Jenis – Jenis Kucing Siam

2 min read

Jenis – Jenis Kucing Siam – Seperti kucing Persia atau Angora, yang mengambil namanya dari kota asal / kampung halamannya, kucing Siam atau kucing Siam mengambil namanya dari negara asalnya, yaitu Siam, atau lebih dikenal sebagai Thailand. Kucing keturunan asli ini memiliki sejarah panjang dan menarik untuk dibahas bagi kita karena penghobi Siam tidak jauh dari penghobi Kucing Persia dan Kucing Angora serta Kucing Hutan.

Apa Itu Kucing Siam ?

Jenis - Jenis Kucing Siam

Kucing siam adalah kucing elegan yang memiliki tugas penting menjaga vas kerajaan pada saat itu. Orang-orang Thailand bahkan percaya bahwa ketika seorang anggota keluarga kerajaan mati, kucing itu akan menerima jiwa orang yang telah meninggal dan akhirnya dibawa ke kuil sebagai bentuk penghormatan dan akan menerima kemewahan hingga akhir hayatnya.

Kucing siam dengan bentuk tubuh dan warna bulu yang memiliki nilai artistik dan estetika sangat mudah dikenal. Kombinasi warna yang ideal dengan bentuk tubuh yang ramping dan kaku memungkinkan peternak mendapatkan manfaat dari persilangan, sampai akhirnya muncul berbagai jenis varietas kucing.

Beberapa jenis kucing yang diturunkan dari sifat dan karakteristik kucing siam adalah kucing Himalaya, kucing Burma, kucing Bali, kucing Ocicat dan kucing Jawa.

Jika Anda ingin menjadikan kucing ini kucing rumahan di rumah, Anda perlu mengetahui beberapa keanehan kucing ini agar tidak merasa dikhianati oleh penjual kucing yang tidak jujur. Kucing ini memiliki telinga besar dan warna yang menarik.

Baca Juga :  Pengertian Koordinasi

Matanya biru menarik. Postur ramping, rambut pendek dan halus. Warna bulu biasanya krem, coklat, biru dan memiliki bintik-bintik gelap di wajah, telinga, dan ekor.

Jenis – Jenis Kucing Siam

1. Kucing Siam ( Applehead siam )

Kucing ini mengambil namanya dari bentuk kepalanya, yang menyerupai apel. Kucing Siam Applehead memiliki tubuh besar dan kekar. Awalnya mereka dianggap kekuatan otot dan tubuh besar mereka, jenis yang awalnya diimpor untuk kari Thailand.

Sayangnya, pada saat ini, banyak kucing Applehead yang bersirkulasi adalah hasil dari persilangan, jadi kami menemukan jenis yang lebih ramping, tetapi masih memiliki wajah bulat dan postur yang lebih pendek.

2. Siamese Old Style

Sebenarnya cukup sulit untuk membedakan antara kucing Applehead dan Siamese Old Style. Keduanya sangat mirip dan identik. Sama kuat dan besar, tetapi gaya lama lebih kecil dan lebih ramping dari Applehead. Kucing ini juga memiliki wajah yang agak memanjang dengan bentuk segitiga.

Hidung besar dengan beberapa pola yang kurang jelas pada hidung. Selain hampir mirip dengan kucing gaya lama dengan kepala apel, mereka juga mirip dengan kucing Siam modern, tetapi dalam gaya lama mereka lebih atletis dibandingkan kucing modern.

3. Classic Siamese ( Siam klasik )

Kucing siam tidak ekstrim dan normal seperti kucing tradisional dalam gaya lama. Kucing ini memiliki bentuk tubuh asli Siam / Thailand. Bentuk tubuh sporty dengan tubuh memanjang dan ekor. Telinga besar dan bulat.

4. Siam Modern Wedge

Dikenal modern dengan bentuk tubuh ekstrem berbentuk segitiga runcing / irisan di kepala dan telinga. Kucing ini sering menjadi kucing pertunjukkan karena memiliki bentuk tubuh unik yang memanjang tetapi ramping di tubuh.

Baca Juga :  Budidaya Ikan Cupang

Kecenderungan kepala kecil dan telinga yang lebih besar dalam beberapa kasus menyebabkan cacat lahir yang terlihat, dengan anak kucing lahir bahkan dengan mata samping. Ada juga kasus kerusakan organ, termasuk kardiomiopati dan gagal ginjal, yang memperpendek umur banyak contoh kucing jenis ini.

Ini adalah 4 jenis kucing siam yang dapat Anda pilih dan pelihara sebagai kucing peliharaan di rumah. Selalu cari makanan terbaik, kesehatan terbaik, dan perawatan terbaik untuk kucing yang Anda pelihara.

Kami berharap bahwa dengan kepedulian kami terhadap kucing, kucing siam akan dapat tumbuh lebih baik dan bersaing dengan kucing Persia dan kucing angora di Indonesia.

Perawatan Kucing Siam

Kucing siam tidak hanya harus merawat bulu, tetapi juga kebersihan mata dan telinga mereka. Saat ditanya, kucing siam memiliki bulu pendek, sehingga tidak sulit dalam perawatannya. Itu sebabnya rambut kucing hanya perlu dibersihkan tanpa harus membersihkannya.Potong bulu kucing siam dengan hati-hati agar tetap tenang. Jika dilakukan dengan benar, merawat kucing bisa menyenangkan.

Berikut adalah tips untuk merawat rambut kucing siam:

  • Dengan lembut sisir bulu kucing siam dan biarkan rambut rontok.
  • Jika Anda menggunakan sikat, pilih sikat lembut untuk menghindari rambut terlalu banyak.
  • Sikat yang terlalu kasar bisa membuat hidup kucing Anda lebih mudah.
  • Atau, Anda bisa menghaluskan bulu kucing siam dengan tangan.
  • Basahi telapak tangan dan gosok dengan lembut seluruh tubuh kucing.
  • Bulu yang longgar akan membuat surai candi di telapak tangan yang lembab.
  • Ini adalah cara paling menghibur untuk merawat bulu kucing siam favorit Anda.
  • Jika perlu, gunakan mata kucing dengan kain kecil yang dibasahi agar tetap bersih.
  • Jika memungkinkan, gunakan tangan untuk membersihkan mata agar kucing tetap tenang dengan tangan lainnya.
  • Potong ujung kuku untuk menghindari cedera dan bahaya bagi kucing Anda.
  • Gunting kuku manusia juga bisa digunakan untuk memotong kuku kucing.
  • Perhatikan baik-baik kuku dan temukan darah di belakang setiap kuku.
  • Hati-hati jangan sampai memotong darah vena.
  • Bersihkan bagian telinga dengan bola kapas untuk menghilangkan debu dan kotoran lain yang menumpuk di telinga kucing siam
Baca Juga :  Administrasi Text

Demikian pembahsan mengenai senis kucing siam semoga membantu anda dalam mencari kucing peliharaan anda.