Pengertian Motherboard

2 min read

Pengertian Motherboard – Motherboard Merupakan komponen-komponen yang terdapat pada komputer, seperti hal nya CPU, harddisk, dan memori. Penjelasan selanjutnya akan dibahas secara ringkas, maka simaklah pembasan kali ini mengenai pengertian motherboard secara lengkap dan jelas …

Apa itu Motherboard?

Pengertian-Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit tercetak (PCB) yang bertindak untuk tulang punggung pada komputer karena motherboard dapat menyediakan koneksi listrik yang disebut dengan bus yang memungkinkan semua komponen dan perangkat eksternal dihubungkan ke motherboard.

Semua komponen komputer seperti CPU, slot RAM, slot PCI dan port USB dipasang pada motherboard ini. Selain itu, motherboard dapat mengontrol perangkat seperti hard drive, drive DVD, keyboard, dan mouse. Intinya adalah bahwa semua komponen pada komputer dapat bekerja bersama dengan motherboard. Baca Juga : Sistem Operasi UNIX

Jenis – Jenis Motherboard

Jenis - Jenis Motherboard

Motherboard mempunyai berbagai bentuk dan jenis. Mendeteksi tipe motherboard sangat penting saat membangun atau memperbarui komputer. Berikut adalah jenis-jenis dari motherboard:

1. ATX (Advanced Technology Extended)

ATX-Advanced-Technology-Extended

Motherboard ATX merupakan sebuah jenis motherboard yang dapat dikembangkan opada Intel waktu pertengahan tahun sembilan puluhan. Merupakan perpanjangan dari tipe motherboard AT sebelumnya.

Selain itu, ukuran motherboard menjadi lebih kecil dan lebih kecil. Motherboard ATX juga meningkatkan kemudahan penggunaan, dalam hal ini pemasangan, pemecahan masalah dan pembaruan, serta peningkatan dalam I atau O dan teknologi prosesor dan biaya pembuatan sistem.

2. Motherboard AT (Advanced Technology)

Motherboard-AT-Advanced-Technology

Motherboard AT merupakan sebuah jenis motherboard yang pertama kali dapat diperkenalkan dengan IBM pada bulan Agustus tahun 1984 dan kemudian banyak dipergunakan pada 1980-an. Motherboard tersebut mempunyai sebuah ukuran yang cukup besar 12 x 13,8 inci.

Baca Juga :  Jaringan 4G

Permasalahan dengan motherboard AT ialah mengatasi masalah, kesulitan menginstal, dan memperbarui karena ruang antara masing-masing komponen sangat kecil.

3. BTX (Balanced Technology Extended)

BTX-Balanced-Technology-Extended

Motherboard BTX dirancang sebagai mengurangi atau menghilangkan beberapa masalah yang terkait dengan penggunaan teknologi terbaru. Teknologi yang lebih baru cenderung mengkonsumsi lebih banyak listrik dan juga menghasilkan lebih banyak panas. Tidak seperti jenis motherboard lainnya, BTX telah sepenuhnya meninggalkan tipe ATX yang dapat populer.

Salah satu fitur paling menarik dari BTX adalah penggunaan pada aliran udara secara seri ketika slot memori dan slot ekspansi dipindahkan sehingga komponen-komponen utama seperti chipset, prosesor, dan kartu grafis dapat menggunakan aliran udara yang sama, mengurangi konsumsi kipas sistem.

Baca Juga : Sistem Operasi Mac OS

4. LPX (Low Profile Extended)

LPX-Low-Profile-Extended

Peningkatan motor profil rendah dibuat setelah motherboard AT pada 1990-an. Jenis motherboard ini dirancang untuk digunakan dalam penutup yang ramping atau profil rendah dapat mengurangi jejak dan biaya.

Ini bertujuan sebagai mengurangi jarak ketinggian perumahan karena umumnya ketinggian perumahan komputer dipengaruhi oleh kartu ekspansi itu sendiri. Namun, ini tidak disarankan karena dapat mempengaruhi sebuah sistem pendingin pada komputer tersebut.

5. Micro-ATX

Micro-ATX

Micro ATX sama dengan tipe ATX, kelebihan yang ditawarkan sama, satu-satunya perbedaan adalah ukuran motherboard yang lebih kecil. Ini dilakukan dengan mengurangi jumlah slot I atau O yang didukung pada motherboard.

6. Mini-ITX (Information Technology Extended)

Mini-ITX-Information-Technology-Extended

Mini ITX adalah sejenis motherboard rendah dengan ukuran yang relatif kecil 17 x 17 cm. Mini-ITX ini dikembangkan pada tahun 2001 oleh VIA Technologies.

Motherboard Mini-ITX digunakan terhadap komputer dengan bentuk yang berukuran kecil. Selain itu, jenis motherboard ini tidak menyebabkan banyak panas, karena konsumsi daya rendah dan tidak ada kipas besar yang diperlukan.

Baca Juga :  Pengertian Lisensi

Fungsi Motherboard

Motherboard mempunyai sebuah peran yaitu sebagai tulang punggung terhadap komputer, karena motherboard mempunyai berbagai fitur. Selain dari fungsi utamadari sebuah komputer yaitu sebagai media yang mengandung komponen pada komputer, motherboard juga mengontrol kode sistem output atau input dasar (BIOS) pada memory (ROM). Baca Juga : Sistem Komputer

Kode BIOS ialah firmware yang tidak akan hilang bahkan jika komputer dimatikan dan yang tidak dapat diubah oleh proses sistem operasi normal atau perangkat lunak aplikasi.

Jika akan melihat sbuah perangkat yaitu motherboard, mempunyai sejumlah slot yang dapat menggunakan komponen atau perangkat eksternal yang meningkatkan fleksibilitas komputer. Perangkat yang dimaksud adalah keyboard, printer, mouse, hard drive eksternal, jack audio, atau stik game. Perangkat ini dapat dihubungkan ke komputer dengan menghubungkannya langsung ke motherboard melalui konektor yang disediakan.

Ternyata perangkat yang bernama motherboard mempunyai jenis dan fungsi-fungsinya tersendiri. Dan kegunaan akan adanya motherboard adalah sangat penting karena motheboard adalah perangkat utama pada komputer.

Demikian penjelasan yang dapat kami jelaskan secara singkat, yaitu mengenai Pengertian Motherboard. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Pengertian Hardware

Ika Evitasari
4 min read

Pengertian Software

Ika Evitasari
2 min read