Pengertian Corel Draw

2 min read

Corel Draw – Terdapat beberapa pengertian dan jenis-jenisnya. Pada artikel ini akan membahas secara ringkas mengenai corel draw. Yuukk… Simak selengkapnya pada berikut ini.

Pengertian Corel Draw

Pengertian-Corel-Draw

Corel Draw merupakan sejenis perangkat lunak atau aplikasi desktop berbasis komputer yang membuat atau memanipulasi grafik vektor. Aplikasi Corel (sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada) pertama kali dirilis pada Januari 1989 dengan versi 1.

Saat mengembangkan aplikasi ini, versi terbaru dari Corel Draw 8 atau Corel Draw X8 dirilis pada 15 Maret 2016 dirilis. Aplikasi Corel Draw ini berfokus pada editor gambar dan oleh karena itu sering digunakan oleh pengguna di bidang periklanan, desain visual, pencetakan, dan pencetakan pada orang lain yang memerlukan sebuah format visualisasi. Baca Juga : Pengertian Hardware

Kegunaan Program Corel Draw

Corel-draw-1

Bahkan, ketika berbicara tentang menggunakan Corel Draw, ada banyak dan bisa dikatakan banyak. Namun, program Corel Draw sering digunakan untuk tugas-tugas berikut:

  • Sampul buku juga dapat dibuat di Corel Draw. Dengan Corel Draw, tugas desain menjadi mudah karena Anda dapat menggunakan desain sampul dan teknik warna yang lebih sempurna dengan Corel Draw. Detail gambar lebih jelas untuk dilihat.
  • Buat desain logo atau simbol dengan Corel Draw yang paling umum digunakan oleh pengguna, terutama saat membuat logo dua dimensi, karena garis dan warna mudah diproses.
  • Gambar ilustrasi juga dapat dibuat dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan memiliki kualitas lebih tinggi, terutama jika itu kurva, garis atau sudut. Ukurannya dijamin sangat akurat.
  • Membuat brosur, undangan, dan desain lainnya juga merupakan fitur dari program Corel Draw. Media publikasi offline lain dapat menggunakan Corel Draw sebagai alat penyusunan. Di Corel Draw, ada banyak jenis font yang dapat digunakan desainer sebagai dengan mudah memahami imajinasi dan font yang akan dibuat.
Baca Juga :  Sejarah CPU

Manfaat Program Corel Draw

Program yang baik tentu memiliki keunggulan yang menentukan. Manfaat dari program Corel Draw diantaranya:

  • Menggunakan Corel Draw, terutama alat yang dikandungnya, sangat mudah bagi pengguna untuk memahaminya, bahkan jika mereka digunakan untuk pertama kali.
  • Gambar yang dibuat dengan vektor atau berbasis vektor dapat ditekan pada level terendah. Namun, hasilnya tidak lebih buruk daripada gambar berdasarkan bitmap atau raster.
  • Jumlah besar pengguna Corel Draw adalah komunitas dengan sejumlah besar anggota. Ini tidak memberi kami masalah jika Anda ingin memperdalam pengetahuan kami tentang Corel Draw, karena ada banyak tutorial, tips dan trik yang dibuat oleh pengguna lain.
  • Corel Draw cocok untuk kolaborasi antara menulis dan menggambar, seperti Adobe Photoshop.

Aplikasi lain yang bisa membuka format file CDR

  • Corel WordPerfect Office
  • sK1 – dukungan parsial
  • Xara Designer Pro dan Xara Photo & Graphic Designer – versi awal dari CorelDraw CDR dan CMX
  • Inkscape dengan UniConverter diinstal; dukungan parsial
  • LibreOffice dengan libcdr – CorelDraw 7 hingga X3 diinstal
  • Adobe FreeHand – CorelDraw 7, 8
  • Adobe Illustrator – CorelDraw 5, 6, 7, 8, 9, 10
  • Corel PaintShop Photo Pro
  • Microsoft Visio 2002 – CorelDraw! Menggambar versi file 3.0, 4.0, 5.0, 6.0, dan 7.0 (.cdr), Corel Clipart (.cmx)

Baca Juga : Pengertian Sistem Operasi

Format File Dalam Corel Draw

  • File CorelDraw Compressed, CorelDraw Compressed (.CDX)
  • Pertukaran Presentasi CorelDraw, file Presentasi CorelDraw (.CDX)
  • CorelDraw templat, CorelDraw menyisipkan file (.CDT)

Pada versi pertama, format pada sebuah file CDR ialah format file yang sepenuhnya eksklusif yang digunakan terutama sebagai grafik vektor dan dapat dikenali oleh dua byte pertama dari file “WL”.

Dimulai dari sebuah aplikasi Corel Draw 3, format file dapat diubah menjadi Resource Interchange File Format (RIFF), yang ditandai dengan tanda bintang “*” dalam byte 9 sampai 15 oleh empat byte pertama file RIFF dan CDR * vrsn.

Baca Juga :  Pengertian Prossesor

Aplikasi Corel Draw 4 berisi nomor versi program penulisan dalam notasi heksadesimal (“4” berarti versi 4, “D” berarti versi 14). Baca Juga : Kabel Jaringan

Data aktual RIFF tetap dalam kepemilikan Corel. Pada versi aktif X4 (14), file CDR adalah direktori ZIP-kompresi beberapa file.

Termasuk file XML dan riffdata.cdr yang struktur RIFF dengan menandatangani versi yang sudah dikenal dalam X5 (CDRFvrsn) dan versi X4 (CDREvrsn).

Root.dat dengan CorelDraw X6, terdapat byte 9 sampai 15 terlihat sedikit berbeda yaitu “CDRGfver” dalam file yang dibuat pada X6. “F” merupakan angka hex yang terakhir valid dan “fver” sekarang ditunjukkan bahwa huruf sebelumnya bukan lagi angka hex.

Tidak terdapat spesifikasi format file CDR yang dapat tersedia secara umum. Format file CorelDraw termasuk CorelDraw Template (CDT), CorelDraw Compressed (CDX), dan Corel Presentation Exchange (CMX).

Sekian yang dapat kami sampaikan untuk Anda yaitu mengenai Pengertian Corel Draw. Ternyata di dalam Corel Draw terdapat format-format yang berbeda.

Pengertian RAM

Ika Evitasari
2 min read