Perusahaan jasa di Indonesia merujuk pada perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan atau jasa kepada konsumen atau pelanggan. Jasa yang ditawarkan bisa berupa jasa keuangan, konsultasi, transportasi, asuransi, kesehatan, pariwisata, hiburan, beauty, dan masih banyak lagi.
Perusahaan jasa di Indonesia biasanya tidak menghasilkan produk fisik yang dapat disimpan. Namun, mereka memberikan solusi atau pelayanan kepada pelanggan berupa pengalaman, keahlian, dan pengetahuan yang dimiliki perusahaan dalam bidang tertentu.
Karakteristik perusahaan jasa dalam menghadapi konsumen adalah memiliki kelengkapan informasi untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan dengan baik, memberikan kesan kepada pelanggan bahwa perusahaan mampu memberikan layanan terbaik sesuai kebutuhan mereka, memberikan kepercayaan dengan adanya prosedur formal yang diterapkan dan profesional dalam berbicara serta memberikan solusi dengan jelas.
Dalam memasarkan jasa, perusahaan jasa memanfaatkan berbagai media dan alat promosi seperti website, brosur, iklan, spanduk, kemasan produk, dan lain-lain. Perusahaan jasa juga dapat memperluas pasar dengan memanfaatkan fitur online dan aplikasi mobile.
Perusahaan jasa di Indonesia memiliki peran yang besar dalam mengembangkan perekonomian dan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat jika dikelola dengan baik dan profesional.