Pengertian Power Supply

2 min read

Pengertian Power Supply – Terdapat menyuplai sebuah tegangan pada perangkat komputer. Power supply mempunyai definisi dan beberapa jenisnya. Selengkapnya akan dibahas secara ringkas mengenai power supply.
Yuukk… Ikuti artikel sebagai berikut.

Pengertian Power Supply

Pengertian-Power-Supply

Power Supply merupakan salah satu komponen perangkat keras dari perangkat komputer yang tugasnya adalah menyediakan daya. Biasanya, komponen power supply ini ditempatkan di casing komputer dan memiliki bentuk persegi.

Pada dasarnya, power supply membutuhkan sumber daya, yang kemudian diubah menjadi energi yang memberi daya pada perangkat elektronik. Sistem hanya bekerja dengan mengubah daya 120V menjadi bentuk arus yang memenuhi persyaratan komponen ini. Baca Juga : Pengertian RAM

Menurut pemahaman tentang catu daya di komputer, fungsi utamanya adalah mengubah AC ke DC, yang kemudian diubah menjadi daya atau energi yang berasal dari komponen-komponen di komputer seperti motherboard, CD-ROM, dan hard drive, dan komponen lain yang dibutuhkan.

Berdasarkan desain, catu daya dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni:

  • Power Supply / Daya Eksternal
    Ini adalah adaptor daya yang terputus dari motherboard untuk perangkat elektronik. Misalnya, pengisi daya laptop dan pengisi daya HP.
  • Power Supply / Daya Internal
    Ini adalah catu daya yang terintegrasi ke motherboard atau motherboard. Misalnya televisi, DVD Player, ampilifier, power supply nya terintegrasi di mainboard di rumah perangkat.

Jenis – Jenis Power Supply

Karena fungsinya, ada dua jenis power supply yang biasa digunakan di komputer, dan keduanya mempunyai perbedaan yang signifikan.

Jenis-jenis power supply di antaranya sebagai berikut:

Baca Juga :  Jenis-Jenis Jaringan Komputer

1. Power Supply AT

Power-Supply-AT

Dapat dikatakan bahwa ini adalah jenis catu daya yang telah digunakan di masa lalu untuk pertama kalinya dalam jenis komputer seperti Pentium II 1997 dan Pentium III. Akibatnya, penggunaan power supply AT dengan perangkat komputer terbaru saat ini tidak tersebar luas.

Fitur power supply AT:

  • Biasanya mempunyai daya di bawah 250 watt.
  • Mempunyai 8-12 konektor output yang terhubung ke motherboard pada sebuah komputer.
  • Karena tombol daya terhubung ke chasing komputer, shutdown harus dilakukan secara manual untuk mematikan komputer.

Baca Juga : Pengertian VGA

2. Power Supply ATX

Power-Supply-ATX

Power Supply ATX adalah pembaruan untuk jenis catu daya AT. Catu daya ini lebih kompleks dan mempunyai sumber daya yang lebih efisien.

Power Supply ATX banyak digunakan pada komputer generasi terbaru, di mana ia dapat dikontrol dengan perangkat lunak yang sudah diinstal pada komputer. Itu dapat diatur dalam berbagai mode seperti mode siaga, mode tidur, dan mode ketika komputer mati.

Properti Power Suplly ATX:

  • Mengkonsumsi lebih banyak listrik.
  • Saat PC dimatikan, daya akan dimatikan sepenuhnya.
  • Terhubung 20 hingga 24 terminal output ke motherboard.

Komponen Power Supply

Dengan mempertimbangkan pengertian power supply, perangkat keras ini digunakan untuk mengubah daya AC menjadi daya DC dan mendistribusikannya pada berbagai pada sebuah komponen komputer dalam sasis. Untuk membuat tegangan, diperlukan beberapa pada sebuah komponen.

Komponen power supply ialah di antaranya:

  • Transformer
    Adalah komponen dalam power supply yang menggerakkan arus listrik melalui induksi elektromagnetik antara dua atau lebih sirkuit.
  • Resistensi
    Sebuah resistor ialah perangkat yang membantu ppwer supply membagi tegangan, menurunkan tegangan, dan membatasi arus listrik yang masuk sehingga perangkat keras pada motherboard dapat dikontrol.
  • LED
    LED pada power supply merupakan komponen dioda semikonduktor dengan fitur.
  • Kapasitor
    Kapasitor berfungsi sebagai suplai sempurna dari AC ke DC.
  • Dioda
    Adalah kombinasi dari dua kata elektroda, yaitu katoda dan anoda. Jenis dioda adalah untuk mengalirkan arus pada tegangan maju dan memblokir arus pada fluks tegangan balik.
  • IC regulator
    Fungsi IC controller sebagai mengontrol tegangan di sirkuit elektronik selalu tetap stabil.
Baca Juga :  Jaringan Peer To Peer

Cara Kerja Power Supply

Ketika akan menyalakan komputer, power supply melakukan pengujian dan pemeriksaan sebelum sistem komputer berjalan. Jika tes berjalan dengan baik, power supply mengirimkan sinyal (power good) ke motherboard untuk menunjukkan bahwa sistem komputer siap.

Selain itu, power supply atau catu daya membagi daya sesuai dengan kapasitas yang diperlukan untuk setiap komponen komputer. Catu daya tidak hanya meneruskan energi listrik ke komponen komputer, tetapi juga memberikan stabilitas arus listrik di berbagai komponen.

Demikian yang dapat kami sampaikan yaitu mengenai Pengertian Power Supply. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.