Pemograman Dasar

2 min read

Pemograman Dasar – dalam menguasai sebuah pemograman atau disebut dengan algoritma yaitu hal yang penting. Karena algoritma merupakan tumpuan dapat menyelesaikan sebuah persoalan.

Pengertian Algoritma

alogaritma

Algoritma pemrograman – merupakan sesuatu urutan logis dari langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah. Ini menekankan urutan langkah logis, yang berarti bahwa algoritma harus mengikuti urutan tertentu dan langkah tersebut tidak boleh dilewati. Pemahaman lain dari algoritma adalah urutan langkah-langkah logis dalam pemecahan masalah yang diatur secara sistematis.

Baca Juga : Cara Mempercepat Jaringan Wi-Fi

Algoritme itu sendiri mempunyai beberapa fitur penting yang dapat digunakan sebagai dapat menyelesaikan sebuah masalah, di antaranya ialah:

  • Setiap langkah harus didefinisikan dengan baik dan unik
  • Algoritma harus berhenti setelah sejumlah langkah
  • Algoritme harus efektif. Artinya, setiap langkah tertulis harus sederhana, sehingga dapat dieksekusi dalam waktu singkat dan masuk akal.
  • Algoritma tidak mempunyai atau lebih banyak output.
  • Algoritma tidak mempunyai atau lebih banyak entri.

Definisi Pemrograman Dasar

Pemrograman Dasar

Pemrograman Dasar – ialah proses penulisan, pengujian, debugging, dan pengelolaan kode yang menciptakan program komputer. Kode ini ditulis dalam bahasa pemrograman.

Tujuan pemrograman adalah untuk memuat program yang dapat melakukan perhitungan atau “bekerja” sesuai dengan keinginan programmer. Pemrograman membutuhkan pengetahuan tentang algoritma, logika, bahasa pemrograman dan, dalam banyak kasus, keterampilan lain seperti matematika.

Baca Juga : Pengertian Software

Langkah-Langkah Dalam Pemrograman Dasar Komputer

Terdapat beberapa langkah yang dapat atau yang harus diulang beberapa kali. Langkah-langkah berikut harus dilakukan selama pemrograman komputer:

  • Menulis Dokumentasi
    Biasanya terjadi bersamaan dengan penulisan program. Berarti bahwa komentar telah dibuat pada setiap baris program atau di setiap beberapa baris program. Dokumentasi sangat penting, terutama jika Anda membuat perubahan pada suatu program atau membaca program yang ada.
  • Mendefinisikan Masalah
    Langkah pertama ini sering tidak dilakukan oleh banyak programmer. Begitu dapat menerima pesanan sebagai membuat program, segera akan menulis program tanpa terlebih dahulu mendefinisikan masalahnya.
  • Menentukan Solusi
    Setelah masalah dapat di definisikan dengan jelas, yang merupakan output yang diinginkan, input mana yang jelas, langkah selanjutnya ialah menemukan cara sebagai menyelesaikan masalah. Jika masalahnya terlalu rumit, biasanya harus membaginya dengan menjadi beberapa modul kecil yakni sebagai pembuatnya lebih mudah untuk dipecahkan.
  • Memilih Algoritma
    Langkah ini merupakan salah satu langkah terpenting dalam pemrograman komputer. Memilih algoritma yang salah akan menyebabkan sebuah pemogram tidak dapat berfungsi.
  • Perawatan
    Langkah ini akan dilakukan setelah program dihentikan dan digunakan oleh pengguna. Masalah yang paling umum di sini adalah terjadinya kesalahan yang sebelumnya tidak terdeteksi. Atau mungkin pengguna juga ingin menambahkan fitur baru. Jika ini terjadi, program perlu dikerjakan ulang.
  • Menguji Program
    Setelah program selesai, harus diuji. Pengujian misalnya masalah yang berhasil, kompilasi yang berhasil, dan penyelesaian kasus yang berhasil.
Baca Juga :  Pengertian Pengolahan Data

Tingkat bahasa pemrograman dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Bahasa Tingkat Menengah (MLL). Misalnya: perakitan
  • Bahasa Tingkat Tinggi (HLL). Misalnya: PHP, Pascal, ASP, C, Java
  • Bahasa Sederhana (LLL). Misalnya: kode mesin

Cara untuk memberikan instruksi berbeda untuk berbagai bahasa pemrograman. Namun, semua berupaya agar menyebabkan biaya yang sama. Program yang dapat ditulis dalam bahasa pemrograman dikonversi dengan penerjemah bahasa mesin.

Baca Juga : Perangkat Jaringan Komputer

Metode berikut menerjemahkan bahasa pemrograman ke bahasa mesin saat pemrograman:

  • Kompiler, d. H. Diterjemahkan setelah semua instruksi telah ditulis. Bahasa pascal dan C merupakan beberapa contoh bahasa pemrograman yang menggunakan metode ini.
  • penerjemah, d. H. Menerjemahkan pernyataan baris demi baris. Bahasa dasar menggunakan metode ini.

Saat akan mempelajari sebuah pemrograman, sangat perlu memahami perbedaan antara mempelajari pemrograman dan mempelajari bahasa pemrograman.

Mempelajari pemrograman berarti dapat membiasakan diri dengan metode penyelesaian masalah dan kemudian memasukkannya ke dalam notasi khusus, dimengerti dan mudah dibaca.

Demikian artikel yang dapat kami rangkum untuk Anda. Belajar pemograman sangatlah mudah, jika terus berusaha dan pantang menyerah. Semoga artikel ini, dapat bermanfaat bagi Anda.

SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]