Pengelolaan Server Jaringan

3 min read

Pengelolaan Server Jaringan – merupakan layanan terintegrasi pada suatu jaringan komputer yang akan disediakan pada sistem operasi sebagai tujuan tertentu.

Pengelolaan Server Jaringan

Daftar Isi :

Server

server

Server – adalah sistem komputer yang dapat menyediakan sebuah jenis layanan tertentu pada sebuah jaringan komputer. Server dapat didukung pada prosesor yang akan diskalakan dan mempunyai sejumlah besar memori yang dapat mempunyai sebuah sistem operasi khusus yang disebut dengan sebuah Sistem Operasi Jaringan.

Server juga dapat menjalankan sebagai perangkat lunak manajemen yang dapat menyediakan akses kedalam jaringan dan sumber daya yang akan dikandungnya, misalnya, file atau printer, mengontrol dan dapat memungkinkan akses kedalam workstation kedalam anggota sebuah jaringan.

Ada beberapa jenis server dengan fungsi yang berbeda, misalnya, server Web untuk sebagai menyimpan sebuah data di Web, server FTP sebagai transfer file, server mail sebagai klien e-mail, dan server database untuk dapat menyimpan berbagai jenis data atau file.

Macam-Macam Aplikasi Pengelolaan Server Jaringan

Tugas utama server ialah mengoperasikan sebuah komputer klien dan akan membaginya menjadi beberapa berbagai fungsi tergantung pada macam-macam server. Berikut adalah macam-macam server:

  • Proxy Server
    Ialah pada server komputer atau program komputer yang dapat bertindak sebagai sebagai komputer lain sebagai meminta konten dari Internet atau intranet. Bahwa server proxy tidak hanya bertindak untuk komputer lain, tapi dapat membantu klien dapat menjaga privasi mereka saat mengakses Internet. Server proxy, mempunyai arti server yang berfungsi sebagai pada level aplikasi di Internet atau intranet.

    Cara kerja server proxy ialah klien yang akan terhubung ke server proxy dan yang meminta layanan tertentu, misalnya sebagai koneksi, file, akses ke halaman web atau lainnya. Server proxy dapat digunakan sebagai mengevaluasi permintaan layanan sesuai dengan aturan filter. contohnya, server proxy dapat memfilter lalu lintas berdasarkan sebuah alamat Internet Protocol (IP).
  • Web Server
    Ialah sebuahperangkat lunak server yang menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien, yang disebut dengan browser web, dan mengembalikan hasilnya dalam sebuah bentuk halaman web, pada umumnya ialah dokumen HTML. Server web pada dasarnya hanya perangkat lunak yang dapat berada pada komputer dimana saja dengan spesifikasi apa saja. Bahkan PC dapat bertindak sebagai server web.

    Server web hanya bagian dari sebuah perangkat lunak, saat ini mempunyai banyak pilihan. Dari gratis hingga berbayar, dari yang kompleks sehingga yang siap-CD. Beberapa dari mereka yang terdapat banyak digunakan ialah Apache Web Server.
  • DHCP
    DHCP kepanjangan dari Dynamic Host Control Protocol berguna sebagai memberikan alamat IP pada sebuah jaringan komputer. DHCP bekerja pada sebuah server yang akan meminta alamat IP dan mengalokasikan sesuai dengan rentang tertentu. Pada jaringan DHCP berguna sebagai memudahkan pengaturan dan mengatasi bentroknya nomor IP.

    Untuk mangakses ke sebuah alamat situs di internet maka harus mengetahui alamat IP dari situs tersebut. Permasalahan nya ialah lebih mudah mengingat nama dari pada nomor IP address. Misalnya, tentu saja dapat mempertimbangkan www.yahoo.com atau www.google.com dari alamat IP dari kedua sistem tersebut, oleh karena itu perlu memerlukan DNS. DNS kepanjangan dari Domain Neme System, Jamur dari DNS dapat menggunakan nama situs (domain) menjadi alamat IP.
  • DNS SERVER (Domain Name System)
    Ialah di dalam domain windows 2003 sebagai masalah pencarian nama, telah menggunakan sebuah server DNS. Fungsi DNS server adalah mendukung fungsi tambahan dalam sebuah domain Windows 2003 karena tata penamaan domain telah menggunakan DNS Sepenuhnya.
  • SMTP
    Ialah protokol ini digunakan sebagai mengirim sebuah data dari komputer pengiriman email ke server penerima email. Protokol ini dapat timbul karena desain sistem email yang akan diperlukan dapat diterima oleh server email yang akan diambil sementara sampai surat elektronik diambil pada penerima yang berhak.
  • SNMP (Protokol Manajemen Jaringan Sederhana)
    Ialah protokol yang dapat digunakan sebagai melakukan menagemen sebuah jaringan. Dengan menggunakan protokol dapat mendapatkan sebuah informasi tentang status dan keadaan dari suatu jaringan. Protokol ini dapat menggunakan transport UDP pada port 161.

    SNMP terdiri dari dua jenis yaitu:
    a. Stasiun Manajemen Jaringan, yang berfungsi sebagai pusat penyimpanan sebagai membahas dan dapat menganalisis dari beberapa data manajemen jaringan.
    b. Peralatan yang dimanage menjalakan agen SNMP, ialah proses latar belakang yang akan memonitor peralatan tersebut dan mengkomunikasikan nya ke sebuah stasiun manajemen jaringan. Peralatan yang mempunyai agen SNMP yakni, Router CISCO, Linux Server.
  • FTP (File Transfer Protokol)
    Ialah sebuah protokol internet yang dapat dijalankan di dalam sebuah aplikasi lapisan yang dapat merupakan standar sebagai pentransferan file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internet work.

    Protokol ini dapat digunakan untuk melakukan pengunduhan dan penggugahan file-file sebuah komputer antara klien FTP dan server FTP. Server FTP dapat diakses dengan menggunakan URI (Universal Resource Identifier) dengan menggunakan format ftp: // namaserver. Klien FTP dapat menghubungkan ke server ftp dengan membuka URI tersebut.
  • POP3
    Ialah kepanjangan dari Protokol Kantor Pos versi 3, yaitu protokol yang digunakan untuk menerima email dari server email.

    Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang perlu ada server email yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak.

    Kehadiran server email ini hanya menyebabkan sebagian kecil dari Komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.
  • IRCd (Pengembangan Obrolan Internet Relay)
    Ialah perangkat lunak yang dikembangkan untuk keperluan komunikasi antar komputer yang menghibur ke Internet. Salah satu perangkat lunak IRCd yang cukup terkenal adalah “hybrid”.

    Hibrida di kenalkan pertama kali oleh EFNET (Eris Free Network), adalah salah satu dari jaringan yang dianggap di dunia. Di Indonesia-pun telah membangun Jaringan yang menggunakan Hybrid yaitu AllNetwork atau lebih dikenal dengan Jaringan Anet.
  • Jaringan pribadi virtual (VPN)
    Ialah koneksi yang aman antara dua bagian dari jaringan pribadi yang digunakan pada jaringan publik seperti Internet untuk mengurangi biaya operasional.
Baca Juga :  Kultur Jaringan

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Pengertian RAM

Ika Evitasari
2 min read