Jaringan Otot

2 min read

Jaringan Otot – Pada manusia terdapat 3 jenis dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Selanjutnya akan kita bahas pada artikel di bawah ini. Yukk.. Simak penjelasan nya sebagai berikut.

Pengertian Otot

Baca Juga : Jaringan Tumbuhan

Otot merupakan jaringan pada dalam tubuh manusia dan hewan yang bertindak sebagai alat aktif untuk bergerak yang menggerakkan tulang. Otot dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu otot polos, otot belang, dan otot jantung. Otot dapat menyebabkan suatu pergerakan organisme serta pergerakan organ dalam organisme ini.

Pengertian Jaringan Otot

Jaringan-Otot

Jaringan Otot merupakan jaringan dari miofibril (serat halus) dan sel otot (serat otot) . Pada komponen terdapat jaringan tersebut yaitu yang mengandung miosin dan filamen aktin.

Dua jenis protein kontraktil yang memungkinkan otot untuk bertindak sebagai jaringan yang dapat berkontraksi, memanjang, dan memendek. Jarak antara sel-sel dalam jaringan dibatasi oleh sarkoma atau lapisan membran yang mengelilingi sel-sel.

Berbagai Jenis Jaringan Otot

Pada dasarnya, dapat dibedakan menjadi mengubah mekanisme gerakan pasif menjadi 2 yaitu, otot volunter dan otot involunter.

  • Jaringan Otot Volunter
    Ialah otot yang dapat bekerja atau berkontraksi pada pengaruh kesadaran karena dapat dilengkapi dengan sebuah saraf yang terhubung langsung ke bagian otak. Otot volunter sering disebut sebagai otot sadar karena aktivitas dan pergerakan dapat menyamai kesadaran dan keinginan kita.

    Otot-otot volunter dapat bekerja dengan kuat dan cepat, tetapi kerja otot-otot ini dapat menyebabkan kelelahan. Jaringan dalam tubuh manusia dengan sistem otot sukarela, termasuk otot rangka atau garis.
  • Jaringan Otot Involunter
    Ialah sebuah otot yang dapat bekerja atau berkontraksi luar pengaruh akan kesadaran tidak karena melengkapi jaringan saraf sensorik. Pergerakan otot itu sendiri dipengaruhi oleh sistem saraf otonom.

    Otot volunter sering disebut sebagai otot involunter karena aktivitas dan pergerakan yang tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.
Baca Juga :  Jaringan Hewan

Fungsi Jaringan Otot dan Sifat-Sifatnya

Berdasarkan struktur dan fungsi komponennya, otot dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu, otot lurik, otot polos, dan otot jantung.

  • Otot Lurik
    Ialah otot sewenang-wenang yang melekat pada kerangka. Oleh karena itu, jenis otot ini sering disebut sebagai jaringan rangka.

    Otot lurik bekerja pada suatu pengaruh kesadaran, sehingga tidak bisa bekerja lama karena menyebabkan kelelahan. Selain pergerakan tulang dan sistem kerangka, fungsi otot lurik juga terkait dengan alat pelindung kerangka sebelum dampak dan lokasi perluasan jaringan lemak.

    Otot lurik mempunyai beberapa sifat khusus yang membedakannya dari otot lainnya. Karakteristik otot bergaris adalah:

    – Sel-sel dalam jaringan silinder berbentuk bujur dan
    kedua ujungnya tidak dapat bercabang.
    – Bekerja dengan sadar, termasuk tipe otot volunter.
    – Ini mempunyai banyak inti di tepi sel.
    – Serat halus yang melintasi jaringan terlihat tetapi tidak jelas.
    – Bereaksi dengan cepat, tetapi dapat menyebabkan kelelahan.

Baca Juga : Jaringan Hewan

  • Otot Polos
    Ialah otot tak sadar yang terletak di dinding organ tubuh, contohnya pada saluran pencernaan manusia, dalam sistem pernapasan, dalam reproduksi, di pembuluh darah dan di jalur ekskresi. Gerakan otot polos tidak dapat dikendalikan oleh kesadaran karena mereka hanya dipersarafi oleh sistem saraf otonom.

    Karena bertindak di luar kesadaran, aktivitas gerakan otot ini tidak akan menghasilkan rasa jernih, bahkan jika itu terus dilakukan selama periode waktu yang lama.

    Otot polos mempunyai beberapa sifat khusus yang membedakannya dari otot lainnya. Fitur otot polos adalah:

    – Serat halus yang melintasi jaringan tidak terlihat.
    – Bekerja secara tidak sadar, bahkan dengan tipe otot yang tidak disengaja.
    – Sel-sel di jaringan berbentuk spindle dan lancip di kedua ujungnya.
    – Ia mempunyai nukleus di tengah sel.
    – Bereaksi lambat, tetapi bekerja tanpa lelah untuk waktu yang lama.
Baca Juga :  Fungsi Mitokondria

Baca Juga : Jaringan Epitel

  • Otot Jantung
    Ialah otot tak sadar yang hanya terjadi di jantung. otot jantung mempunyai struktur yang mirip dengan otot lurik akan tetapi mempunyai mekanisme aksi, seperti otot polos.

    Otot dapat bekerja pada luar kesadaran karena gerakannya dipengaruhi pada sel-sel saraf otonom. Karena itu, jantung kita tidak akan pernah lelah, meskipun terus bergerak selama beberapa untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

    Otot jantung mempunyai beberapa sifat khusus yang dapat membedakannya dari otot lainnya. Fitur dari otot jantung adalah:

    – Sel-sel dalam sebuah jaringan berbentuk silinder memanjang, dengan kedua ujungnya bercabang.
    – Serat halus yang melintasi jaringan yang dapat terlihat jelas.
    – Bekerja secara tidak sadar, bahkan dengan tipe otot yang tidak disengaja.
    – Mempunyai inti di tengah sel.
    – Bereaksi secukupnya, tetapi bekerja tanpa lelah untuk waktu yang lama.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan yaitu tentang Jaringan Otot. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Anatomi Telinga

Ika Evitasari
3 min read

Fungsi Oviduk

Pak Guru
2 min read

Fungsi Mitokondria

Pak Guru
2 min read