Unit) sehingga data yang dikandungnya tidak hilang.
  • S RAM
    S RAM (Static Random Access Memory) ialah sebuah jenis RAM di mana data dapat disimpan tanpa harus menyegarkan CPU. Jenis RAM ini bekerja lebih cepat dari pada SD-RAM dan D-RAM.
  • RAM DDR
    DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) atau disebut dengan DDR, sejenis RAM dengan sebuah teknologi canggih dan SD-RAM. RAM DDR mempunyai generasi yang terbaru, yakni DDR3 dan DDR2, dan kemungkinan akan berlanjut.
  • SD RAM
    SDRAM (Syronous Dynamic Random Access Memor) ialah DRAM RAM yang diperluas, tetapi disinkronkan dengan jam sistem. SDRAM umumnya lebih cepat dari DRAM.
  • EDO RAM
    EDO-RAM (Extended Data Out Random Access Memory) ialah sebuah jenis RAM yang dapat digunakan oleh perangkat dengan OS Pentium. Jenis memori ini secara bersamaan dapat melakukan proses menyimpan dan mengambil data. Baca Juga : Pengertian Prossesor
  • RDR RAM
    RAM RDR (Rambus Dynamic Access Memory) ialah sebuah jenis RAM yang dapat bekerja lebih cepat dan lebih mahal dari pada RAM SD. Jenis SD-RAM ini dapat digunakan oleh perangkat komputer yang bisa menggunakan Pentium 4.
Baca Juga :  Teknologi Layanan Jaringan

Fungsi RAM

1. Penyimpanan Sementara
Memori dapat bertindak untuk menyimpan pada sebuah data sementara saat program berjalan di komputer. Jadi ketika kita melakukan sesuatu, seperti membuat tugas, komputer sementara menyimpan data.

Namun, data harus disimpan secara permanen sebagai menghindari kehilangan atau kerusakan karena peristiwa yang tidak terduga. Contohnya, pemadaman listrik atau lonjakan yang tidak stabil.

2. Membaca Data
Semua informasi dan data yang dapat tersimpan di harddisk dapat dibuka lebih cepat karena memori komputer.

Cobalah untuk membandingkan kecepatan memuat membuka file atau program ketika saat pertama kali mengakses file atau program sebelumnya akan dibuka. Ketika suatu program atau file dibuka, data disimpan dan dibaca dalam RAM sementara dapat dibuka lebih cepat jika komputer tidak dimatikan.

Bagaimana RAM bekerja pada komputer ?

Saat akan menyalakan sebuah komputer, perangkat yang berfungsi pertama ialah prosesor. Prosesor bertindak sebagai meminta data dan pemroses data dari memori, yakni harddisk. Bahwa data akan dikirim dari hard drive atas permintaan prosesor.

Namun dalam praktiknya, ini sulit karena perbedaan teknologi antara harddisk dan prosesor. Prosesor itu sendiri adalah komponen murni digital dan memproses data dengan sangat cepat (Bandwidth P4 tertinggi saat ini ialah 6,4 GB/s dengan FSB 800MHz).

Baca Juga : Pengertian IP

Sementara sebagian besar teknologi hard disk bersifat mekanis, mereka tentu lambat dibandingkan dengan digital (bandwidth atau transfer rate HDD Serial ATA sekitar 150 MB/s). Secara teoritis, kecepatan data prosesor adalah 46x lebih cepat daripada hard disk. Artinya, ketika prosesor sedang menunggu pasokan data dari hard disk, “bottleneck” terjadi, yang sangat serius.

Sebagai mengatasi situasi ini, perangkat penyimpanan utama diperlukan atau disebut RAM. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM digunakan untuk membantu prosesor dalam menyediakan data “super cepat” yang diperlukan. RAM berfungsi seperti hard drive digital karena semua komponen RAM sudah menggunakan sebuah teknologi berbasis digital.

Baca Juga :  Jaringan 5G

Dengan RAM, prosesor tidak harus menunggu data dikirim dari harddisk. Saat ini, RAM DDR2 memiliki bandwidth 3,2 GB/s (PC400). Agar tidak mengganggu catu daya, motherboard saat ini menggunakan teknologi dual-channel, yang menggandakan bandwidth dengan mengubah arsitektur menjadi 128-bit. Artinya, 2 file DDR2 dalam mode dual-channel dapat mengirimkan data dalam jumlah yang benar ke prosesor (3,2 GB/s x dual-channel = 6,4 GB/s).

Demikian yang dapat kami sampaikan yaitu mengenai Pengertian RAM. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Pengertian Hardware

Ika Evitasari
4 min read

Pengertian Software

Ika Evitasari
2 min read