Kabel Jaringan

1 min read

Kabel Jaringan – Merupakan hardware dalam bentuk sebagai jaringan komputer, terdapat fungsi dan jenis-jenis sebuah kabel jaringan beserta penjelasan nya. Yukk.. Simak artikel ini sebagai berikut.

Definisi Kabel Jaringan

Baca Juga : Keamanan Jaringan

Kabel-Jaringan-2

Kabel Jaringan merupakan bagian dari perangkat keras sebuah komputer dalam bentuk kabel yang telah dirancang khusus untuk memenuhi kriteria tertentu. Jaringan komputer digunakan untuk koneksi atau sebagai media yang diarahkan (guieded atau wireline) dalam jaringan komputer.

Macam – Macam Kabel Jaringan

Penggunaan kabel pada sebuah komputer biasanya akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan topologi yang ingin digunakan. Contohnya sebagai mengatur jaringan area lokal (LAN).

Ada 4 macam-macam kabel LAN yang bisa digunakan, di antaranya :

1. Kabel UTP(Unshielded Twisted Pair)

kabel-utp

Merupakan pasangan kabel yang dililitkan pada target untuk mengurangi kebisingan listrik, yang dapat berupa dua atau lebih pasang kabel.

Dalam penerapannya, kabel UTP sangat rentan terhadap gangguan dengan medan magnet dan tegangan tinggi. Sering digunakan sebagai jaringan telepon dan juga sebagai jaringan LAN kecil.

2. Kabel Coaxial

Kabel-Coaxial


Merupakan kabel yang terdiri atas dua konduktor, salah satu konduktor berada di tengah kabel dan sekeliling terdapat konduktor lainnya dengan pola koil melingkar. Kabel koaksial mempunyai prinsip kerja dengan melewatkan arus listrik dari sumber listrik kedalam tujuannya.

Saat ini, jenis kabel koaksial jarang digunakan dan menjadi usang. Karena koneksi BNC ke perangkat komputer atau perangkat jaringan lain jarang terjadi.

Baca Juga :  Kultur Jaringan

3. Kabel Fiber Optic

Kabel-Fiber-Optic

Jenis kabel serat optik tidak menggunakan tembaga sebagai salurannya. Kabel serat optik terdiri dari serat kaca yang sangat tipis. Karena terbuat dari serat kaca, sinyal dikirim dalam bentuk cahaya dari sumber ke target.

Baca Juga : Backup dan Restore Basisdata

Karena itu, kabel jenis ini mentransmisikan data lebih cepat daripada kabel jenis lainnya. Namun, kabel ini memiliki kelemahan yaitu gangguan suara terjadi akibat pembengkokan, yang dapat mengganggu pengiriman data.

4. Kabel STP(Shielded Twisted Pair)

Kabel-STP-Shielded-twisted-pair

Kabel STP mempunyai spesifikasi yang jauh lebih baik dari pada kabel UTP. Kabel STP mempunyai kabel pelindung di lapisan untuk melindungi kabel twisted pair.

Dengan lapisan ini, kabel STP mempunyai kemampuan yang jauh lebih baik daripada kabel UTP untuk menangkal kebisingan dan gangguan magnetik.

Kelebihan Kabel Jaringan Komputer

Berikut ini kelebihan membangun jaringan komputer sebagai berikut :

  • Pada jaringan akan lebih stabil dan tidak terpengaruh oleh cuaca selama transmisi data.
  • Jaringan ini bisa digunakan di mana saja, terutama di daerah terpencil di mana tidak ada titik akses nirkabel. Kabel dapat memenuhi persyaratan di area ini.
  • Keuntungan lain adalah biaya, karena biaya membangun komputer dengan kabel dibandingkan dengan nirkabel jauh lebih rendah.

Kelemahan Kabel Jaringan Komputer

Kelemahan dari jaringan ini di antaranya adalah :

  • Susunan kabel harus sangat hati-hati, terutama jika areanya besar, untuk menghindari masalah seperti menempel atau menempel oleh tikus atau hewan pengerat lainnya.
  • Membangun komputer besar membutuhkan sejumlah besar kabel.
  • Kelemahan lain dari komputer dengan kabel adalah dari segi pemesanan, jika tidak hati-hati dalam pengaturannya akan terlihat berantakan.

Fungsi Kabel Jaringan Komputer

Fungsi utama jaringan komputer ialah sebagai mentransfer data dari server ke komputer klien melalui kabel.

Baca Juga :  Administrasi Text

Dengan ini, jaringan hanya dibentuk dengan menghubungkan kabel ke server dan klien dan perangkat keras lainnya.

Perlu juga dicatat bahwa penggunaan ini juga harus didukung oleh berbagai perangkat keras jaringan berkualitas tinggi untuk menghindari kehilangan data atau gangguan selama transmisi data.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan yaitu tentang Kabel Jaringan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]