Jaringan Pengangkut

2 min read

Jaringan Pengangkut – Terdapat sebuah jaringan Xilem dan Floem, dan beberapa penjelasan nya. Lebih lengkapnya, Yukk.. Ikutilah artikel sebagai berikut.

Definisi Jaringan Pengangkut

Baca Juga : Jaringan Dasar

Jaringan-Pengangkut

Jaringan Pengangkut (Vascular Tissue) merupakan salah satu atas tiga kelompok sebuah jaringan tetap yang termasuk hijau berpembuluh (Tracheophyta). Jaringan ini disebut bertindak sebagai saluran transportasi utama untuk nutrisi yang dibutuhkan untuk proses vital tanaman.

Tergantung pada arah aliran nutrisi, ada dua kelompok jaringan pembawa. Bejana kayu (Xilem) membawa cairan ke daun. Sumbernya bisa dari akar (utama) atau dari bagian tanaman yang lain.

Penyaring (Floem) mengangkut fotosintesis (terutama gula sukrosa) dan zat lain dari daun ke bagian lain dari tubuh tanaman. Baik pembuluh tapis dan pembuluh kayu mempunyai beberapa tipe sel yang agak berbeda.

Jaringan Pengangkut Pada Tumbuhan

jaringan-tumbuhan-2

1. Jaringan Floem (Pembuluh Tapis)

Jaringan Floem adalah jaringan transpor yang mengangkut hasil fotosintesis pada daun. Di mana jaringan ini bekerja untuk mengangkut glukosa dari daun ke semua sel dalam tubuh tumbuhan.

Jaringan Floem

  • Berguna untuk suplai nutrisi dari proses fotosintesis daun pada seluruh bagian tubuh tanaman.
  • Elemen floem terdiri dari elemen tapis, floem pendamping dan sel serat, sclereid dan floem parenchyma.
  • Phloem parenchyma digunakan untuk menyimpan cadangan makanan.

2. Jaringan Xilem (Pembuluh Kayu)

Jaringan Xilem adalah jaringan yang mengangkut air dan mineral dari tanah. Di sana, air melewati jaringan akar dari epidermis ke pembuluh kayu yang membawa air dan mineral ke organ tanaman lainnya (daun dan batang).

Jaringan Xilem

  • Fungsi transportasi air dan garam mineral selama transportasi antarbasa
  • Elemen xilem terdiri atas elemen vaskular
  • Sel-selnya berbentuk bujur dan terdiri dari trakeid dan trakea
  • Trakeid dan trakea adalah sel mati yang tidak mempunyai protoplasma dan hanya dinding sel yang tersisa
  • Trakea adalah elemen paling penting dalam sistem xilem angiospermae dan tidak terjadi pada gymnospermae
Baca Juga :  Anatomi Telinga

Macam-Macam Jaringan Pada Tumbuhan

  • Jaringan Meristem
    Adalah jaringan di mana sel-sel secara aktif berbagi. Lokasi jaringan berada di akar dan ujung batang. Jaringan ini kemudian dapat tumbuh, meregang dan berdiferensiasi menjadi jaringan lain sebagai orang dewasa.
  • Jaringan Penyokong
    Sesuai namanya, jaringan penyokong bertindak sebagai penambah tanaman. Dindingnya tebal dan tidak membelah lagi ketika sudah dewasa.

Contoh jaringan pendukung adalah kolenkim dan sklerenkim.

Baca Juga : Jaringan Syaraf Tiruan

  • Jaringan Pengangkut
    Pembuluh atau Pengangkut adalah jaringan yang bertindak untuk proses pengangkutan zat dalam tanaman. Terdiri dari pembuluh floem dan xilem.
  • Jaringan Pelindung
    Jaringan ini juga disebut epidermis. Karena berada di lapisan luar dan berfungsi untuk melindungi permukaan tanaman. Jaring pelindung terdiri dari sel-sel yang menutupi seluruh permukaan dengan erat.
  • Jaringan Dasar
    Jaringan dasar atau parenkim. Dari jaringan ini mengisi ruang antara jaringan. Posisi jaringan ini dapat ditemukan di semua bagian tubuh tanaman, akar dan daun, dan pada batang.

Fungsi Jaringan Pengangkut

Baca Juga : Jaringan Parenkim

1. Mengangkut Air dan Unsur Hara

Air adalah sebuah komponen terpenting dari semua organisme, termasuk tanaman. Air bertindak untuk pelarut dan melakukan berbagai sebuah reaksi dalam kimiapada tubuh. Dan air dibutuhkan oleh tanaman untuk menjaga tekanan turgor agar bentuk selnya tetap kencang. Karena penguapan menyebabkan hilangnya air dari tubuh tanaman.

Karena itu, tanaman selalu mencari dan menyerap air dari sumber yang ada di tanah. Akar tanaman akan terus tumbuh di dekat sumber air.

2. Mengangkut Zat Hasil Fotosintesis

Tumbuhan adalah organisme autotrofik, yaitu organisme yang mampu mensintesis makanannya sendiri melalui fotosintesis. Senyawa karbohidrat (glukosa), yang diproduksi oleh fotosintesis, adalah senyawa utama dalam produksi energi oleh reaksi respirasi sel.

Baca Juga :  Hasil Kebudayaan Mesolitikum

Energi ini dibutuhkan oleh tanaman sebagai melakukan semua aktivitas dalam tubuh, mulai dari pertumbuhan dan perkembangan hingga transfer zat, reproduksi, dan lain-lain.
Kemudian, hasil fotosintesis yaitu senyawa glukosa, diedarkan ke semua sel dalam tubuh dengan jaringan floem diangkut dari daun pada sel di ujung akar.

Reaksi fotosintesis yang terjadi di daun menghasilkan senyawa yang dibutuhkan oleh semua organisme sebagai bahan untuk produksi energi. Demikian juga dengan sel penyusun tubuh tumbuhan yang membutuhkan senyawa ini untuk melakukan proses metabolisme dalam tubuh.

Senyawa glukosa juga diangkut untuk menyimpan cadangan makanan (akar atau batang) yang dapat digunakan ketika fotosintesis tidak dapat dilakukan dalam kondisi sekitar.

Jaringan Pengangkut yaitu terdapat jaringan Floem dan jaringan Xilem. Pada jaringan pengangkut terdapat juga macam-macamnya, Fungsinya dan penjelasan nya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Pengertian Fisiologi

Ika Evitasari
2 min read

Ular Tikus

Pak Guru
3 min read

Fungsi Membran Sel

Pak Guru
2 min read